Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

27 January 2018

Fungsi Wind Deflector Atau Topi Di Kepala Truck

Artikel Widodo Groho Blog kali ini akan membahas apa yang sering kita lihat di jalanan, yakni Fungsi Wind Deflector Atau Topi Di Kepala Truck. Pasti pernah lihat kepala atau kabin truck ditambahi aksesori di kepalanya seperti topi. Nah, istilah resmi dari topi itu adalah wind deflector. Sesuai namanya, Wind deflector itu berfungsi untuk membelah angin sehingga truk itu semakin aerodinamis dan streamline. Fungsi kedua adalah untuk menghalau kabel diatas jalan agar tidak nyantol box yang tinggi.

Fungsi Wind Deflector Atau Topi Di Kepala Truck

Wind Deflector ini penting, untuk mencegah angin menabrak secara frontal area bak. Dengan penambahan wind deflector, aliran udara bisa mengalir mulus ke belakang dan coefficient of drag dari truk tersebut jadi semakin rendah. Dengan begitu, truck lebih stabil saat melaju terutam di jalan tol yang punya hembusan angin besar macam Cipali.

Wind deflector atau topi kabin truck ini biasanya dibuat dari bahan fiberglass. Harganya beragam tergantung jenis dan ukuran, biasanya dipasarkan dengan rentang harga Rp 1,9 - 4 jutaan.

Nah, itulah Fungsi Wind Deflector Atau Topi Di Kepala Truck. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan pembaca.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Fungsi Wind Deflector Atau Topi Di Kepala Truck. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers