Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

17 January 2018

Cara Menanam Buah Lengkeng Tabulampot (Tanaman Buah Dalam Pot)

Tabulampot atau Tanaman Buah Dalam Pot lengkeng sudah banyak dibudidayakan karena buahnya yang digemari oleh banyak orang. Saya sendiri sudah mencoba dan ternyata bisa berbunga setelah setahun saya tanam dalam pot plastik. Nah, berikut Cara Menanam Buah Kelengkeng Tabulampot (Tanaman Buah Dalam Pot) dari pengalaman saya sendiri.

Cara Menanam Buah Lengkeng Tabulampot (Tanaman Buah Dalam Pot)

Menanam lengkeng dalam pot membutuhkan trik tersendiri agar tanaman tumbuh subur dengan media tanam terbatas. Caranya, letakkan styrofoam setebal 5 cm di bagian dasar pot. Kalau tidak ada styrofoam, pecahan genting juga bisa tapi akan membuat pot lebih berat. Tujuan pemasangan ini agar air yang disiramkan bisa turun dan keluar dari pot.

Kemudian di atas styrofoam, masukkan campuran tanah, pupuk kandang dan pasir, atau sekam dengan perbandingan 2:1:1 sebagai media tanam. Tinggi campuran tanah ini sekitar 20 cm. Setelah media tanam tersedia, masukkan pohon lengkeng, lalu, siram pohon sampai air keluar dari bagian bawah pot. Pohon klengkeng ini sendiri saya beli jadi di penjual bibit tanaman. Untuk perawatan, cukup siram pohon dua hari sekali dan lakukan pemangkasan cabang serta buah.

Mengenai pot atau wadah yang dipilih untuk menanam, bisa tergantung selera. Drum yang di belah lebih awet selama lima tahun sebagai pot. Namun, pot plastik diameter 70 cm pun boleh. Saya sendiri menggunakan pot plastik. Hanya saja, lebih mudah pecah bila menggunakan pot plastik.

Untuk menghindar hama lengkeng yaitu kutu putih, tutup buah dengan keranjang anyaman bambu. Untuk menghilangkan kutu, semprot dengan insektisida atau sikat daun yang terkena kutu dengan sikat gigi. bila daun yang terkena cukup banyak, rontokkan daun agar segera tumbuh baru.

Tips Pohon Klengkeng Berbuah Lebat

1. Memangkas

Saat tajuk pertama muncul, disarankan untuk dipangkas agar buah yang dihasilkan bisa rindang alias tidak tinggi.

2. Menyiram

Cara menyiram harus benar, karena voleme media tanamnya tak banyak. Jadi, dua hari sekali harus disiram sampai airnya keluar meluber dari pot bagian bawah.

3. Pupuk

Selalu gunakan pupuk kandang, agar hasilnya lebih baik dan pohon tumbuh subur. Untuk tabulampot, setiap 3 bulan sekali (minimal 6 bulan sekali) ambil separuh tanah yang jadi media tanamnya, masukkan pupuk kandang ke dalam pot dan tutup lagi dengan sedikit tanah. Siram dengan air sampai tanah benar-benar basah. Cara ini akan membuat daun muda cepat tumbuh, sehingga cepat berbunga. Pupuk kimia seperti NPK boleh digunakan, tapi cukup sedikit saja, sebulan sekali.

Penggunaan potasium klorat yang dikenal sebagai bahan pledak juga bisa digunakan untuk merangsang pertumbuhan bunga, walaupun lengkeng sebetulnya tetap bisa berbuah tanpa harus dirangsang. Penggunaan pupuk kimia justru membuat tanah jadi keras.

4. Perontokan

Umumnya, lengkeng pada pembuahan pertama dagingnya kurang tebal. Ketebalan daging baru bisa dilihat setelah lengkeng 2-3 kali berbuah. Agar mendapatkan buah yang maksimal, rontokkan bunga yang pertama kali muncul. Sehingga, cabang akan bertambah dan bunga akan makin banyak. Bila bunga kedua sudah muncul tapi cabang belum ada, bunga bisa kembali dirontokkan.

Cara Menanam Buah Lengkeng Tabulampot (Tanaman Buah Dalam Pot)

5. Ganti Media

Masa produktif tabulampot lengkeng adalah usia 3-10 tahun. Agar tetap produktif selama masa itu, setidaknya setahun sekali ganti media tanamnya agar tidak keras, atau beri pupuk kandang.

6. Cangkok

Tabulampot yang sudah tinggi dan besar bisa dicangkok untuk dijadikan beberapa tanaman baru. Sehingga cabang yang tumbuh tak akan besar, karena bagian atasnya sudah dipangkas dan pohon jadi rimbun.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Cara Menanam Buah Lengkeng Tabulampot (Tanaman Buah Dalam Pot). Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers