Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

31 January 2018

Suzuki Carry Karoseri Laksana Milik Om Faried Dari Suzuki Carry Club Indonesia

Siang ini saya akan membahas Suzuki Carry 1000 tahun 1994 dengan body buatan Karoseri Laksana, karena kebetulan teman saya om Faried Kurnia memiliki mobil Suzuki Carry tersebut. Mungkin selama ini kita hanya tau karoseri Laksana hanya membuat bus saja. Padahal Karoseri Laksana juga pernah membuat body mobil-mobil kecil seperti Suzuki Cary 1000 ini. Kebetulan om Faried ini penggemar bus, jadi cocok pegang mobil Suzuki Carry dengan body buatan karoseri Laksana. Suzuki Carry ini juga member dari Suzuki Carry Club Indonesia Purworejo.


Dalam sejarahnya, Karoseri Laksana merupakan toko mesin yang yang di dirikan oleh Jusuf Arman dan berada di Semarang pada tahun 1967. Toko tersebut fokus pada mesin otomotif, dalam 3 tahun pertama toko tersebut berkembang dengan pesat. Nah, pada tahun 1970 toko tersebut harus ke lokasi baru serta mendirikan beberapa divisi baru diantaranya perakitan body kendaraan. Pada tahun 1977 Karoseri Laksana merilis produk karoseri pertama mereka yakni Mitsubishi T-120 minivan. Pada 1978, satu tahun usaha berjalannya perakitan body akhirnya pindah ke Ungaran dengan menempati lahan yang jauh lebih luas seluas 5000 m2. Seiring waktu berjalan, kapasitas produksi pun semakin ditingkatkan. Tentunya perluasan pun dilakukan demi memenuhi target produksi. Setelah tahun 2010 tidak terasa luas plant dari Karoseri ini sudah mencapai kurang lebih 70.000 m2 dan hingga kini menjadi base dari Karoseri Laksana.


Sayangnya saya tidak menemukan data kapan karoseri Laksana mulai membuat body Suzuki Carry. Dari laman web milik Karoseri Laksana sendiri tidak mencantumkan data tahun berapa membuat body Suzuki Carry. Namun dalam penelusuran saya dapati mobil Suzuki Carry 1000 tahun 1991 hingga 1995 ada yang menggunakan karoseri Laksana. Dan jika kita amati dari mobil milik om Faried yang keluaran tahun 1994 dengan kondisi cukup mulus dan belum pernah di cat ulang membuktikan body buatan karoseri Laksana sangat bagus. 


Suzuki Carry milik om Faried Kurnia ini membuktikan kalau body bikinan karoseri Laksana memang awet. Di usia yang hampir seperempat abad, mobil Suzuki Carry ini masih orisinil tanpa pernah mengalami cat ulang.
Dikirim oleh Widodo Groho pada 17 Januari 2018


Dari video nampak jelas mobil Suzuki Cary buatan karoseri Laksana ini masih nampak mulus. Dan memang menurut om Faried mobil ini belum pernah di cat ulang. Nah, sekarang kita bahas sedikit sejarah Suzuki Carry 1000.

Sejarah Suzuki Carry


Cikal bakal Carry dimulai dari pick up ST10 yang hadir pada tahun 1976. Kemudian di tahun 1977 muncul generasi baru ST 20. Enam tahun kemudian ato tepatnya di tahun 1983 generasi ST 20 memasuki masa pensiun & digantikan oleh ST 100. Nama Carry sendiri berasal dari bahasa Inggris yang berarti membawa/mengangkut.


Suzuki Carry dibekali oleh mesin legendaris berkode F10A berkapasitas 970 cc, 4 silinder, OHC. Tenaga yang dihasilkan 44 hp @ 5.300 RPM & torsi 75 Nm @ 3.200 RPM. Girboks yang ditawarkan tersedia 2 tipe yaitu 4 & 5 tingkat percepatan. Salah satu hal mengapa Suzuki Carry 1000 terkenal sebagai mobil yang awet dan bandel adalah karena mesinnya. Mesin F10A SOHC 970cc dengan karburator ini terkenal bandel dan irit BBM. Selain spare part mesin F10A ini harganya murah dan sangat mudah dicari karena juga dipakai pada mobil Suzuki lainnya seperti Forsa dan Katana. Tenaga maksimal yang bisa dikeluarkan mesin ini hanyalah sebesar 44Hp pada 5.300Rpm dan torsi puncak 75Nm pada 3.200Rpm. Walaupun kecil namun angka segitu sudah lebih dari cukup.

Suzuki Carry pertama keluar tahun 1984 dengan lampu bulat. Suzuki Carry ini kemudian dikenal dengan nama Carry Bagong di beberapa daerah. Pada tahun 1986, muncul versi facelift dengan bentuk lampu yang berbentuk trapesium. Sayangnya karena lampu depannya langka, tidak sedikit yang malah mengganti dengan lampu bulat model sebelumnya. Terakhir pada tahun 1988 muncul Suzuki Carry 1000 dengan lampu kotak dan bagian depan yang sedikit lebih maju. Carry ini kemudian diberi julukan Carry Extra sesuai pada tulisan yang ada di pintu jendela depan. Pada akhir dekade 80an ini, Suzuki Carry Extra dilengkapi dengan spion besar yang memiliki tangkai dibagian atas.


Pada awalnya, Suzuki Carry 1000 hanya dijual dalam bentuk pickup dan chasis untuk dijadikan minibus atau angkot oleh perusahaan karoseri. Namun memasuki tahun 2000, Indomobil akhirnya ikut tergiur memasarkan Suzuki Carry 1000 dalam bentuk minibus dengan nama PV 1.0. Nama PV sendiri merupakan singkatan dari Personal Van. Carry PV 1.0 ini bisa dikenali dari jendela belakang baris ke2 dan ke3 bertipe geser dan pintu belakang yang hanya 3/4 seperti Toyota Kijang Super.

Sejak pertama kali diperkenalkan ada banyak perusahaan karoseri lokal yang membuat body minibus untuk Suzuki Carry 1000 ini. Beberapa diantaranya adalah Adi Putro, Alexander, New Armada, ABC, Tugas Anda, Tugas Kita, Laksana dan sebagainya. Untuk Suzuki Carry 1000 minibus Adi Putro, dipasarkan dengan nama Suzuki Carreta. Ciri khas karoseri Adi Putro ini adalah bodynya yang membulat dengan label Dynamic Round Body. Suzuki Carry Adiputro ini untuk pasaran bekasnya dihargai lebih mahal dibandingkan Suzuki Carry minibus lainnya karena dianggap memiliki kualiatas yang baik.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Suzuki Carry Karoseri Laksana Milik Om Faried Dari Suzuki Carry Club Indonesia . Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers