Pin It

23 May 2020

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 21:14

Hmmm... Apa Itu New Normal?

Hmmm apa itu New Normal? Menurut saya ini adalah win-win solution terhadap permasalahan Covid-19. Kita sudah merasakan sendiri kan kalau pandemi Covid-19 ini telah mengubah pola hidup masyarakat dunia yakni dihimbau untuk tidak keluar rumah. Namun ternyata kita tidak bisa selamanya menjalankan hal ini, untuk menjamin keseimbangan perekonomian, sejumlah negara akhirnya melonggarkan kebijakan terkait mobilitas masyarakatnya.

Hmmm... Apa Itu New Normal?

Dengan solusi new normal ini, maka solusi terhadap COVID-19 merupakan solusi yang bisa memuaskan banyak pihak dari kenyataan seperti dibawah ini:

Rakyat mengeluh karena perekonomian mereka turun akibat pandemik ini. Mereka tidak bisa bekerja dan produktif.

Negara mengeluh karena pembengkakan anggaran cukup besar, dimana tidak hanya memberikan subsidi kesehatan, tetapi sekarang juga memberikan subsidi kehidupan rakyatnya.

Pengusaha mengeluh karena permintaan produksi menjadi turun. Sehingga mau tidak mau banyak yang mengalami defisit keuntungan, bahkan tidak menutup kemungkinan gulung tikar. 

Rakyat bisa bekerja asal menggunakan masker dan protokol kesehatan lainnya.

Pemerintah tidak lagi memberikan subsidi kehidupan karena rakyat sudah bisa bekerja

Pengusaha bisa merekrut buruh kembali dan meningkatkan produksi

Dan masih banyak lainnya..

Yang menolak kebanyakan adalah orang yang menomorsatukan WFH dimana dia bisa mendapat gaji sedangkan orang lain jika tidak bekerja keluar, maka tidak bisa mendapat gaji. Kalau mengungkapkan "betapa egoisnya mereka yang keluar - keluar di pandemik COVID-19", maka sebenarnya mereka juga egois karena perut mereka senantiasa kenyang tanpa keluar rumah. 

Saya rasa panduan dari WHO tentang New Normal sudah baik. Masih menggunakan masker, dan menjaga kesehatan dengan sering mencuci tangan. Bukankah ini hal yang baik sebagai win - win solution? Dimana masih menginginkan perekomian tetap berjalan meskipun pandemik sedang berlangsung. 

Namun, tentu perlu dipertimbangkan juga faktor faktor lain. Saya rasa New Normal ini merupakan solusi akhir dimana masyarakat tidak bisa disuruh diam dirumah.

Solusi akhir dimana hidup tidak bergantung pada bantuan terus.

Solusi akhir dimana rakyat tertekan atas permasalahan perekonomian yang menurutnya lebih penting dibanding kesehatannya. 

Tentu, ada harga yang harus dibayar. Yaitu kesehatan anda. Sebenarnya hal yang terbaik adalah memaksa diri berkaratina agar wabah ini segera selesai. Puasa kehidupan luar 14 hari agar penyebaran virus bisa ditekan. Tapi, membiayai keseluruhan masyarakat selama 14 hari nominalnya bukan main main.

Doakan agar wabah ini segera mereda. Doakan juga tenaga medis yang berjuang di garda terdepan untuk menyelamatkan nyawa. Dan jangan lupa seandainya pemerintah sudah meng ketok palu kan new normal ini, mohon patuhi protokol kesehatannya. Sudah baik bukan pemerintah? Anda bisa bekerja, tinggal patuhi protokolnya. 

Wiku Adisasmita selaku Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengatakan, new normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Terima Kasih

Followers

Follow by Email