Pin It

13 May 2020

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 16:12

7 Film Terbaik Untuk Belajar Negosiasi Dan Komunikasi

Apa film terbaik yang harus ditonton untuk belajar komunikasi, argumentasi dan memanipulasi seseorang? Berikut 7 film terbaik yang harus ditonton untuk belajar berkomunikasi, bernegosiasi dan manipulasi. Tapi semua itu tergantung kamu bisa atau tidak melakukan dan memahaminya.

7 Film Terbaik Untuk Belajar Negosiasi Dan Komunikasi

Thank you for Smoking 

Film Thank You For Smoking menceritakan tentang seorang lobbyist tembakau atau rokok yang menggunakan keahlian berbicaranya untuk mempertahankan daya jual rokok di saat banyak orang gencar mengkampanyekan bahaya merokok. Singkatnya film ini mencoba membuat perusahaan rokok tampak baik. Disini kita bisa belajar mematahkan argumen dengan argumen

Contoh: ketika pemeran utama mendatangi sebuah sekolah. Ada anak yang berkata

"Ibu saya dulu perokok, sekarang dia tidak merokok. Menurut ibu saya merokok itu bisa menimbulkan penyakit". Begitu kira-kira dialognya 

Lalu bagaimana tokoh utama ini menjawabnya?

"Apakah ibumu dokter? Ilmuan? Spesialis? " Begitu kira-kira jawab tokoh utama.

Disini tokoh utama mencoba membuat orang2 yang ada disana mempertanyakan kebenaran sebuah ucapan/argumen. Karena ternyata sumber yang mengatakannya tersebut tidak "sesuai kredensialnya"……

Pokoknya banyak banget yang bisa dipelajari di film ini. 

12 Angry Men 

Film 12 Angry Men dan masih hitam putih jadul ini masuk daftar film terbaik versi IMDb dan mendapat ulasan positif dari kritikus film. Menceritakan seorang anak yang akan dihukum mati dengan kursi listrik karena menjadi tersangka utama pembunuhan ayahnya sendiri.

7 Film Terbaik Untuk Belajar Negosiasi Dan Komunikasi

12 juri akhirnya harus memutuskan apakah anak ini akan mengakhiri hidupnya dengan kursi listrik atau lolos/tidak bersalah. Ketegangan film dimulai ketika 11 juri memutuskan bersalah. Namun, 1 juri ingin mendiskusikan ini lebih dalam. Dan pada akhirnya 11 orang vs 1 orang inilah yang membuat film ini menarik. Film ini hanya berkutat dalam 1 ruangan. Dialog cerdas dari semua pemain bisa kita tiru untuk belajar berkomunikasi dengan baik. Mematahkan argumen dengan argumen cerdas. Memanipulasi seseorang untuk melakukan apa yang kita mau. 

Jika ingin mengetahui Film 12 Angry Men ini lebih jelas dan terperinci, kamu bisa membaca disini.

Meet Joe Black 

Film jadul Meet Joe Black dengan tokoh utama Brad Pitt ini adalah film wajib bagi cowok kalau mau PDKT. Intonasi suara, bahasa tubuh, manipulasi dan sebagainya bisa kamu pelajari dari sosok Joe Black. 

7 Film Terbaik Untuk Belajar Negosiasi Dan Komunikasi

Contoh adegan film ini yang bisa kamu pelajari dan kamu  tiru adalah etika Joe Black mencoba menirukan gaya tubuh si cewek (dokter) saat mengambil air, menuangkan air, memasukan gula. Dalam psikologi ternyata ini bekerja. Intinya menirukan bahasa tubuh, tapi jangan seperti meledek ya… 

Jobs 2013 

Belajarlah persentasi yang memukau dari film Jobs. Film ini sebenarnya tidak terlalu banyak mengajarkan komunikasi, argumentasi dan manipulasi. Hanya mereka yang jeli saja bisa menemukannya. Beberapa adegan yang bisa kamu contoh adalah ketika Jobs bernegosiasi tentang saham Apple dengan "cara jual mahal".

7 Film Terbaik Untuk Belajar Negosiasi Dan Komunikasi

Ketika Jobs mencoba memasarkan perangkat Apple kepada penjual toko yang membuat penjual tersebut mau menerima produknya dan penasaran mengenai seperti apa produk selanjutnya yang akan dikeluarkan Jobs. 

Anatomy of a Murder [1959] 

Seperti 12 Angry Man, Film Anatomy of a Murder juga merupakan film drama hitam putih berlokasi di persidangan ini sarat dengan debat argumentasi yang sangat seru. Diperankan oleh James Stewart, aktor zaman dulu yang sangat populer ini sukses bikin film yang ngobrol menjadi menegangkan…

7 Film Terbaik Untuk Belajar Negosiasi Dan Komunikasi

Yang jadi masalah adalah si pembunuh benar-benar membunuh istrinya. Lalu bagaimana caranya Pengacara tersebut membebaskan clien-nya?

Tonton saja filmnya ya… 

Dial M for Murder (1954) 

Apa yang terjadi jika seseorang berniat membunuh istrinya dengan rencana paling sempurna dan tak pernah terbayangkan oleh siapa pun, saya yakin dan saya jamin tidak akan terbayangkan…

Lalu yang jadi masalah adalah rencana itu gagal total. Si tokoh utama yang memiliki rencana hebat itu harus memutar otak supaya dia tidak ketahuan bahwa dia adalah dalangnya. 

7 Film Terbaik Untuk Belajar Negosiasi Dan Komunikasi

Di film ini kamu akan belajar:

- ketenangan dalam merespon tekanan
- Kecepatan berpikir dan mengambil alih situasi
- Mempengaruhi orang lain supaya mereka mau melakukan apa yang kamu mau
- Mengintimidasi seseorang hanya dengan kata-kata
- Memutarbalikkan fakta yang ada hanya dengan berbekal kesalahan sedikit seseorang
- Membujuk seseorang dengan sebuah ancaman yang berakhir tak ada pilihan untuk menolak 

Strangers on a Train (1951) 

Film hitam putih Strangers on a Train ini mencekam tanpa ada hantu di dalamnya. Buatan Alfred Hitchcock Master of Suspense. Bercerita tentang seseorang yang baru dikenal memiliki potensi merusak hidupmu. Seorang petenis muda bertemu dengan Bruno. Seseorang yang ingin membunuh ayahnya.

7 Film Terbaik Untuk Belajar Negosiasi Dan Komunikasi

Lalu apa masalahnya?

Bruno memiliki rencana sempurna untuk membunuh tanpa dihukum/dipenjara. Caranya?

Bertukar target, supaya tidak ada motif di dalamnya. Karena Si Petenis tersebut juga bermasalah dengan istrinya (yang ingin dia ceraikan). 

Disini kamu akan belajar:

- Berkomunikasi dengan orang yang baru dikenal. Seperti Bruno kepada petenis muda ini
- Bagaimana bersikap kepada seseorang yang jauh lebih tua dan mengambil hatinya
- Gaya bahasa tubuh yang mengintimidasi
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Terima Kasih

Followers

Follow by Email