Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Featured Post

Jalan-jalan Sesat Adalah Kebutuhan, Mari Jalan-jalan Sesat Tanpa Tapi

Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan tanpa sadar saya teringat dengan Urban Philosophy saat...

Pin It

01 February 2020

Fashion Rock 2020, Fashion Show Di Gerbong MRT Jakarta

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 16:52

Media sosial lagi ramai video viral fashion show di gerbong MRT. Acara ini sendiri pertama kalinya gelaran fashion show diadakan di MRT Jakarta pada Jumat 31 Januari 2020. Acara bertajuk "Fashion Show 2020" ini menjadi acara tahunan Hard Rock FM Jakarta sejak tahun 2010, yang memadukan fesyen dan musik. Commuting life diangkat sebagai tema gelaran ini, berisi pesan agar pengunjung dapat memanfaatkan fasilitas umum dengan nyaman. Ajang ini diawali dari stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia, dan berakhir di stasiun Cipete. 

Fashion Rock 2020, Fashion Show Di Gerbong MRT Jakarta

"Ini adalah komitmen MRA Media, untuk terus berinovasi, khususnya di industri kreatif." Begitu kata Iwet Ramadhan, Head of Business Growth MRA Media dalam konferensi pers Fashion Rocks 2020 di Jakarta, Jumat (31/01/2020).

Fashion Rock 2020, Fashion Show Di Gerbong MRT Jakarta

Gelaran tahunan 87.6 Hard Rock FM Jakarta ini turut didukung Permata Bank bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan MRT Jakarta. Adapun fashion show berlangsung di 10 stasiun MRT, mulai dari stasiun Bundaran HI hingga stasiun Cipete. Dan berikut video Fashion Rock 2020, Fashion Show Di Gerbong MRT.


"Fashion Rocks mau membawa talenta dunia fashion dan musik. Hal ini sebagai komitmen kita supaya budaya di Jakarta yang multikultural terangkat dengan baik dan juga urbannya," kata Iwet Ramadhan, Head of Business Growth MRA Media di stasiun Bundaran HI, Jakarta, Jumat, 31 Januari 2020. 

Fashion Rock 2020, Fashion Show Di Gerbong MRT Jakarta

Pada gelaran ke-8 ini, Fashion Rocks menampilkan koleksi tiga desainer Indonesia yang telah mengharumkan nama bangsa di kancah Asia Tenggara lewat ajang Harper's Bazaar Asia NewGen Fashion Award (ANFA) di Singapura.

Ketiga desainer tersebut adalah Wilsen Willim, Kelly Vallerie, dan Andandika Surasetja yang membawa masing-masing 12 look. Koleksi mereka diperagakan oleh 36 model lewat polesan riasan dari Ivan Gunawan Cosmetics yang diiringi Sanggar Akar lewat musik petabuhan khas Betawi.

Fashion Rock 2020, Fashion Show Di Gerbong MRT Jakarta

Wilsen Willim mempersembahkan koleksi baju sehari-hari yang adaptasi dengan Jakarta. Koleksi unisex ini tetap bermain pada elemen tailor dan layering serta banyak sentuhan kain-kain daur ulang. 

"Lebih memainkan base kainnya jadi tenun modern tapi kontemporer dan sablon. Pesannya men-styling realita Jakarta, mengkonsepkan sejak lama," kata Wilsen Willim.

Pemenang ANFA 2016 ini juga terpikir untuk membahas polusi, namun mengingat kabar virus corona tengah jadi perbincangan, ia styling dengan masker. Ada pun perpaduan warna hitam, navy, hingga biru muda menghiasi busana rancangannya. 

Desainer Kelly Valerie membawa koleksi bertajuk "Kawasan", pre-fall 2020 dengan tema mengangkat budaya Jakarta kaum urban. Busana rancangannya dapat bertransformasi menjadi barang baru.

"Koleksi kali ini tentang empat kawasan yaitu Kemang, Bintaro, Gandaria, dan Menteng jadi present orang-orang yang nggak tahu kalau kawasan itu namanya dari tumbuhan," ungkap Kelly.

Desainer pemenang ANFA 2019 tersebut juga memberikan sentuhan hijau serta detail postcard pada busananya yang multifunction dan unisex. Bahan-bahan yang digunakan, mulai dari linen, katun, tensel, latex, hingga lace. 

Lalu berlanjut pada koleksi Andandika Surasetja lewat label Moral yang mengusung tajuk "Transit 2.0". Koleksi ini merupakan kelanjutan dari koleksi sebelumnya, Transit 1.0 untuk season Fall/Winter 2018/2019.

"Koleksinya yang kita highlight inspirasinya datang dari fenomena pergerakan sarana transportasi di Jakarta. Kita meng-highlight imagery-imagery yang meng-capture gambar kopaja, metromini, Transjakarta, termasuk MRT," kata Andandika pada kesempatan yang sama.

Moral sebagai unisex label mempersembahkan busana-busana yang dapat digunakan baik pria dan perempuan. Sedangkan lewat koleksi kali ini, pemakaian warna ikonik turut disertakan. 

"Warna kita ambil warna-warna yang ikonik dari warna kopaja, metromini sangat ikonik. Koleksi ini farewell buat kopaja sama metromini karena tahun ini akan jadi tahun terakhir mereka beroperasi," tambahnya.

Material yang ia gunakan mulai dari dominasi twill dipadu dengan katun, hingga jersey. Bukan tanpa alasan twill lebih banyak digunakan Andandika pada koleksi Transit 2.0.

"Karena kalau diperhatikan orang Jakarta suka sesuatu yang practical, twill itu buat kasual bisa, buat formal bisa," tutupnya. 

Rangkaian gelaran ini telah dimulai seminggu sebelumnya lewat program CSR untuk membantu program pendidikan Indonesia. Program tersebut mengajak pengguna MRT Jakarta menyumbangkan baju-baju bekas layak pakai yang dimasukkan ke fashion box yang dapat ditemui pada tiga stasiun MRT Jakarta.

Selain itu, Fashion Rocks 2020 turut bekerja sama dengan Sadari Sedari, organisasi nirlaba yang menjual pakaian bekas layak pakai yang terkumpul untuk membantu pendidikan Indonesia. 

Alasan MRT Jakarta Gelar Fashion Show di Dalam Gerbong

Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Muhammad Kamaluddin mengatakan acara fashion show di dalam gerbong kereta dimaksudkan memberi ruang kreatif dalam bidang mode dan busana Indonesia. Menurut Kamaluddin, pihaknya ingin memberi ruang untuk mengangkat talenta pelaku kreatif Indonesia, tak terkecuali di dalam gerbong MRT Jakarta yang tengah beroperasi. 

Fashion Rock 2020, Fashion Show Di Gerbong MRT Jakarta

"Kami mohon maaf karena ada kekurangan teknis pelaksanaannya," kata Kamaluddin saat dihubungi, Sabtu, 1 Februari 2020.

Kemarin PT MRT Jakarta bekerja sama dengan Hard Rock FM menggelar Jakarta Fashion Rock. Perhelatan ini berlangsung di dua gerbong kereta MRT dalam satu rangkaian mulai pukul 18.00 WIB. Satu rangkaian kereta terdiri dari enam gerbong. Dia berujar ada tiga kali keberangkatan kereta yang mempertunjukkan model-model berjalan layaknya di atas panggung atau disebut catwalk. Fashion show di dalam kereta berlangsung dengan selang waktu 20-30 menit. Namun, acara ini ternyata dianggap mengganggu penumpang kereta oleh netizen. 

Fashion Rock 2020, Fashion Show Di Gerbong MRT Jakarta

Kamaluddin menuturkan, fashion show memang baru pertama kali digelar. Akan tetapi, dia melanjutkan, penyediaan ruang kreatif di stasiun MRT dan sekitarnya sudah berlangsung sejak 2019. Misalnya, mengadakan mural dan instalasi seni di Terowongan Kendal, Jakarta Pusat.

"Ini sudah koordinasi juga dengan Pemprov DKI. Jadi ada kalendernya kapan fashion show, kapan seni," demikian Kamaluddin terkait fashion show di gerbong MRT Jakarta tersebut. 

Penumpang Komplain Fashion Show dalam Gerbong 

Namun sayangnya penumpang mengeluh adanya acara Fashion Rock 2020 yang berlangsung di stasiun dan dalam gerbong MRT Jakarta, Jumat (31/01/2020). Keluhan penumpang atas acara peragaan busana tersebut seperti diceritakan oleh akun Twitter @inizali.

Menurut cerita @inizali, perjalanan penumpang MRT terganggu oleh acara fashion show tersebut. Bahkan ada penumpang yang sampai tertinggal. "Di stasiun MRT Senayan ada penumpang yang komplain ke petugas (komplain literally komplain keras ya) gegara di jam pulang kantor MRT malah dipakai fashion show," tulis @inizali, Jumat (31/1).

Panitia, menurut cerita @inizali, bahkan tidak memperbolehkan penumpang masuk di gerbong yang dipakai untuk fashion show. "Kasian sih tadi udah ada yang mau masuk terus sama panitianya disuruh ke gerbong lain, jadilah doi tertinggal," kata @inizali.

Dalam unggahan @inizali juga memperlihatkan beberapa model mondar-mandir di tengah gerbong. Sementara model memperagakan busana, orang-orang di sekitar terlihat merekam acara ini dengan ponsel. 

Pantauan widodogroho.com, unggahan @inizali telah mendapat banyak respon dari warganet. Lebih dari 9000 like dan 5.800 retweet di sana. Rata-rata warganet yang menulis komentar di unggahan tersebut merasa penyelenggaraan fashion show di jam sibuk jelas mengganggu penumpang MRT. 

Seperti komentar dari @se0llu, "Keren si bagi yang gak capek. Tapi mengingat itu pulang kantor, pasti gak sedikit orang yang capek abis kerja dari pagi, mungkin ada yang moodnya gak bagus juga gara-gara abis dimarahin atasan atau alasan lainnya bikin pengen cepet sampe rumah. Mungkin solusinya bisa aja weekend?" 

Pihak MRT Jakarta akhirnya memberikan klarifikasi setelah banyak komplain dari penumpang. Mereka meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi terkait acara Fashion Rock 2020.

Melalui unggahan Instagram story, @mrtjkt menulis, "MRT Jakarta menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh penumpang atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan selama perhelatan acara tersebut".

Fashion Rock 2020, Fashion Show Di Gerbong MRT Jakarta

Dalam unggahan tersebut, MRT Jakarta menjelaskan bahwa acara Fashion Rock 2020 bertujuan untuk mendukung dan memberikan ruang kreatifitas dalam bidang mode dan busana Indonesia. MRT Jakarta berjanji akan memperbaiki kualitas layanan di waktu yang akan datang.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Fashion Rock 2020, Fashion Show Di Gerbong MRT Jakarta. Ikuti saya di
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Foto Dalam Instagramku @widodogroho

Followers