Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

01 December 2019

Kereta Bandara YIA-Kebumen Beroperasi, PT KAI Gunakan GAPEKA 2019

Hari ini, Minggu 01 Desember 2019 PT KAI Daop 6 Yogyakarta resmi merilis kereta api Bandara Yogyakarta ke Kebumen PP. Pemberangkatan perdana KA Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) - Kebumen PP ini dilaksanakan di Stasiun Kebumen. Dalam sehari kereta ini melayani 2 kali pemberangkatan dari stasiun Kebumen yaitu Pukul 10.25 WIB dan 17.40 WIB. KA Bandara telah dilengkapi berbagai fasilitas yang memanjakan penumpang, seperti USB port, televisi, toilet, serta air conditioner. Dari Yogyakarta, KA Bandara tersebut akan berhenti di Wates dan Kutoarjo sebelum berhenti di pemberhentian akhir Stasiun Kebumen.

Kereta Bandara YIA-Kebumen Beroperasi, PT KAI Gunakan GAPEKA 2019
Pemberangkatan Perdana KA Bandara YIA-Kebumen Di Stasiun Kebumen

Menurut Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto, KA Bandara YIA bakal melakukan 24 perjalanan pulang pergi dalam sehari. Ini terdiri dari 20 perjalanan dari Stasiun Yogyakarta-Stasiun Wojo, plus 4 perjalanan dari Stasiun Yogyakarta-Stasiun Kebumen. Dari Stasiun Yogyakarta menuju Stasiun Wojo, KA Bandara berangkat paling pagi pukul 03.35 WIB, sedangkan yang paling malam adalah pukul 20.10 WIB. Sementara, untuk perjalanan dari Stasiun Wojo menuju Yogyakarta, dilayani mulai pukul 04.45 WIB hingga terakhir pukul 21.30 WIB. 

Kereta Bandara YIA-Kebumen Beroperasi, PT KAI Gunakan GAPEKA 2019
Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto

PT KAI Gunakan Gapeka 2019 

Dengan beroperasinya KA Bandara YIA-Kebumen, tentu saja sejumlah perjalanan kereta api jarak jauh maupun komuter dari Daop 6 Yogyakarta juga akan mengalami perubahan jadwal sesuai Grafik Perjalanan KA (Gapeka) yang telah ditetapkan. Sejumlah kereta api lintas selatan Jawa mengalami perubahan jadwal perjalanan mulai 1 Desember 2019. Perubahan terjadi karena PT KAI (persero) akan menggunakan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2019. 

Gapeka 2019 sendiri telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 1781 Tahun 2019 tentang Penetapan Grafik Perjalanan KA Tahun 2019. Gapeka 2019 akan menggantikan Gapeka 2017 yang sebelumnya digunakan. Menurut Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto Supriyanto, penggunaan Gapeka 2019 tersebut akan memengaruhi jadwal perjalanan KA, waktu tempuh perjalanan, perpanjangan relasi KA, dan hadirnya KA-KA baru. 

Supriyanto menambahkan, dengan adanya Gapeka 2019, dua kereta api lintas selatan Jawa yang melewati wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto akan mengalami perubahan jadwal, yakni KA Senja Utama Solo dari Pasarsenen menuju Solobalapan.

Semula KA Senja Utama Solo diberangkatkan pukul 22.00 WIB menjadi pukul 05.50 WIB atau lebih awal 16 jam 10 menit. KA Kahuripan dari KA Kiaracondong menuju Blitar yang semula diberangkatkan pukul 18.10 WIB berubah menjadi pukul 23.15 WIB atau mundur 4 jam 5 menit. 

Selain itu, dua KA lintas selatan juga akan mengalami perubahan waktu tempuh mulai 1 Desember 2019, yakni KA Pasundan relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng mengalami pengurangan waktu tempuh 82 menit dari sebelumnya 16 jam 7 menit menjadi 14 jam 45 menit. KA Singasari relasi Blitar-Pasarsenen mengalami pengurangan waktu tempuh 45 menit dari sebelumnya 15 jam 55 menit menjadi 15 jam 10 menit. 

Kereta Bandara YIA-Kebumen Beroperasi, PT KAI Gunakan GAPEKA 2019
KA Bandara

Dalam Gapeka 2019 juga ada perpanjangan relasi untuk 3 KA lintas selatan Jawa, yakni KA Argo Wilis dan KA Turangga yang sebelumnya melayani relasi Surabaya Gubeng-Bandung pp menjadi Surabaya Gubeng-Bandung-Gambir PP. 

Menurut Supriyanto, KA Mutiara Selatan yang sebelumnya Malang-Surabaya Gubeng-Bandung pp menjadi Malang-Surabaya Gubeng-Bandung-Gambir pp. Sementara KA Malabar yang sebelumnya Malang-Surabaya Gubeng-Bandung pp kini menjadi Malang-Surabaya Gubeng-Bandung-Pasar Senen pp. Menurut dia, di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto juga akan mendapat tambahan 3 kereta api baru, yakni KA Anjasmoro Ekspres relasi Jombang-Yogyakarta-Pasarsenen pp, KA Sancaka Utara relasi Surabaya Pasarturi-Gambringan-Solobalapan-Kutoarjo pp, dan KA Bandara relasi Kebumen-Yogyakarta pp. Khusus untuk KA Bandara relasi Kebumen-Yogyakarta pp akan melayani penumpang dua kali dalam sehari. Untuk tiket bisa dibeli melalui aplikasi KAI Access 
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Kereta Bandara YIA-Kebumen Beroperasi, PT KAI Gunakan GAPEKA 2019. Ikuti saya di
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih
Loading...

Followers