Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

03 December 2019

Cuitan Rumus Cinta BMKG, Trigonometri Berbalas Binary

Hari ini Selasa 3 Desember 2019 akun Twitter BMKG @infoBMKG jadi pembahasan warganet karena mencuitkan sesuatu yang unik yakni serangkaian angka binary dan rumus matematika. Meski Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merupakan instansi pemerintah, tentu tidak ada salahnya mengikuti kebiasaan warganet yang didominasi generasi milenial dalam bermedia sosial. Salah satunya ya membagikan informasi dengan cara kekinian dan dengan bahasa yang tak terlalu kaku dan baku juga sedikit unik seperti rumus (sqrt(cos(x))*cos(300*x)+sqrt(abs(x))-0.7)*(4-x*x)^0.01,sqrt(6-x^2),-sqrt(6-x^2) twit akun @InfoBMKG, Selasa (3/12/2019). 

Cuitan Rumus Cinta BMKG, Trigonometri Berbalas Binary

Cuitan BMKG tersebut pun menjadi viral. Kicauan tersebut di-retweet lebih dari 5 ribu kali oleh pengguna Twitter dan mendapat lebih dari 11 ribu like. Sebenarnya apa yang di-posting oleh BMKG itu adalah sebuah rumus Trigonometri yang merupakan sebuah cabang dari matematika. Ketika seluruh isi tweet itu dicari dengan menggunakan mesin pencari Google, alias Google Search, maka hasil pencarian akan menampilkan grafik berbentuk hati atau love berwarna biru, unik kan?

Cuitan Rumus Cinta BMKG, Trigonometri Berbalas Binary

Rumus Trigonometri ini terdiri dari akar kuadrat, nilai absolut, dan fungsi sinus, cosinus, dan tangen ini membuat munculnya grafik berbentuk hati di pencarian Google. Jika angka "300" diubah menjadi "500", maka warna hati akan menjadi biru sepenuhnya. Rumus ini sebenarnya pernah ramai dibahas oleh netizen pada tahun 2012 lalu. Menurut laporan Mashable, ini adalah bagian dari trik Google dalam merayakan Hari Valentine pada saat itu. 

Lalu, twitan rumus Trigonometri yang membentuk hati tersebut dibalas seorang netizen dengan akun @Upium dengan rangkaian bilangan biner.

"01101001 00100000 01101100 01101111 01110110 01100101 00100000 01111001 01101111 01110101," balas akun @Upium. 

Cuitan Rumus Cinta BMKG, Trigonometri Berbalas Binary

Bila kita cek menggunakan website https://www.convertbinary.com maka rangkaian bilangan biner itu membentuk kata "I love you". Lalu akun BMKG juga membalasnya dengan rangkaian bilangan biner yang membentuk kata "We love you too". 

Cuitan Rumus Cinta BMKG, Trigonometri Berbalas Binary

Nah, bilangan biner merupakan bahasa yang sering digunakan untuk program coding. Sebuah sistem penulisan angka dengan menggunakan dua simbol yaitu 0 dan 1. Sistem bilangan biner modern ditemukan oleh Gottfried Wilhelm Leibniz pada abad ke-17. Sistem ini merupakan dasar dari semua sistem bilangan berbasis digital. 

Kembali lagi ke BMKG, Terkait twit unik ini, BMKG menjelaskan bahwa twit tersebut dimaksudkan untuk menyapa para pengikut akun @InfoBMKG.

"Adminnya hanya ingin mengucapkan salam hangat saja ke followersnya. Cuma ingin tahu respon dari followersnya kalau terima sapaan dari mimin," kata Humas BMKG, Ayu Isrianti Putri saat ditanya soal twit tersebut, Selasa (3/12). 

Dia menjelaskan bahwa twit tersebut merupakan bentuk dari kreativitas admin akun tersebut. Sapaan tersebut juga bagian keisengan sang admin saja.

"Adminnya lagi bucin. Itu iseng aja. Iya maksudnya mau nyapa follower tapi terlalu kreatif aja," ungkapnya.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Cuitan Rumus Cinta BMKG, Trigonometri Berbalas Binary. Ikuti saya di
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih
Loading...

Followers