Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

20 December 2019

Isuzu Beli UD Trucks Dari Volvo, Akankah Giga Berbody Quester? Belum Tentu Dan Ini Penjelasannya

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 15:38

Media-media online kan lagi ramai memberitakan Isuzu membeli UD Trucks dari Volvo AB senilai US$ 2,3 milyar. Keduanya telah menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) yang tidak mengikat. Tujuan dari kerja sama ini adalah untuk membentuk aliansi strategis di bidang kendaraan komersial. Mengawali pembentukan aliansi, Volvo Group dan Isuzu Motors akan memanfaatkan teknologi yang saat ini masih mereka gunakan. Kedua belah pihak juga akan menumbuhkan basis volume kolektif untuk mendukung investasi teknologi masa depan. Kemudian semua teknologi yang dikembangkan bersama antara Volvo Group dan Isuzu Motors akan dikelola melalui kontrak individual. 

Isuzu Beli UD Trucks Dari Volvo, Akankah Giga Berbody Quester? Belum Tentu Dan Ini Penjelasannya

Nah, berita ini juga sempat saya share di media sosial Facebook. Salah satu teman ada yang komentar wah nantinya akan ada Giga berbody Quester nih. Apakah betul akan begitu? Memang kalau Quester dan Giga dipadukan akan jadi sebuah produk yang sempurna. Isuzu Giga kita kenal memiliki mesin tangguh dan responsif meski commonrail. Sedangkan UD Truck Quester memiliki kabin yang lapang dan nyaman. Bila keduanya disatukan pasti akan dapat keduanya, mesin tangguh berkabin nyaman.

Dan mengenai pertanyaan apakah Quester dan Giga akan disatukan menjadi produk tersendiri? Belum tentu, menurut penjelasan rekan saya om Ranger Giga ini kan perusahaannya dulu yang dibeli oleh Isuzu. Untuk produk, mungkin akan menyusul belakangan dengan kontrak terpisah di tahun berikutnya, seperti yang sudah disebutkan diawal tulisan. Hal ini karena struktur internal UD Trucks yang cukup rumit. Jadi, kalau que dan cro tidak dilepas oleh DF, maka nantinya produk UD Trucks untuk pasar global akan lain ceritanya dari yang ada saat ini. Mengenai struktur UD Trucks yang cukup rumit ini juga karena kelihaian Volvo. Volvo menempatkan UD Trucks di banyak persimpangan kepemilikan produk. Sedangkan produk (truck assy dan komponen) aslinya sengaja dimatikan, baik dijual patennya ataupun dihentikan programnya. Hal ini juga diungkapkan oleh om Cornelius Randy, om Randy menjelaskan banyak kepentingan pemegang saham UD Trucks yang sulit diakuisisi secara penuh karena terlalu banyak produk campurannya. 

Isuzu Beli UD Trucks Dari Volvo, Akankah Giga Berbody Quester? Belum Tentu Dan Ini Penjelasannya
Masanori Katayama (kiri) President Isuzu Motors dan Martin Lundstedt president and CEO Volvo Group. (Yomiuri Shimbun/Miho Ikeya via Reuters)

Sampai sini sudah paham kan? Lalu buat apa Isuzu beli UD Trucks dari Volvo? Tujuannya pasti, nantinya kepemilikan bisnis UD Trucks yang dipegang oleh Volvo Group akan beralih ke Isuzu Motors. Ke depan, masing-masing saling melengkapi satu sama lain dari sudut pandang geografis dan lini produk. Nah, langkah selanjutnya yang akan dilakukan oleh kedua perusahaan adalah menyelesaikan ruang lingkup bisnis yang akan ditransfer seperti teknologi dengan perjanjian yang mengikat. Dengan begitu akan ada banyak keuntungan yang bisa dirasakan oleh dua merek otomotif yang berbeda. Di antaranya menekan biaya produksi, transfer teknologi, dan sebagainya. 
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Isuzu Beli UD Trucks Dari Volvo, Akankah Giga Berbody Quester? Belum Tentu Dan Ini Penjelasannya. Ikuti saya di
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Foto Dalam Instagramku

Followers