Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

16 December 2019

Philippine National Railways Mulai Operasikan Kereta DMU Buatan PT INKA

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 22:18

Hari ini, Senin 16 Desember 2019 Department Of Transportation Philippines melalui akun Twitternya @DOTrPH memposting uji coba kereta yang baru dibeli dari PT INKA. Kereta ini dioperasikan oleh Philippine National Railways (PNR). Philippine National Railways (PNR) merupakan perusahaan BUMN nya Filipina. Dalam pengoperasian kereta DMU hari ini, PNR mengoperasikan dua rangkaian kereta api buatan PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA. Peresmian dilakukan di Stasiun Dela Rosa, Manila, Filipina. 

Philippine National Railways Mulai Operasikan Kereta DMU Buatan PT INKA

Dua rangkaian kereta Diesel Multi Unit (DMU) tersebut dijalankan dari Stasiun Dela Rosa hingga Stasiun Tutuban, Manila. 

Kereta ini sendiri dikirim dari PT INKA Madiun pada tanggal 1 Desember 2019 dan sampai Filipina pada tanggal 10 Desember 2019. PT INKA (Persero) melakukan pengiriman dua rangkaian kereta Diesel Multiple Unit (DMU) ke Filipina melalui Pelabuhan Jamrud Tanjung Perak Surabaya. Ini adalah pengiriman ekspor batch pertama dari beberapa pesanan kereta yang dibuat di pabrik kereta api Madiun ini. 

General Manajer PNR, Junn B. Magno, mengatakan beroperasinya kereta buatan INKA akan memperbaharui unit kereta api yang ada di Filipina. Sehingga akan memberikan kenyamanan untuk masyarakat Filipina dalam menggunakan transportasi publik. 

“Saya sangat emosional mengatakan ini. Bahwa saya memiliki tugas melakukan transformasi dalam perkeretaapian di Filipina,” kata Junn seperti dalam video dibawah ini. 

Dia mengatakan proses kerja sama dengan INKA sudah berlangsung dalam beberapa tahun terakhir. Menurut dia, penyerahan kereta dari INKA mempercepat transformasi tersebut.

“Saya berharap kerja sama dengan INKA bisa terus berlanjut,” katanya.

Dua rangkaian kereta Diesel Multi Unit buatan INKA yang saat ini mulai diuji coba operasikan di Filipina merupakan ekspor batch pertama. Adapun PNR secara total memesan 6 rangkaian kereta DMU dan 3 lokomotif serta 15 kereta penumpang.

Total nilai kontrak yang diraih PT INKA dari Philippines National Railways mencapai Rp 792 miliar. Rencananya, pada awal tahun depan PT INKA akan kembali mengirim empat kereta DMU.

Spesifikasi Kereta DMU Filipina 

DMU Filipina memiliki spesifikasi satu rangkaian terdiri dari tiga kereta. Dengan desain kursi berhadap-hadapan menunjang kapasitas angkut penumpang untuk rute dalam kota, yakni antar Stasiun Tutuban ke Stasiun Alabang. Kereta penumpang yang dipesan oleh PNR memiliki 3 pasang pintu di tiap keretanya dengan kaca berukuran besar seperti KRDE/KRL Bandara yang ada di Indonesia.

Philippine National Railways Mulai Operasikan Kereta DMU Buatan PT INKA

Nilai kontrak dua DMU tersebut 485 juta Peso atau Rp 134 miliar. Tentu, kita sebagai warga negara Indonesia ikut bangga dengan digunakannya kereta buatan PT INKA di negara Filipina.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Philippine National Railways Mulai Operasikan Kereta DMU Buatan PT INKA. Ikuti saya di
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Foto Dalam Instagramku

Followers