Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

30 November 2019

PT INKA Bangun Pabrik Kereta Api Di Banyuwangi

Mari kita bersama melihat lahan lokasi pabrik INKA di Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi. Bisnis PT Industri Kereta Api Indonesia Persero (INKA) semakin menggeliat. Produsen kereta api lokal ini akan segera menuntaskan pembangunan pabrik kedua di Banyuwangi pada Agustus 2020. Pabrik seluas 83 hektare ini diklaim sebagai yang terbesar di Asia Tenggara. Pembangunan pabrik Inka kedua di lahan PTPN XII Perkebunan Selogiri, Banyuwangi merupakan sinergi antara PT Inka dengan PTPN dibawah naungan BUMN. PTPN XII Perkebunan Selogiri menyediakan lahan strategis seluas 83 hektare. Nantinya, pabrik di Banyuwangi akan menjadi sentra produksi kereta api. Sementara pabrik yang ada di Madiun hanya sebagai pusat desain dan pemasok suku cadang kereta api saja.

PT INKA Bangun Pabrik Kereta Api Di Banyuwangi

Pabrik tersebut nantinya digunakan untuk pengembangan kapasitas produksi PT INKA sebagai satu-satunya manufaktur sarana perkeretaapian di Asia Tenggara. Pabrik ini akan membuat lokomotif dan gerbong yang berorientasikan untuk ekspor dan akan dilengkapi jalur uji coba atau testing track sepanjang 4 kilometer. Pabrik ini pada tanggal Agustus lalu sudah groundbreaking Pabrik Kereta Api Banyuwangi, kemudian pertengahan tahun 2020 siap beroperasi. Hingga saat ini, progres pembangunan pabrik kereta api tahap pertama ini sudah mencapai 20 persen. 

PT INKA Bangun Pabrik Kereta Api Di Banyuwangi

Mengutip website resmi PT INKA, untuk membangun pabrik ini, INKA bekerjasama dengan perusahaan kereta api asal Swiss, Stadler Rail Group, dengan investasi mencapai Rp1,6 triliun. Tahap pertama pembangunan pabrik ini telah menelan dana mencapai Rp483 miliar dengan kontraktor PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Kerjasama ini menyepakati bahwa PT INKA (Persero) menyiapkan Lahan seluas 84 Hektare dan Bangunan, namun untuk tahap awal hanya digunakan seluas 12 hektar, sedangkan pihak Stadler menyiapkan berupa teknologi, mesin dan pasar.

PT INKA Bangun Pabrik Kereta Api Di Banyuwangi

Pihak Stadler juga sangat senang menyambut kerjasama dengan PT INKA (Persero), karena mereka baru pertama kali menjajaki pasar Asia dan sebelumnya hanya terfokus ke pasar Eropa dan Amerika saja. Stadler adalah perusahaan pembuatan kereta api dengan kualitas baik yang ada di Eropa. Terdapat studi dari perusahaan independen Jerman bahwa PT INKA (Persero) masuk dalam jajaran 50 besar industri kereta api di dunia, dengan urutan ke 22, sedangkan Stadler di  nomor 7, hal ini yang membuat PT INKA (Persero) tertarik bekerjasama dengan Stadler, yang mana nilai investasinya mencapai 30 Trilliun, tahap awal 500 Milliar yang digelontorkan. 
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai PT INKA Bangun Pabrik Kereta Api Di Banyuwangi. Ikuti saya di
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih
Loading...

Followers