Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

05 February 2018

Fungsi LSPV Pada Rem Daihatsu Gran Max Pick Up

Tidak sengaja saat saya ngolong mendapati sistem LSPV (Load Sensing Proportional Valve) atau katup penyeimbang pada rem belakang Daihatsu Gran Max Pick Up. Saya baru menyadari ternyata sistem rem belakang Daihatsu Gran Max jauh lebih bagus dari saudaranya si kembar Xenia-Avanza. Fungsi LSPV ini untuk membantu menyeimbangkan tekanan rem kiri dan kanan saat beban kosong, dan juga membantu daya pengereman saat beban penuh. Sebenernya sistem LSPV ini juga terdapat pada mobil yang kastanya lebih tinggi macam Toyota Kijang Kapsul, Inova serta Mitsubishi Kuda.

Fungsi LSPV Pada Rem Daihatsu Gran Max Pick Up

Apakah LSPV?

LSPV (Load Sensing Proportional Valve) adalah sistem yang digunakan pada sistem kerja rem belakang untuk mengatur tekanan rem pada roda belakang kendaraan. Sistem ini membantu kerja rem menjadi lebih stabil pada saat kendaraan kosong dan meningkatkan daya kerja rem belakang pada saat beban kendaraan bertambah.

Bagaimana Sistem Kerja LSPV?

Sistem LSPV terpasang didasar rangka mobil dan berdekatan dengan sistem suspensi roda belakang. Tekanan minyak rem ke dalam sistem rem belakang diatur oleh sebuah tuas katup. Kemudian sebuah pegas bersensor yang menghubungkan sebuah tungkai dengan penyeimbang belakang. Sumbu penyeimbang yang berputar ketika beban kendaraan bertambah merenggangkan pegas bersensor ini dan menimbulkan tegangan. Tegangan inilah yang menimbulkan tenaga yang diteruskan kedalam tuas LSPV, yang berfungsi sebagai penekan untuk membuka lubang di dalam katup. Dan inilah yang mengalirkan jumlah cairan minyak kedalam rem belakang secara langsung terhadap beban yang ada di dalam kendaraan.

Fungsi LSPV Pada Rem Daihatsu Gran Max Pick Up

Dengan adanya sistem LSPV atau katup penimbang berat proporsional, stabilitas kerja rem belakang akan maksimal walaupun berat beban kendaraan berubah-ubah. Jadi LSPV yang merubah tekanan awal split point dari roda-roda belakang sesuai dengan bebankendaraan. LSPV ini yang membedakan tekanan awal split point sesuai dengan deselerasi selama pengereman.

Fungsi LSPV Pada Rem Daihatsu Gran Max Pick Up

Pantas saja Daihatsu Gran Max jarang sekali ndlosor dan rem relatif pakem. Meskipun membawa beban berat, Daihatsu Gran Max Pick Up tetap bisa berhenti sempurna.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Fungsi LSPV Pada Rem Daihatsu Gran Max Pick Up. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Bang mau nanya sistem rem LSVP bila diuji di brake tester butuh beban kg agar mendapatkan efisiensi rem diataa 50%
Mohon tanggapannya , terima kasih

Terima Kasih

Followers