Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

23 February 2018

Aturan Ganjil-Genap Hingga Jalur Khusus Bus Dan Pembatasan Truck Melintas Di Tol Jakarta-Cikampek

Mulai 12 Maret 2018, jumlah kendaraan golongan I yang hendak melintas di Tol Cikampek arah Jakarta akan dibatasi. Caranya dengan menerapkan peraturan ganjil-genap di Pintu Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur. Sistem ganjil-genap di Tol Cikampek akan diberlakukan pada Senin-Jumat pukul 06.00-09.00. Sistem ini hanya berlaku untuk lalu lintas arah Jakarta, khususnya kendaraan yang masuk dari pintu Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur. Jadi, kendaraan yang sudah masuk sejak Karawang tidak ikut terkena peraturan tersebut.

Aturan Ganjil-Genap Hingga Jalur Khusus Bus Dan Pembatasan Truck Melintas Di Tol Jakarta-Cikampek

Selain ganjil-genap untuk kendaraan golongan I, pembatasan kendaraan di Tol Cikampek arah Jakarta dilakukan dengan pengaturan jam operasional angkutan barang dan prioritas jam lajur khusus angkutan umum (LKAU).

Penerapan 3 kebijakan baru di jalan Tol Jakarta-Cikampek mulai 12 Maret 2018 diharapkan bisa memangkas waktu tempuh berkendara serta mengurai kemacetan di jalan bebas hambatan tersebut. Terpangkasnya waktu tempuh ini terkait penerapan 3 kebijakan baru, yakni jalur khusus bus, aturan ganjil genap dan pengaturan perjalanan kendaraan angkutan truck.

Pemerintah juga mendorong peralihan modal transporatasi masyarakat dari kendaraan pribadi ke angkutan umum. Salah satu caranya dengan memberikan jalur khusus bus umum di jalan tol.

Waktu Pemberlakuan

Pemerintah akan memberlakukan lajur khusus untuk bus di ruas Tol Jakarta-Cikampek sebagai salah satu upaya mengurangi volume kendaraan. Penerapan jalur khusus buat bus angkutan umum yaitu berada di jalur paling kiri jalan tol Cikampek arah Jakarta. Diberlakukan dari Gerbang Tol Bekasi Timur hingga Jakarta pada pukul 06.00 – 09.00.

Lajur ini diberlakukan dari jam 6-9 pagi. Lajur bus khusus ini juga ada di tol Jagorawi. Kendaraan roda empat lainnya nanti sudah tidak boleh lagi masuk ke lajur khusus, kecuali sudah di atas jam 09.00.

Namun penerapan jalur khusus bus angkutan umum dan jam operasional angkutan barang tidak berlaku permanen. Pemberlakuannya hanya selama pengerjaan LRT (Light Rail Transit) dan jalan tol layang (elevated) berlangsung.

Khusus pengaturan angkutan barang bermuatan besar, pihaknya akan melarang angkutan golongan 3, 4 dan 5 untuk melintasi ruas Tol Jakarta-Cikampek (dua arah), mulai pukul 06.00 sampai 09.00 wib pada Senin-Jumat, terkecuali hari libur nasional.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Aturan Ganjil-Genap Hingga Jalur Khusus Bus Dan Pembatasan Truck Melintas Di Tol Jakarta-Cikampek. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers