Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

28 March 2017

5 Aplikasi Smartphone Penyebab Kuota Internet Habis Sebelum Waktunya

Pernahkah anda membayangkan menggunakan smartphone tanpa ada jaringan internet karena kita kehabisan kuota inernet? Tentu saja kita serasa ada yang kurang karena kita hanya bisa menggunakannya untuk melakukan panggilan telepon, mengirimkan pesan singkat atau menonton film yang telah kamu download sebelumnya. Tapi, apa iya aktivitas seperti ini akan terasa seru?

Hadirnya jaringan internet dan media sosial adalah salah satu alasan mengapa penggunaan ponsel pintar menjadi sangat menyenangkan. Dengan adanya teknologi ini, kamu bisa melihat ‘isi dunia’ dengan lebih luas dan beragam. Tak hanya sebatas film yang kamu tonton atau panggilan telepon yang kamu lakukan. Kini ketersediaan internet dirasa semakin penting bagi para pengguna ponsel pintar. Jika tidak ada internet, maka dunia terasa hampa. Apakah kamu juga merasakan hal serupa?

Jaringan internet yang berkualitas adalah dambaan seluruh pengguna ponsel pintar. Kualitas jaringan internet akan menentukan cepat atau tidaknya proses eksplorasi dunia maya. Tak hanya itu, jika jaringan buruk maka komunikasi juga bisa terhambat, apalagi seperti profesi saya yang bekerja di ekspedisi, pasti butuh informasi jalan. Jaringan internet yang berkualitas bisa didapatkan dari operator telekomunikasi yang juga berkualitas. Simpati adalah salah satunya. Melalui setiap paket internet yang ditawarkan operator ini, kamu bisa mengakses internet dengan lebih cepat tanpa lelet. Selain itu, jaringannya yang luas hingga ke mancanegara membuat operator ini layak untuk dipertimbangkan keberadaannya.

Kamu bisa mendapatkan paket data internet operator ini di layanan online atau aplikasi gratis seperti Traveloka. Dengan membuka layanan di aplikasi ini, kamu bisa membeli pulsa atau paket data internet operator ini hanya dari genggaman.
Jika paket internet sudah tersedia, maka berbagai aktivitas online bisa dilakukan dengan mudah. Umumnya para pengguna smartphone menggunakan layanan paket 30 hari. Namun, banyak juga yang memiliki layanan dalam hitungan hari atau minggu.

Layanan paket data internet 30 hari terkenal karena harganya yang lebih hemat. Kuota internet yang diberikan pun terkadang bersifat tanpa batas. Namun, jika kamu pengguna Simpati, maka kamu akan mendapatkan kuota internet sesuai dengan besaran paket bulanan yang kamu pilih.
Kuota internet bisa habis di tengah bulan atau menjelang akhir bulan. Semua tergantung pada pemakaian jaringan internet yang digunakan. Jika kamu menggunakan jaringan internet dalam waktu yang cukup lama, jangan heran kuota internetmu akan berkurang secara drastis.

Penggunaan beberapa aplikasi media sosial adalah salah satu penyebabnya. Dengan membuka aplikasi media sosial secara terus menerus, maka kuota internet bisa berkurang setiap saat.
Apa saja aplikasi media sosial yang paling menyedot kuota internet di ponsel pintarmu? Simak ulasannya berikut ini:

1. Facebook

Pembaruan News Feed dan notifikasi pada Facebook secara tidak langsung bisa menyerap kuota internet yang besar. Selain itu, fitur video terbaru di aplikasi ini sudah dirancang untuk berjalan secara otomatis (auto-play). Hal ini juga bisa menyedot kuota internet dalam jumlah yang besar. Untuk menghentikannya, kamu bisa masuk ke menu pengaturan aplikasi dan matikan pilihan memutar video secara otomatis.

2. Instagram

Media sosial ini sedang naik pamor. Padahal penggunaan aplikasinya bisa menguras banyak kuota internet di ponselmu. Kuota internet biasanya akan berkurang saat kamu melakukan unggah foto atau video. Selain itu, internet akan terkuras saat kamu melihat berbagai foto dan video di linimasa Instagram.

3. Youtube

Jangan heran kuota internetmu habis sebelum waktunya jika kamu memiliki aplikasi ini di ponselmu. Berbagai video yang kamu saksikan di layanan ini tentu akan sangat menguras kuota internet. Itulah mengapa, jika kamu ingin menggunakan aplikasi ini, kamu perlu mengatur resolusi terendah sebelum menonton. Dengan demikian kamu bisa menghemat kuota internet hingga akhir bulan.

4. Aplikasi Musik

Aplikasi layanan khusus musik seperti Joox dan Spotify bisa menguras kuota internet di ponselmu secara drastis. Untuk menghemat data internet, berbagai lagu terbaru di layanan ini bisa kamu dengarkan secara offline. Gunakan bonus kuota internet atau jaringan wi-fi untuk mengunduh lagu tersebut, dan dengarkan secara offline tanpa harus memotong kuota.

5. Aplikasi Menonton

Sama seperti Youtube, aplikasi untuk menikmati berbagai siaran televisi atau drama luar negeri seperti Netflix atau HOOQ bisa menguras kuota internet di ponselmu. Kamu bisa menonton film pilihanmu secara offline untuk menghemat kuota internet. Gunakan jaringan wireless atau bonus kuota internet dan unduhlah film sebanyak-banyaknya. Tonton film tersebut di waktu senggang, tanpa harus menggunakan kuota internet utama di ponselmu.

Nah, itulah beberapa aplikasi yang bisa membuat kuota internetmu habis di tengah bulan. Kamu bisa menghemat penggunaan kuota internet dengan cara-cara yang sudah saya sebutkan di atas. Selamat mencoba!
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai 5 Aplikasi Smartphone Penyebab Kuota Internet Habis Sebelum Waktunya. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers