Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

19 March 2017

Cara Mengganti Baut Roda Belakang Truck Tronton Isuzu Giga Yang Patah

Sering kita mengalami baut roda belakang truck mengalami slek maupun patah. Penyebab slek bisa bermacam-macam namun seringnya akibat sering menggunakan impach saat mengencangkan baut namun saat awal pemasangan baut belum dalam posisi benar. Sedangkan penyebab baut patah sih umumnya akibat pengencangan yang melebihi batas dan baut roda pun patah. Seperti yang saya alami, baut roda kiri patah 3 dalam posisi berjejer. Jika mengalami hal seperti ini maka jalan satu-satunya harus di ganti. Tentu nya sangat berbahaya sekali bagi nyawa anda dan nyawa pengendara lain, yang mana jika salah satu baut roda sudah patah dan tidak di perbaiki maka otomatis baut roda akan patah seluruh nya dan tidak ada satupun yang menopang veleg, sehingga ban dapat lepas pada dudukan tromol tersebut.


Dan bagaimana cara memperbaiki dan mengganti baut roda truck Isuzu Giga?
Baik lah di kesempatan ini saya akan menjelaskan, bagaimna cara memperbaiki baut roda yang patah secara deail. Harap diperhatikan terdapat ada dua bagian di mana baut roda dapat patah dan setiap roda bautnya pun berbeda yakni roda kanan R dan roda kiri L. Nah, untuk membuka baut roda tidak sama membuka baut pada umumnya. Jika roda kanan R, membuka baut roda ke kiri dan jika  roda kiri L membuka baut roda nya ke kanan. Hal ini harus di perhatikan karena banyak orang keliru di bagian ini.


Di ban truk terdapat 8 baut roda. Jika baut roda putus satu saja, maka harus membuka 8 baut roda sekaligus velgnya, cukup ribet dan berat. Untuk memulai pekerjaan mengganti baut roda, pertama-tama kita harus mendongkrak truck terlebih dahulu. 


Lalu bukalah seluruh baut roda, dan lepas lah veleg tersebut lalu buka baut As di bagian tengah dengan posisi gigi pada kendaraan harus netral agar as dapat keluar. Selanjutnya buka baut penahan lakher pada lingkaran agar tromol dapat di keluarkan dari dudukannya.


Nah untuk Isuzu Giga, mengeluarkan teromolnya susah banget dan harus pakai treker. Namun bila kondisi darurat di jalan kita bisa memanfaatkan as roda sebagai trecker dengan posisi dibalik.


Dan video cara melepas teromol truck Isuzu Giga bisa di lihat di sini



Bila sudah lalu keluarkan tromol tersebut dan letakan di velg dengan terbalik. Kemudian masukan semua baut roda yang terpasang di tromol ke lubang-lubang velg agar saat membuka baut roda yang patah tromol tidak ikut berputar. 
 
Lalu buka lah baut roda yang patah tadi dan jika sudah terbuka, angkat tromol tersebut dan balikan. Kemudian pukul memakai palu dengan sekuat tenaga pada baut roda yang patah sampai baut tersebut terlepas. Jika sudah terlepas masukan kembali tromol tersebut kedalam velg dan pasang baut roda baru yang sesuai dengan posisi roda yang maksudnya jika ban kanan ganti baut R dan kiri dengan baut L. 
Lalu kencangkan baut roda kemudian pasang kembali teromol pada tempatnya. Hati-hati saat mengangkat tromol dan memasang As karena sangat berat. Saat memasang teromol inilah kita butuh tenaga dan kosentrasi tinggi.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Cara Mengganti Baut Roda Belakang Truck Tronton Isuzu Giga Yang Patah. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers