Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

03 December 2015

Penyebab Kecelakaan Tol Cipali Banyak Di Pengaruhi Akumulasi Rasa Lelah Dan Pshyco Sosial

Rentetan kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi di ruas Tol terpanjang di pulau Jawa, Cikopo-Palimanan (Cipali) sebenernya banyak di pengaruhi oleh akumulasi kelelahan dan faktor psiko-sosial pengguna jalan di Indonesia.


Secara psikologis orang akan lebih mudah dilanda rasa kantuk saat memasuki jalan tol yang berupa jalur panjang lurus dan mulus. Perlu diingat juga bahwa pengemudi yang masuk ke Tol Cipali itu sebagian besar bukan hanya menggunakan jalan bebas hambatan di wilayah tersebut, tetapi sudah masuk tol sejak di Bogor, Depok, bahkan Merak. Dari sebab itulah saat pengemudi memasuki ruas jalan Tol Cipali tidak sedikit yang telah mencapai titik jenuh atau mengalami puncak akumulasi rasa lelah.

Sudah begitu di perparah faktor psiko-sosial (kebiasaan) masyarakat kita. Jadi, ketika menemui jalan yang masih bagus, mulus dan kosong, ada kecenderungan memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi.

Bagaimanapun juga faktor manusialah yang menjadi faktor utama. Andai para pengendara menggunakan anugerah dari Sang Pencipta akan OTAK yang bisa dipakai untuk BERPIKIR dan HATI untuk MERASA dan mungkin semua faktor diatas akan jadi perhitungan dalam mengambil tindakan selama berkendara. Dan kecelakaan akan bisa diminimalisir.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Penyebab Kecelakaan Tol Cipali Banyak Di Pengaruhi Akumulasi Rasa Lelah Dan Pshyco Sosial. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers