Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

09 January 2015

Korelasi Antara Bus AC Dan Bensin Yang Di Dinginkan Pada Mesin

Wah judulnya ngawur, eh enggak juga. Coba jawab dulu dua pertanyaan ini...
- Pernahkah anda mengendarai motor saat hujan atau udara dingin?
- Apa hubungan mesin balap dan bus AC?

Saat udara dingin mesin serasa lebih bertenaga. Pelintir gas dikit motor melesat. Dapur pacu bekerja lebih efisien dan memiliki energi lebih. Itulah dasar pemakaian BBM dingin. Bensin dingin sama saja dengan menaikan kerapatan molekulnya, berarti meningkatkan berat jenis (BJ).


Ilustrasi lain yang lebih sederhana. Di sebuah bus yang AC nya sangat dingin sementara di dalam bus tidak ada selimut. Apa yang harus di lakukan? Cara paling sederhana duduk aja berdempetan untuk menghangatkan diri.

Artinya, kursi yang tadinya buat 2 orang bisa di isi 4 orang. Orang yang saling berdempetan itu mewakili kerapatan molekulnya. Kemudian karena banyak kursi kosong sopir bisa nambah penumpang. Tadinya bus berkapasitas 40 orang di muati 80 orang. Apa jadinya? Bus jadi berat padahal ukuran bus tidak berubah. Ini kita sebut saja BJ naik.

Begitu juga dengan pendinginan bahan bakar. Apa keuntungannya? Mesin lebih bertenaga karena molekul bensin lebih banyak yang terbakar. Seperti setting mesin di daerah dingin, pasti spuyer minta di kecilkan. Lebih irit bukan?

Pendinginan bahan bakar memberi peluang pada mekanik untuk meningkatkan tenaga mesin dengan konsumsi bahan bakar sama dengan bahan bakar belum di dinginkan.

Begitu juga dengan bahan bakar yang dari sana nya sudah bersifat dingin seperti Methanol dan Ethanol. Sejak lahir dua kakak beradik ini sifatnya sudah cool banget.

Bahan bakar dingin mampu menyerap panas mesin lebih banyak. Penyerapan panas ini di sebut intercooler efect. Hasilnya mesin beroperasi lebih dingin dan dapur pacu lebih aman dari demam. Dan karena mesin beroperasi pada suhu lebih rendah maka ukuran radiator dan pompa nya bisa di perkecil sehingga mengurangi energi yang terbuang. Jika tetap mempertahankan ukuran radiator maka mesin bisa di modifikasi lebih ekstrim. Kompresi dan putaran mesin bisa dipertinggi untuk meningkatkan tenaga.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Korelasi Antara Bus AC Dan Bensin Yang Di Dinginkan Pada Mesin. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers