Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

07 January 2015

Menyusuri Keindahan Tol Diatas Laut Bali Bersama Bus Pariwisata PO Remaja

Jalan tol di atas laut Bali merupakan sebuah karya yang cukup membanggakan. Dan penulis mendapat kiriman foto dari dua pengemudi bus Pariwisata PO Remaja mas Sitrisno Putu Witjaksana dan Om dhidhi Wahyu P ketika melintas tol diatas laut ini. Proyek ini dikerjakan oleh tiga perusahaan kontraktor dalam negeri yakni Adhi Karya, Hutama Karya, dan Waskita Karya. Jalan tol atas laut pertama di Bali pada awal rancanngannya dibuat lurus tetapi akhirnya diubah. Menteri BUMN Dahlan Iskan menjelaskan secara desain, jalan tol karya konsorsium BUMN yang diamati dari atas layaknya huruf Y ini, kemudian kemudian dibuat berkelok. Dahlan beralasan hal tersebut dilakukan agar tidak dianggap sebagai landasan pacu atau runway oleh pesawat yang kebetulan lokasinya dekat dengan Bandara Ngurah Rai. 


Video nya bisa dilihat di sini

Proyek jalan tol diatas perairan laut ini merupakan jalan tol pertama dan satu-satunya yang dibangun di Pulau Bali sebagai daerah kunjungan destinasi pariwisata tertinggi di Indonesia. Jalan tol diatas perairan ini juga dapat mencegah kemacetan di jam-jam padat lalu lintas seperti saat orang berangkat dan pulang kerja. Jalan tol diatas perairan selain untuk memperlancar arus lalu lintas juga akan menjadi icon pulau Bali sebagai tempat berwisata para pelancong mancanegara dan domestik. Proyek jalan tol atas laut pertama Indonesia yang berada di Bali senilai Rp 2,4 triliun sepanjang 12,7 Km hampir selesai dalam waktu 12 bulan, dan merupakan proyek tol tercepat proses pengerjaannya.

Gerbang Tol Benoa


Jalan tol di atas laut di Denpasar yang menghubungkan Airport, Sanur dan Nusa Dua bisa digunakan oleh setiap kendaran termasuk Sepeda ontel atau sepeda motor dan mungkin juga oleh kendaraan berat dengan tidak melebihi batas muat. Beberapa hari yang lalu om Dhidhi Wahyu dan mas Sutrisno sempat berkunjung ke Denpasar membawa bus pariwisata PO Remaja dan tak lupa melewati Jalan di Atas Laut ini.
Om Dhidhi Wahyu
Mas Sutrisno
Bus Pariwisata PO Remaja
Jalan Tol ini dapat menghemat waktu perjalanan kurang lebih 15-20 menit. Apabila anda berkendara dari Kota Denpasar Menuju daerah Nusa Dua menggunakan kendaraan yang biasanya ditempuh dalam waktu 40 menit, kini dengan adanya jalan tol diatas perairan ini dapat ditempuh dengan waktu 15 menit saja. Banyak masyarakat Bali yang berpendapat bahwa dengan adanya jalan tol diatas perairan dapat memperlancar aktivitas bisnis seseorang. 




Sepanjang perjalan melintasi jalan tol diatas permukaan laut sungguh sangat menarik sekali melihat panorama laut di teluk Benos. Selain itu juga kita dapat melihat hutan Mangrove dari kejauhan. Jalan Tol diatas permukaan laut dibagi menjadi dua lintasan keluar dan masuk bagi kendaraan roda dua dan empat. 



Jalan tol atas laut Bali Mandara punya jalur khusus untuk kendaraan roda dua alias motor. Apa alasan operator mengizinkan motor melintas di tol sepanjang 12,7 km ini? Menurut perundang-undangan yang berlaku, jalan tol di Indonesia bisa dilalui oleh kendaraan roda 2, dengan syarat harus ada jalur khusus. Atas dasar itulah, Jasa Marga membuka jalur khusus untuk motor di ruas tol ini.

"Sesuai dengan regulasi PP no 44 jalan tol itu boleh dilalui sepeda motor, asal ada jalur khusus," kata Direktur Utama PT Jasa Marga Bali Tol Akhmad Tito Karim. Selain itu, Tito menyebutkan masyarakat Bali banyak yang menggunakan motor. Dari survey yang telah dilakukan, masyarakat Bali nampak antusias dengan kehadiran tol dengan jalur khusus motor ini. 
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Menyusuri Keindahan Tol Diatas Laut Bali Bersama Bus Pariwisata PO Remaja. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers