Pin It

05 November 2022

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 19:45

Komnas HAM Ancam Bekukan PSSI?

Sebenarnya aku jarang menulis artikel mengenai sepakbola, tapi kali ini aku tertarik membahas sepakbola setelah mendengar Komnas HAM rekomendasikan, ya sedikit berbau ancaman untuk bekukan PSSI. Ada apa kok Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengancam membekukan PSSI?. Ya, Komnas HAM memberikan waktu tiga bulan agar dapat dilakukan perbaikan dalam tubuh PSSI. Jika tidak, seluruh aktivitas PSSI terancam dibekukan. Menurut pandangan saya sih Komnas HAM ini 'genit' sekali. Dia masuk ke semua lini, seolah yang salah di kejadian itu cuma PSSI. Komnas HAM tidak mengerti sepakbola tapi ikut campur terlalu jauh. Apalagi, Komnas HAM juga menyinggung ranah Statuta PSSI, sesuatu yang merupakan urusan internal organisasi. 

Komnas HAM Ancam Bekukan PSSI?

Jujur ya, aku terkejut dan tertawa geli mendengar pernyataan dari Komnas HAM. Kok ada orang yang tak paham sepak bola, ngomong sepak bola. Mereka bahkan tidak mengetahui statuta itu apa dan bagaimana posisi PSSI. Andai PSSI dibekukan aktivitasnya atas permintaan pemerintah, itu bisa berujung pada turunnya sanksi dari FIFA. Jika itu terjadi, hal tersebut justru mencoreng nama Presiden Jokowi. Kenapa kalau PSSI dibekukan justru mencoreng nama baik Jokowi? Karena pada era kepemimpinan Presiden Jokowi, PSSI pernah dapat hukuman FIFA pada tahun 2015-2016 karena adanya intervensi dari pemerintah. Indonesia pun kehilangan hak keanggotaannya di FIFA, yang membuat klub dan tim nasional Indonesia dilarang tampil di semua laga maupun turnamen FIFA dan AFC. 


Jangan sampai deh di zaman Presiden Jokowi, dua kali kita disanksi FIFA. Dan untungnya, Presiden Jokowi memahami hal tersebut dan beliau ungkapkan sendiri di depan pers saat bertemu Presiden FIFA, Gianni Infantino di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa (18/10/2022) untuk bahas Transformasi Sepakbola Indonesia. 


Dalam pertemuan itu, Infantino menyebut FIFA siap mendukung sepak bola Indonesia sebagai olahraga paling populer di Tanah Air agar jadi kebanggaan rakyat dan menjadi salah satu pilar yang berkontribusi terhadap kemajuan bangsa.


"FIFA bersama pemerintah, AFC, dan PSSI sepakat untuk memajukan sepakbola Indonesia…." Kata Presiden Jokowi.

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

    Terima Kasih

    Pengikut