Pin It

14 Desember 2021

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 07:31

Ingin Wisata Naik Kereta Uap di Solo? Begini Cara Resevasi Kereta Uap Jaladara

Beberapa bulan ini blog widodogroho.com lebih banyak membahas dunia kripto, berhubung PPKM sudah mulai longgar dan wisata sudah mulai jalan maka saya akan bahas cara reservasi kereta uap untuk wisata di kota Solo. Kebetulan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo sudah mengoperasikan sejumlah kendaraan wisata, salah satunya kereta api uap atau Sepur Kluthuk Jaladara seiring pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Sepur Kluthuk Jaladara mulai beroperasi pada pertengahan Oktober 2021 lalu. 

Ingin Wisata Naik Kereta Uap di Solo? Begini Cara Resevasi Kereta Uap Jaladara
Lokomotif uap D1410 buatan Jerman tahun 1921

Seperti telah kita ketahui bersama, kereta api uap ini telah menjadi daya tarik wisata sejak Jokowi menjadi Wali Kota Solo dan dikenakan tarif Rp3,5 juta sekali trip untuk tiga jam dengan rute Stasiun Purwosari ke Stasiun Solo Kota di Sangkrah. Biaya ini digunakan untuk bahan bakar berupa kayu jati serta operasional masinis dan asisten masinis yang menjalankan kereta tersebut. Kereta uap ini menempuh jarak 5,6 km dari Stasiun Purwosari hingga Stasiun Solo Kota di Kelurahan Sangkrah, Pasar Kliwon di setiap tripnya. Kita tentu masih ingat, diawal pengoperasiannya sepur kluthuk Jaladara ini menggunakan Lokomotif Uap C1218 buatan Jerman pada 1896. Kemudian mulai 6 Februari 2020, lokomotif diganti menggunakan Lokomotif Uap D1410 buatan Jerman pada 1921. 


Cara Reservasi Kereta Uap Jaladara 


Lalu bagaimana cara naik kereta api uap Jaladara ini? Sayangnya wisatawan tidak bisa membeli tiket perorangan atau eceran, kita harus rombongan dan booking terlebih dahulu. Wisatawan harus menyewa penuh sekali trip dengan tarif Rp3,5 juta. Operasional kereta api uang ini tidak ada batasan karena tergantung permintaan, jadi bisa hari kerja atau akhir pekan. Mengutip akun Twitter resmi Dishub Kota Surakarta, jika ada yang tertarik naik kereta uap untuk wisata keliling kota Solo bisa mendaftar bisa langsung datang ke Kantor Dishub kota Solo di Jl Menteri Supeno no 7 Manahan atau melakukan reservasi melalui nomor telepon atas nama Indri di 085642005156. Tapi ingat ya, selama perjalanan wisatawan harus mematuhi prokes 5M. 


Nah, dari tarif Rp3,5 juta yang kita bayarkan untuk carter kereta uap Jaladara, kita akan mendapat kesempatan dua kali kesempatan berhenti, yakni di Rumah Dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung dan Kampung Batik Kauman. Sebelum pandemi, kereta uap Jaladara berhenti di beberapa lokasi lain seperti kampung batik Laweyan, Pasar Pon, dan Keraton Solo namun saat ini sementara ditiadakan.

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

    Terima Kasih

    Pengikut