Pin It

15 December 2021

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 16:25

Cara Beli Koin Micin di DEX (Pancakeswap, Uniswap dll)

Salah satu cara mendapatkan untung besar dari kripto adalah membeli koin micin baru rilis dari project yang bagus ketika harganya masih sangat murah. Untuk melihat projectnya bagus atau tidak kita bisa lihat white paper dari koin tersebut dan siapa orang-orang di dalamnya. Nah, yang jadi masalah koin-koin micin bagus pada awalnya hanya dijual di DEX saja macam Pancakeswap, Uniswap dll. Setelah nilainya melambung baru dijual di exchange biasa macam Binance, Indodax dll. Jadi selama kita hanya membeli di exchange ya susah untuk bisa menikmati kenaikan ribuan persen, lawong harganya sudah naik. 

Cara Beli Koin Micin di DEX (Pancakeswap, Uniswap dll)
Koin micin potensial

Cara Beli Koin Micin di DEX 


Lalu bagaimana cara kita masuk ke DEX untuk berburu koin micin yang harganya masih sangat murah? Sebenarnya caranya mudah, dan di artikel ini akan saya bahas cara masuk DEX untuk serok koin micin. Nah, untuk masuk dan bertransaksi di DEX ini syarat utamanya adalah memiliki wallet. 


Dalam artikel ini saya kasih contoh menggunakan Trust Wallet, namun Anda bisa juga memakai Metamask. Pertama kita download dulu Trust Wallet, setelah terinstal kita wajib melakukan registrasi atau pendaftaran. Disini Anda perlu menyimpan baik-baik SEED PHRASE yang diberikan saat proses pendaftaran ini. Seed Phrase ini adalah kunci akses ke dompet Anda. Jika laptop atau hp anda hilang, Anda tetap dapat mengakses wallet Anda dengan Seed Phrase ini. Oya, untuk yang wallet terhapus tenang saja, tinggal instal lagi dan Import Wallet lalu gunakan seed phrase yang sudah dimiliki sebelumnya untuk mengaksesnya. 


Awas, Jangan simpan seed phrase Anda di laptop atau hp dan jangan pernah berikan pada siapapun! Sekali seed phrase bocor maka dompet Anda tidak aman lagi. Tulis saja di kertas dan simpan di penyimpanan ijazah atau dokumen penting Anda, sebab maling biasanya tidak mengambil ijazah. Setelah semua langkah dilalui maka tampilannya akan seperti ini. 


Cara Beli Koin Micin di DEX (Pancakeswap, Uniswap dll)
Trust Wallet

Sekarang kita mulai masuk ke DEX yang kita inginkan. Pertama, kita klik Dapps di bagian bawah. Selanjutnya scroll ke bawah sampai bagian populer. Disana ada beberapa DEX, antara lain Pancakeswap dan Uniswap. 


Cara Beli Koin Micin di DEX (Pancakeswap, Uniswap dll)
Dapps

Nah, yang perlu di ingat ada 2 DEX besar di jaringan berbeda, Uniswap di jaringan Ethereum dan Pancakeswap di jaringan BSC. Ketika kita mengakses Uniswap maka pakai jaringan Ethereum dan ketika mengakses Pancakeswap pakai jaringan BSC. Caranya tinggal switch saja pada menu jaringan di pojok kanan atas. 


Cara Beli Koin Micin di DEX (Pancakeswap, Uniswap dll)
Pancakeswap

Selanjutnya adalah bagaimana caranya kita melakukan transaksi di Pancakeswap dengan jaringan BSC. Cara yang sama bisa dilakukan di Uniswap dengan jaringan Ethereum, asal kuat bayar gas fee-nya. Kan gas fee Ethereum terkenal mahal.


Masuk ke https://pancakeswap.finance lalu klik menu "connect wallet". Pilih Trust Wallet dan lanjutkan. Setelah terhubung maka alamat wallet kita akan muncul di pojok kanan atas. Klik tombol "Trade Now". 


Ketika kita ketik nama koinnya dia tidak muncul, jangan khawatir karena koin di DEX sangat lengkap. Yang perlu kita lakukan adalah klik menu Manage Tokens lalu cari menu Import Token. Setelah itu buka CoinGecko atau CoinMarketcap. Di CoinGecko atau CoinMarketcap cari nama koinnya lalu copy alamat kontrak koin yang untuk jaringan Binance. Awas, jangan pilih alamat kontrak untuk jaringan Ethereum. Lalu kembali ke Pancakeswap dan paste alamat kontrak koin tersebut, maka keluarlah koinnya. Selanjutnya tinggal klik import. 


Setelah koin micin yang kita inginkan muncul, tinggal pilih koin apa yang mau dipakai untuk beli koin tersebut. Anda bisa pakai BNB, USDT, atau lainnya lalu tinggal swap. 


Dengan menggunakan jaringan BSC maka gas fee yang dipakai adalah BNB, meskipun gas fee tidak sebanyak di jaringan Ethereum tapi tetap ada dan proses swap tidak bisa dilakukan tanpa ada saldo sedikit BNB di wallet kita. Jadi pertama kali ya harus deposit BNB. 


Cara Deposit di Trust Wallet 


Untuk deposit di Trust Wallet, pertama copy alamat wallet kita lalu masuk ke exchange apapun yang kita pakai selama ini, misal Indodax. Misal ingin transfer 10 USDT dari Indodax ke Trust Wallet. Pada kolom alamat paste alamat wallet kita tadi. Pada Network pilih jaringan BEP20 yang biayanya paling kecil, jangan pilih jaringan lain. Lalu ikuti prosesnya. Ingat ya, kita bisa transfer koin apa saja, BNB ini hanya sebagai contoh saja. Nanti di Trust Wallet juga bisa di swap menjadi USDT atau lainnya. Yang penting sisakan sedikit saldo BNB untuk keperluan gas fee. 


Nah, begitulah cara beli koin micin yang berharga murah di DEX. DEX inilah ladang emas sesungguhnya.

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers