Pin It

03 May 2021

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 16:52

Estimasi Waktu Transaksi Bitcoin dan Cara Mempercepat Proses Konfirmasi Transaksi Bitcoin

Akhir-akhir ini proses konfirmasi Bitcoin di blockchain semakin lambat semenjak semakin tenarnya Bitcoin. Memang secara teknis, blockchain Bitcoin hanya mampu menangani sekitar tujuh transaksi saja per detik. Jika waktu untuk memecahkan algoritma matematika kompleks juga diperhitungkan, maka waktu rata-rata yang dibutuhkan mencapai 10 menit. Tiap 10 menit sekali, sebuah blok baru dibuat dan ditambahkan ke dalam rangkaian blockchain. Proses penambahan blok ini dikenal sebagai mining atau penambangan. Nah, ketika jaringan blockchain sedang mengalami peak traffic, transaksi Bitcoin juga akan ikut tertunda dan tertumpuk. 

Estimasi Waktu Transaksi Bitcoin dan Cara Mempercepat Proses Konfirmasi Transaksi Bitcoin

Pada saat kita mengirim atau menerima Bitcoin, maka masing-masing blok akan melakukan verfikasi dan mencatat setiap transaksi baru yang terjadi. Transaksi-transaksi itu kemudian akan dikonfirmasi oleh blockchain. Sepanjang blok baru belum berhasil muncul, maka transaksi belum dapat terkonfirmasi. Setelah transaksi terkonfirmasi, pesan transaksi dikirim ke blockchain Bitcoin dan diteruskan ke seluruh node di jaringan. Transaksi yang masih belum terkonfirmasi akan menunggu hingga miner (penambang) melakukan validasi. Aktivitas inilah yang dijuluki sebagai antrean Mempool. Miner akan memvalidasinya dengan memecahkan algoritma matematika kompleks sebagai Proof of Work. 


Ada banyak hal yang bisa membuat antrean mempool terhenti. Salah satu di antaranya adalah kurangnya miner (penambang) yang bertugas memvalidasi transaksi. Sehingga, ketika transaksi dilakukan, dana-dana akan tertahan di Mempool menunggu konfirmasi dari jaringan blockchain. Selama dana belum diproses, transaksi tidak akan dicatatkan oleh blockchain. Dengan penggunaan bitcoin yang terus meningkat di seluruh dunia maka menyebabkan mempool yang berisi unconfirmed transaction sering meningkat dan penuh. 


Baca juga: Confirmed Unspent dalam Transaksi Bitcoin 


Transaksi Bitcoin berukuran dalam bytes, dan seberapa cepat transaksi terkonfirmasi ditentukan oleh seberapa tinggi FEE  / bytesnya. Untuk mengetahui ukuran transaksi anda, anda bisa mengakses web blockchain seperti contoh dibawah ini. 


contoh: https://blockchain.info/tx/9b23148782a7d6ebe6589a8531a7a2360b8b796ea21021020e79bd5474c49a7d 


Contoh diatas adalah TX pengiriman Bitcoin dari jaringan periklanan A-Ads kepada wallet saya. Kebetulan blog widodogroho.com ini selain menggunakan Google Adsense juga menggunakan A-Ads yang membayar mitranya dengan Bitcoin. Anda bisa klik tautan diatas untuk melihat ukuran dan fee per byte dari transaksi Bitcoin tersebut. Namun bila enggan klik tautan diatas, bisa lihat screenshot dibawah ini. 


Estimasi Waktu Transaksi Bitcoin dan Cara Mempercepat Proses Konfirmasi Transaksi Bitcoin


Estimasi Waktu Transaksi Bitcoin dan Cara Mempercepat Proses Konfirmasi Transaksi Bitcoin

Dalam gambar atas kita bisa mendapatkan 2 informasi penting mengenai transaksi Bitcoin tersebut, yakni:


1. Ukuran transaksi adalah 1684 bytes


2. Fee per bytes adalah 36.152 satoshi 


Setelah mengetahui fee/byte nya kita bisa memperhitungkan berapa lama transaksi tersebut akan terkonfirmasi melalui situs https://bitcoinfees.21.co, situs ini memberikan perkiraan waktu estimasi kapan transaksi terkonfirmasi dengan fee yang diberikan. Dari situs bitcoinfees tersebut kita bisa lihat berapa lama Bitcoin sampai kepada wallet penerima. Berhubung pengirim dalam hal ini A-Ads menggunakan fee 36.152 satoshi / bytes, maka perkiraan waktu estimasi konfirmasi transaksi bisa memakan waktu hingga berhari-hari. Kebetulan Bitcoin saya dalam waktu 24 jam sudah landing di dompet Indodax saya. 


Cara Mempercepat Transaksi Bitcoin 


Apakah bisa mempercepat proses konfirmasi transaksi Bitcoin? Bisa, yakni dengan menambah fee. Dengan fee yang lebih tinggi yaitu sesuai dengan rekomendasi situs tersebut, untuk transaksi yang ingin dikonfirmasi dalam 30 menit maka kita bisa mengirim dengan fee 181-200 satoshi / bytes atau 0.000002 BTC * ukuran transaksi kita. Selain dengan menambah fee, kita juga bisa menggunakan tool TX Accelerator. 


Ada beberapa situs TX Accelerator yang bisa kita gunakan untuk mempercepat konfirmasi Bitcoin, salah satunya kita bisa menggunakan https://www.viabtc.com/tools/txaccelerator 


ViaBTC mempunyai miner pool sendiri dan akan memasukkan tx hash kita dalam pool mereka. Cara menggunakan TX Accelerator dari ViaBTC juga cukup mudah. Kita cukup klik tautan diatas lalu masukkan TX hash kita, sebagai contoh tx saya dalam contoh transaksi diatas adalah 9b23148782a7d6ebe6589a8531a7a2360b8b796ea21021020e79bd5474c49a7d 


Selain menggunakan tool dari ViaBTC, kita juga bisa menggunakan tool Bitaccelerate untuk mempercepat konfirmasi transaksi Bitcoin. Caranya juga cukup mudah, kita tinggal klik https://bitaccelerate.com 


BitAccelerate adalah akselerator transaksi Bitcoin gratis yang memungkinkan kita mendapatkan konfirmasi lebih cepat dari transaksi yang belum dikonfirmasi. Kita ukup masukkan ID transaksi (TXID) atau bisa juga disebut TX hash dan klik tombol "Percepat". Layanan Bitaccelerate akan menghubungkan ulang transaksi melalui 10 node Bitcoin sehingga block transaksi kita akan lebih cepat ditemukan oleh penambang.

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers

    Follow by Email