Pin It

04 May 2021

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 15:10

Confirmed Unspent, Bitcoin Sudah Terkirim tapi Belum Masuk Dompet Bitcoin

Kali ini blog widodogroho.com akan membahas masalah Confirmed Unspent dalam transaksi Bitcoin. Saya yakin banyak teman yang baru bermain Bitcoin pasti sering menemukan istilah Confirmed Unspent ketika memeriksa transaksi Bitcoin di block explorer. Nah, maksud dari Confirmed Unspent adalah transaksi sudah terkirim, tetapi Bitcoin belum diterima oleh wallet penerima. Jadi kalau dalam transaksi di blockchain berstatus unspent, artinya Bitcoin sudah dikirim tetapi wallet tujuan sebagai penerima belum menerima Bitcoin. 


Confirmed Unspent, Bitcoin Sudah Terkirim tapi Belum Masuk Dompet Bitcoin
Confirmed Unspent

Sebenarnya sih pengertian untuk unspent/spent bukan masalah dikirim atau diterima, tapi status penggunaanya apakah belum/sudah dipakai di transaksi lain. Unspent artinya output dari transaksi tersebut belum terpakai, atau masih tersedia. Spent artinya output dari transaksi tersebut sudah dipakai di transaksi selanjutnya tetapi keabsahan tetap harus melihat konfirmasi dari transaksi tersebut. Confirmed unspent disini artinya transaksi sudah dikonfirmasi dan Bitcoin ada di address dompet Bitcoin milik kita tetapi masih harus nunggu konfirmasi lagi untuk terlihat. Seperti kita ketahui, transaksi di Indodax kan membutuhkan dua kali konfirmasi. Saya juga beberapa kali mengalami hal seperti ini, terakhir kemarin saat melakukan withdrawals Bitcoin sebesar 0.00107370 BTC dari A-ads ke wallet Indodax. Jika kita lihat di akun A-ads tertulis transaksi komplit. 


Confirmed Unspent, Bitcoin Sudah Terkirim tapi Belum Masuk Dompet Bitcoin
Withdraw Bitcoin completed di A-Ads

Namun ketika saya cek di dompet Indodax keterangannya masih pending. 


Confirmed Unspent, Bitcoin Sudah Terkirim tapi Belum Masuk Dompet Bitcoin
Bitcoin masih pending dan belum masuk dompet Indodax

Baca juga: Cara Percepat Transaksi Bitcoin


Nah, ketika saya cek di blockexplorer keterangannya confirmed unspent seperti foto pertama dalam artikel ini. Mengapa prosesnya lama? Ya, karena masih butuh konfirmasi lagi. Kalau dompet Bitcoin yang kita pakai punya private key seperti electrum atau blockchain wallet, dapat dipastikan Bitcoin akan langsung keterima masuk wallet. Nah, kalau kita menggunakan dompet Bitcoin dari exchange macam Indodax dan lainnya, walaupun keterangan sudah sent, completed, tentu tidak langsung masuk dompet. Bitcoin mampir dulu untuk diverifikasi oleh exchange, makanya agak lama tergantung dari kebijakan masing-masing exchange. Bisakah transaksi tersebut dipercepat? Tentu saja bisa, untuk caranya silahkan baca Cara Percepat Transaksi Bitcoin. 

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers

    Follow by Email