Pin It

09 June 2020

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 23:06

Ayam Adalah Dinosaurus Itu Sendiri

Suatu hari saya bersama teman memotong ayam dan ketika semua bulu tercabut kita mendapati ada cakar di sayap ayam, mirip Theropoda. Kemudian teman saya tanya, apakah ayam keturunan dinosaurus? Saya jawab, bukan keturunan lagi. Ayam adalah anggota dari dinosaurus itu sendiri. Nenek moyang unggas modern berasal dari golongan Archaeopteryx. Dino yang memiliki bulu seperti unggas modern. Struktur tulang mereka juga mirip dengan Velociraptor. Jadi setiap kita memakan ayam, saat itulah kita sedang menyantap anggota dari dinosaurus.

Ayam Adalah Dinosaurus Itu Sendiri
Ayam adalah dinosaurus

Awal mula mengapa burung atau ayam dianggap berkerabat dengan dinosaurus, atau lebih tepatnya kelompok Archosauria karena memiliki struktur di kaki mereka yang disebut sebagai skat (scutum). Skat secara superfisial mirip seperti sisik, namun berbeda dengan sisik yang tumbuh dari lapisan terluar epidermis, skat tumbuh dari lapisan yang lebih dalam di mesodermis. Mirip seperti rambut dan bulu. Berbicara tentang bulu dan skat, burung memiliki keduanya. Bulu di badan dan skat di kaki. 

Ayam Adalah Dinosaurus Itu Sendiri
Skat di kaki ayam

Nah, setelah abad ke-20, dinosaurus mulai mendapat banyak peminat dan peneliti. Setelah diteliti dan dilakukan berbagai komparasi dinosaurus dengan hewan-hewan lain yang telah diketahui, dinosaurus ternyata masih termasuk anggota Archosauria, termasuk buaya juga. Selain diketahui kekerabatan dinosaurus dengan buaya, beberapa struktur homolog lain yang terdapat baik pada burung dan dinosaurus mulai ditemukan. Salah satunya adalah struktur cakar pada burung dan dinosaurus dari kelompok Theropoda. 

Ayam Adalah Dinosaurus Itu Sendiri
Theropoda

Seperti yang sudah saya sebutkan diawal tulisan, ayam memiliki cakar di sayapnya. Pertanyaannya adalah apa yang membuat cakar ayam homolog dengan cakar dinosaurus dan bukan karena kebetulan mirip saja? Jawabannya adalah karena struktur dan susunan jari Theropoda dan burung memiliki jari kedua yang memanjang diiringi dengan jari ketiga yang berdempetan dengan jari kedua. 

Ayam Adalah Dinosaurus Itu Sendiri
Ada cakar di sayap ayam

Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, penggolongan dinosaurus semakin spesifik dan akurat. Saya tadi sudah menyinggung nama Theropoda. Theropoda adalah kelompok dinosaurus karnivora, berdiri dengan dua kaki, dan memiliki kaki depan yang lebih fleksibel. Anggota-anggota Theropoda yang kita kenal adalah Tyrannosaurus, Allosaurus, Spinosaurus, Megalosaurus, dan Velociraptor. 

Ayam Adalah Dinosaurus Itu Sendiri
Saurischia

Lalu ada Coelurosauria (Saurischia) yang menjadi primadona para paleontolog karena anggota-anggota dari kelompok dinosaurus ini memiliki bentuk tubuh yang lebih mirip ke burung ketimbang dinosaurus lainnya. Maksudnya lebih mirip ke burung apa ya? Karena ketika teknik mengangkat fosil sudah lebih halus dan aman, berbagai fosil dari kelompok Coelurosauria mulai tersingkap bahwa mereka memiliki bagian tubuh yang diidentikkan dengan burung atau ayam yakni: bulu di sekujur tubuhnya. Misalnya Microraptor yang ditemukan di tahun 2002 di bawah ini. 

Ayam Adalah Dinosaurus Itu Sendiri
Fosil Saurischia

Para paleontolog dibuat bingung. Mereka menemukan dinosaurus yang mirip burung atau ayam. Jadi yang mana yang dinosaurus dan yang mana yang burung? Konsensus saat itu memasukkan Microraptor ke dalam kelompok Dinosauria (masih termasuk Reptilia) sekalipun Microraptor memiliki lebih banyak struktur mirip burung ketimbang Archaeopteryx yang dianggap burung (masih termasuk Aves) tetapi lebih memiliki sifat yang mendekati stereotip dinosaurus pada umumnya.

Ayam Adalah Dinosaurus Itu Sendiri
Fosil

Kemudian di tahun berikutnya ditemukan dinosaurus-dinosaurus lain yang terbukti secara gamblang memiliki bulu di sekujur tubuhnya. Kemudian ditemukan fosil dinosaurus yang mengerami telur-telurnya. Meskipun perilaku mengerami telur tidak eksklusif dilakukan oleh burung, namun postur yang dibentuk menunjukkan bahwa terdapat struktur pada lengan dinosaurus yang digunakan untuk menutupi telur. Mirip seperti cara burung unta mengerami telurnya. 

Kemudian dilakukan uji perbandingan antara kerangka-kerangka dinosaurus dan burung. Hasilnya adalah tidak ada batas pemisah yang definitif yang membedakan mana burung mana dinosaurus. Makanya sempat ada kebingungan ketika ditemukan fosil dinosaurus bersayap dan fosil burung bergigi. 

Ayam Adalah Dinosaurus Itu Sendiri
Eumaniraptora

Dengan demikian, diketahui bahwa dinosaurus dan burung adalah satu kelompok organisme yang sama. Struktur filogenik keduanya direvisi dan sekarang burung telah resmi terbukti sebagai dinosaurus tulen dan berada di kelompok Eumaniraptora bersama dengan Velociraptor dan Troodon. 

Sudah jelas kan kalau keluarga burung, termasuk ayam merupakan anggota dari keluarga besar dinosaurus. 
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Terima Kasih

Followers

Follow by Email