Pin It

02 June 2020

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 23:02

VPN Pro: Aplikasi Edit Video VivaVideo Berbahaya

Hati-hati untuk yang suka edit video menggunakan aplikasi VivaVideo. Aplikasi VivaVideo merupakan aplikasi buatan perusahaan China, Qu Video yang telah diunduh lebih dari 100 juta kali Play Store. Pengembangnya, QuVideo Inc adalah perusahaan China yang juga beroperasi dengan nama XiaoYing dan Hangzhou Zhuying Technology Co, Ltd. Mengutip vpnpro.com dalam artikel berjudul “Spyware app maker with 157 million+ installs contains remote access trojan, requests dangerous app permissions" pekan lalu, aplikasi VivaVideo adalah salah satu aplikasi pengeditan video yang memiliki sejarah malware. 

VPN Pro: Aplikasi Edit Video VivaVideo Berbahaya
VivaVideo (Photo: VPN Pro)

Pada tahun 2017, disebut sebagai salah satu dari 40 aplikasi yang diduga sebagai spyware. Rekomendasi untuk aplikasi segera hapus. Hasil penelitian tim VPN Pro mengatakan, VivaVideo meminta sejumlah izin berbahaya. Termasuk kemampuan membaca dan menulis file ke drive eksternal, ditambah lokasi GPS spesifik. Jelas ini tidak diperlukan untuk aplikasi pengeditan video. 

Dikutip dari VPN Pro, pengembang aplikasi ini juga membuat SlidePlus dengan izin berbahaya yang sama sekali tidak perlu, ditambah versi berbayar VivaVideo. Meski QuVideo seolah hanya memiliki 3 aplikasi di Play Store, VPN Pro menemukan 5 aplikasi total dalam jaringannya. Di App Store, tim VPN Pro melihat bahwa QuVideo sebenarnya mengembangkan empat aplikasi, yaitu VivaVideo, SlidePlus, VivaCut dan Tempo. Dua aplikasi terakhir ini dipublikasikan di Play Store dengan nama pengembang yang berbeda, menyembunyikan hubungan aplikasi ke QuVideo. Aplikasi Tempo meminta empat total izin terkait lokasi dan tiga di antaranya berlabel 'berbahaya' selain permintaan penyimpanan. 

VPN Pro mengatakan patut dicatat bahwa kebijakan Google Play membatasi penggunaan izin lokasi latar belakang ke aplikasi yang membutuhkannya untuk fungsi inti mereka. Aplikasi pengeditan video besutan QuVideo tidak memenuhi hal ini. Karena riwayat malware dan trojan aktif ini, dan QuVideo menyembunyikan hubungannya dengan beberapa aplikasi mereka. Oleh karena itu, VPN Pro meminta agar pengguna segera menghapus aplikasi buatan QuVideo. 

Aplikasi ini juga diidentifikasi oleh Microsoft sebagai aplikasi yang berisi trojan akses jarak jauh. Trojan ini dikenal sebagai AndroidOS / AndroRat. Jenis trojan ini dapat mencuri dana bank, Cryptocurrency, atau PayPal.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Terima Kasih

Followers

Follow by Email