Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Featured Post

Jalan-jalan Sesat Adalah Kebutuhan, Mari Jalan-jalan Sesat Tanpa Tapi

Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan tanpa sadar saya teringat dengan Urban Philosophy saat...

Pin It

31 January 2020

Manfaat Kopi Arang Atau Kopi Joss Untuk Kesehatan

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 15:46

Hari Jumat yang cerah enaknya tentu saja ngopi, betul enggak hehehe… Nah, mumpung lagi ngopi mari kita membahas manfaat kopi arang bagi kesehatan. Kopi arang atau kopi joss ini kalau orang bule menyebutnya the charcoal coffee. Bagi penggemar kopi saya yakin pernah mencoba cita rasa minuman kopi arang yang unik ini. Ya, minuman kopi joss atau kopi arang adalah kopi khas angkringan kota Yogyakarta. Mengapa kopi arang ini dinamakan kopi joss? Karena ketika kita memesan memesan kopi joss ini, maka dalam gelas kopi itu akan dicelupkan sebongkah arang panas. Arang panas yang masih membara itu tentu saja akan mengeluarkan suara joss... saat dicelupkan ke dalam air kopi. Oleh karena itu, suara celupan arang ini menjadikan kopi tersebut dikenal juga dengan kopi joss. 

Manfaat Kopi Arang Atau Kopi Joss Untuk Kesehatan

Nah, jadi kopi arang adalah salah satu jenis minuman kopi yang cukup unik dan fenomenal kan. Unik karena minuman ini diracik seperti kopi pada umumnya. Namun setelah seduhan kopi sudah disiapkan di dalam sebuah gelas atau cangkir, kopi tersebut kemudian dimasukkan arang. Arang yang dimasukkan ke dalam kopi ternyata mempunyai tujuan tertentu yakni mengurangi kadar kafein yang ada pada kopi. Silahkan lihat video kopi arang, kopi joss khas Jogja dibawah ini.


Saya percaya pasti banyak pembaca yang bertanya-tanya, amankah mengkonsumsi kopi yang dicampur dengan arang ini? Tenang, arang yang dimasukkan ke dalam kopi ini ternyata juga bukan sembarangan arang. Penjual kopi joss ini biasanya memesan arang khusus yang bersih dan aman untuk dicampurkan dengan kopi. Salah seorang penjual kopi joss bahkan mengklaim jika karena adanya arang ini, maka kandungan kafein yang ada dalam kopi tersebut akan menurun. Bukan hanya itu, konsumsi kopi arang ini bisa membantu mengatasi berbagai macam penyakit layaknya perut kembung dan perut mulas. Dalam sebuah penelitian kesehatan, disebutkan bahwa arang yang panas ini memang mampu menurunkan kadar kafein pada kopi. Bahkan, arang yang panas ini juga mampu menetralisir racun dan mengikat polutan pada minuman tersebut. 

Manfaat Kopi Arang Atau Kopi Joss Untuk Kesehatan

Masyarakat lokal percaya bahwa khasiat kopi joss Jogja adalah untuk detoksifikasi. Sebab, ketika arang dipanaskan pada suhu tertentu, arang tersebut akan menjadi karbon aktif yang mampu mengikat racun. Ditambah lagi, kopinya sendiri merupakan antioksidan alami yang mampu mengeluarkan racun-racun dalam tubuh. Selain detoksifikasi, manfaat kopi arang Jogja adalah sebagai pencegah panas dalam dan kembung saat masuk angin. Penambahan arang panas juga dipercaya mengurangi kadar kafein yang ada dalam kopinya, jadi aman dikonsumsi meski Anda memiliki maag.

Banyak penelitian menyebutkan bahwa manfaat dan khasiat kopi joss tersebut sangat baik yakni mempunyai kadar kafein yang dinilai rendah. Hal ini karena metode penyajian kopi dengan menggunakan arang yang dapat menetralisir kandungan kafein. Arang yang dipanaskan dengan suhu diatas 250 derajat celcius akan menjadi karbon aktif yang dapat mengikat racun serta polutan. Selain itu, karbon yang sudah teraktivasi bisa mengurangi ampas kopi, memperbaiki aroma, serta mengikat racun. Penting untuk diketahui, kebiasaan minum kopi diselingi makan dapat berdampak baik bagi kesehatan. Beberapa kandungan dan manfaat kopi arang bagi tubuh adalah sebagai berikut:

Riboflavin (Vitamin B2): 11% dari AKG.
Asam pantotenat (vitamin B5): 6% dari AKG.
Mangan dan Kalium: 3% dari AKG.
Magnesium dan Niacin (B3): 2% dari AKG.

Manfaat Kopi Arang Atau Kopi Joss Untuk Kesehatan

Manfaat Kopi Arang Bagi Kesehatan

Dibalik nikmatnya kopi arang terdapat bermacam-macam manfaat. Berikut ini beberapa manfaat kopi arang di antaranya ialah: 

1. Penambah Stamina

Kopi memiliki kandungan zat kafein yang tinggi. Adenosin dalam tubuh berperan sebagai sel yang mengakibatkan rasa ingin tidur terhadap otak. Kafein dalam kopi menyebabkan kinerja sel dan menjadikan prosesnya lebih lambat. Sehingga menciptakan perasaan segar jadi lebih lama.

2. Menghambat Kanker

Antioksidan yang terdapat pada kopi bisa melawan resiko gejala kanker didalam tubuh. Penelitian di Jepang terhadap sejumlah wanita yang mengonsumsi kopi 2 kali sehari, kemungkinan terkena kanker usus besar menurun sebesar 25%. 

3. Kopi Menjaga Kesehatan Mulut

Kopi mempunyai sifat anti bakteri yang bagus untuk kebersihan mulut. Hal tersebut dapat mempercepat penyembuhan gigi berlubang, plak dan infeksi gusi. Tentu saja memiliki peluang besar untuk menekan resiko kanker mulut.

4. Mengurangi Resiko Diabetes

Menyumbatnya penyerapan gula dapat diproses dengan mengonsumsi kopi. Kandungan zat asam klorogenat mempercepat kinerja hal tersebut pada pertumbuhan pembentukan insulin. Para ahli sudah membuktikan bahwa penyakit diabetes yang terjadi pada seseorang, dapat dikurangi sebesar 50% berkat manfaat kopi arang. 

5. Menurunkan Resiko Penyakit Alzheimer dan Demensia

Alzheimer adalah salah satu penyakit yang relatif menyerang orang yang telah memiliki usia 65 tahun lebih. Kopi juga sudah teruji dapat meningkatkan perlindungan kepada penyakit yang berhubungan dengan degradasi fungsi saraf.

6. Mencegah Parkinson

Selain alzheimer, parkinson merupakan satu dari banyaknya penyakit terpopuler yang penyebabnya berasal dari degradasi fungsi saraf dalam tubuh manusia. Meminum kopi secara rutin bisa memberi perlindungan terhadap penyakit parkinson. 

7. Menambah Semangat

Banyak orang yang secara tidak sadar lebih bergairah dan ceria saat meminum kopi. Kopi memang merupakan salah satu minuman yang dapat meningkatkan mood seseorang, selain itu ia juga bisa memberikan efek korelasi pada kebahagiaan. 

Melihat adanya fakta ini, kita tidak perlu khawatir lagi untuk menikmati kopi arang saat berkunjung ke Yogyakarta, bukan? Maka tak heran jika suguhan kopi joss ini banyak dicari oleh para turis asing mancanegara. Mungkin sebagian dari anda agak bergidik jika membayangkan kopi yang disajikan dengan campuran arang yang sudah dibakar hingga kemerahan. Namun kenyataannya, cita rasa dari kopi ini sangat nikmat dan mempunyai beragam manfaat untuk tubuh dengan zat-zat yang terkandung di dalamnya.

Manfaat Kopi Arang Atau Kopi Joss Untuk Kesehatan

Lalu dimana kita bisa menikmati sajian kopi joss paling tmdi Jogja? Berikut beberapa angkringan yang menyediakan kopi arang: 

1. Angkringan Lik Man 

Angkringan Lik Man menjadi angkringan yang paling terkenal di Jogja dan jadi incaran utama para wisatawan yang penasaran bagaimana rasanya menyeruput kopi joss. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau, yakni kurang dari Rp 5k. Minum kopi joss hangat-hangat paling nikmat sambil ditemani jadah bakar dan tempe mendoan yang murah meriah. 

Alamat: Jl. Wongsodirjan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta 
Jam buka: 14.00-03.00 WIB 

2. Angkringan Kopi Jos Pak Agus 

Masih di kawasan angkringan kopi joss Tugu, satu warung yang juga tak kalah ramai ini menyajikan menu kopi joss yang sedap. Bukan cuma kopi hitam joss saja, tetapi kamu juga bisa pesan kopi susu joss dan es kopi susu joss. Serunya lagi banyak banget pilihan menu nasi kucing dan sate-satean di sini. Harga yang dibanderol juga ramah banget di kantong, yakni masih di bawah Rp 6k per porsinya. 

Jam buka: 17.00-00.00 WIB 

3. Angkringan Kopi Joss Mbak Siska 

Menikmati suasana malam di Jogja rasanya nggak bisa sebentar. Biar nggak mati gaya, paling tepat sih menghabiskannya sambil nongkrong bareng teman di angkringan. Termasuk di spot yang satu ini, kamu bisa pesan menu-menu terbaiknya seperti kopi joss dan kopi joss susu yang juga bisa disajikan dingin dengan es. Untuk menu makanannya beragam banget dari nasi kucing, gorengan, dan sate-satean. Harga yang ditawarkan tak lebih dari Rp 7k per porsinya, lho!

Alamat: Depan Stasiun Tugu, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta 
Jam buka: 17.00-02.00 WIB 

4. Angkringan Kopi Joss Lik No 

Seperti halnya Lik Man, angkringan yang satu ini juga termasuk pelopornya menu kopi joss yang jadi hits di Jogja. Kopi plus arang panas yang cuma bisa kamu temukan di kota ini memang punya aroma yang unik. Menu murah meriah yang harganya hanya berkisar Rp 6k ini paling cocok disandingkan dengan nasi kucing dengan isian lauk yang beragam dan tentunya dengan sate dan gorengannya yang tak boleh terlupakan.

Alamat: Depan Stasiun Tugu, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta
Jam buka: 14.00-03.00 WIB 

5. Angkringan Kopi Joss Mas Bagong 

Segelas kopi hitam dengan tambahan arang panas yang merah membara pasti bikin siapa saja penasaran mencoba. Yuk deh mampir ke angkringan ini dan pesan seporsi kopi joss atau kopi joss susu yang dibanderol seharga Rp 5k saja. Sambil menikmati hangatnya kopi joss, mending sekalian pesan berbagai camilan murah meriah seperti nasi kucing, sate-satean, gorengan, dan aneka bacem.

Alamat: Jl. Jenderal Sudirman, Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta
Jam buka: 16.00-02.00 WIB 

Resep Membuat Kopi Arang Atau Kopi Joss

Selain membeli di Jogja, kita juga bisa mencoba membuat kopi joss sendiri karena resepnya yang cukup mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kopi joss hanya air panas, gula pasir, kopi bubuk yakni bisa menggunakan kopi arabika gayo atau kopi hitam yang lain, arang bersih dan dibakar sampai merah. Anda bisa menggunakan arang yang biasanya dijual oleh pedagang-pedagang yang ada di pasar tradisional.

Manfaat Kopi Arang Atau Kopi Joss Untuk Kesehatan

Untuk cara penyajian agar mendapatkan rasa yang khas dan enak, pertama-tama anda harus menyeduh kopi dengan gula. Untuk takaran gula bisa disesuaikan dengan selera masing-masing bahkan ada yang menyajikannya tanpa gula untuk menghindari penyakit atau memang menyukai rasa kopi yang pahit. Seduhlah dengan air panas yang mendidih dan tuangkan dalam gelas yang sudah berisi kopi bubuk beserta gula. Masukkan arang panas yang sudah dibakar sampai membara berwarna merah. Kopi joss sudah siap dihidangkan.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Manfaat Kopi Arang Atau Kopi Joss Untuk Kesehatan. Ikuti saya di
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Foto Dalam Instagramku @widodogroho

Followers