Pin It

11 January 2020

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 08:36

Cara Mencegah dan Mengatasi Truck Trailer Dolly Kandas Saat Melewati Perlintasan KA

Pagi ini cuaca cerah dan widodogroho akan membahas Cara Mencegah Dan Mengatasi Truck Trailer Dolly Kandas Saat Melewati Perlintasan KA. Kebetulan ada kejadian truck trailer Dolly kandas saat melintasi perlintasan KA di Karawang Desember 2019 lalu. Dugaan saya sih crew truck pembawa excavator ini lalai. Sebelum lewat perlintasan KA seharusnya As Dollynya dibalik dulu untuk menambah ketinggian bed mengurangi kemungkinan kandas. Dolly lowbed kan punya 2 setelan ketinggian, tinggal copot dan puter as roda. Nah, yang ribet dan agak berat itu saat nge-jack up (mendongkrak) bednya. 

Cara Mencegah Dan Mengatasi Truck Trailer Dolly Kandas Saat Melewati Perlintasan KA

Nah, mungkin pembaca ada yang bertanya, "Untuk lowbed dolly gini apakah tidak tersedia suspensi untuk naik turun bed? Nah, perlu kita ketahui bersama untuk dolly model seperti ini tidak ada suspensinya. Sebenarnya sih untuk membawa alat berat macam excavator lebih mudah dan nyaman pakai lowbed hydraulic gooseneck karena sudah menggunakan air suspension jadi proses loading unloading lebih mudah. Tapi disini lowbed hydraulic gooseneck jarang yang punya karena mahal, makanya dolly model begini masih jadi andalan.

Cara Mencegah Dan Mengatasi Truck Trailer Dolly Kandas Saat Melewati Perlintasan KA
Sebenernya sih kejadian trailer dolly yang kandas bed nya sering terjadi, bukan hanya ini saja. Saya juga pernah memotret bed dolly kandas di simpang tiga Kedungbener, Kebumen, Jawa Tengah yang fotonya bisa kita lihat di bawah ini.

Cara Mencegah Dan Mengatasi Truck Trailer Dolly Kandas Saat Melewati Perlintasan KA

Kalau sudah terjadi peristiwa seperti ini ya mau gak mau crew harus mendongkrak bed dan memutar as roda belakang. Bisa sih diatasi dengan menurunkan excavator, tapi akan mengganggu lalu lintas, apalagi bila traffic padat. Alternatif lain dengan cara menggunakan lengan dari excavator. Bagaimana caranya? Gampang saja, swing saja lengan excavator untuk mengangkat bed sambil mendorong maju, tapi resikonya aspal akan rusak. Jadi cara terbaik ya mengantisipasi sebelum terjadi dengan cara seperti yang telah saya tulis di awal dan untuk cara lengkapnya saya kupas dibawah ini. 

Cara Mencegah Dan Mengatasi Truck Trailer Dolly Kandas Saat Melewati Perlintasan KA

Jack Up Bed Dan Putar As Roda Dolly 

Bagaimanapun, cara terbaik menghadapi kendala di jalan adalah mengantisipasi terjadi hal hal yang tidak di inginkan. Untuk kasus semacam ini, seharusnya driver dan crew sudah mengetahui akan kandas, maka harus diantisipasi dengan membalik as roda dolly. Bagaimana caranya? Dongkrak bed kanan kiri, lalu as roda di lepas di balik lalu putar as roda agar posisi terbalik dan pasang lagi. Lho kalau di balik ya chamber rem jadi dibawah dong, tidak masalah kan cuma sebentar saja. Nanti setelah melewati rintangan di balik lagi, capek memang. 

Cara Mencegah Dan Mengatasi Truck Trailer Dolly Kandas Saat Melewati Perlintasan KA

Untuk prosesnya, selang angin chamber dilepas dulu, setelan kampas rem dikendorin, biar roda tidak terkunci. Kemudian pin pengunci as roda dilepas dulu. Proses selanjutnya as beserta roda tarik keluar. Jika as roda sudah keluar lalu putar 180°. Posisi ban sisi luar jadi di posisi dalam. Dengan demikian posisi as posisinya sudah naik di atas dudukan as roda. Dalam posisi ini tabung chamber rem juga otomatis pindah ke bawah. Langkah selanjutnya masukin lagi ke as penghubung itu tadi, tapi ingat ya, bed di dongkrak dulu menyesuaikan dengan ketinggian lubang as roda setelah berubah posisi. 

Cara Mencegah Dan Mengatasi Truck Trailer Dolly Kandas Saat Melewati Perlintasan KA

Sekarang posisi bed sudah naik, jangan lupa pin pengunci dipasang lagi. Bila sudah yakin terkunci dengan baik jangan lupa, selang rem kembali di pasang dan setel rem ulang, biar rem tidak blong. Cukup mudah kan? Iya mudah cuma harus mau sedikit repot dan capek. Tapi itu tidak masalah, yang penting perjalanan kita lancar dan tidak mengganggu lalu lintas.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers