Pin It

31 January 2020

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 01:17

Khasiat Senyawa Withanolides Pada Buah Ciplukan

Malam ini blog widodogroho.com akan membahas manfaat senyawa withanolides pada buah Ciplukan atau Golden berry atau secara ilmiah dikenal sebagai Physalis peruviana. Mungkin dalam berbagai artikel makanan kesehatan, kita masih jarang mendengar adanya senyawa withanolides. Wajar memang, mengingat tidak semua tumbuhan mengandung senyawa ini. Hebatnya, senyawa yang termasuk bioaktif steroid ini terkandung di dalam buah Ciplukan. Masuk akal kan kalau saat ini harga buah Ciplukan sangat mahal...

Khasiat Senyawa Withanolides Pada Buah Ciplukan

Apa sih yang membuat senyawa withanolides begitu istimewa? Withanolides termasuk zat antioksidan dan bersifat anti-inflamasi. Senyawa organik ini mampu merangsang terjadinya apoptosis atau kematian sel terprogram sehingga dapat menghilangkan sel yang tidak diinginkan dan meminimalisir jumlah sel yang terlalu banyak, termasuk sel yang berbahaya bagi tubuh seperti sel kanker. Apoptosis memiliki peranan penting dalam berbagai proses biologi. Dan kemampuan hebat nan istimewa ini dimiliki oleh ciplukan yang kehadirannya dahulu kerap kita abaikan. Luar biasa bukan! 

Withanolides Meningkatkan Fungsi Kognitif

Withanolides, senyawa yang ditemukan di Ciplukan, selain bisa mengendalikan sel kanker juga mampu meningkatkan fungsi kognitif. Ini adalah steroid yang terjadi secara alami yang meningkatkan pertumbuhan sel, membalikkan defisit perilaku dan penumpukan plak dan mengurangi beban beta amiloid.

Khasiat Senyawa Withanolides Pada Buah Ciplukan

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Dietary Supplements menemukan bahwa tanaman ini meningkatkan daya ingat pada orang dengan gangguan kognitif ringan. Ini juga membantu dalam membangun perhatian, kecepatan pemrosesan informasi dan keterampilan mental secara keseluruhan. Tanaman ini juga meningkatkan kadar asetilkolin di otak yang pada gilirannya, meningkatkan memori, fungsi otak, dan kecerdasan. Senyawa ini juga merangsang produksi oksida nitrat dengan mengatur aliran darah dan tekanan sistem arteri. Ini, pada gilirannya, meningkatkan kadar oksigen di otak, meningkatkan kemampuan kognitif Anda.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers

    Follow by Email