Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

13 October 2016

Tips Memulai Usaha Dump Truck Sendiri

Kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara memulai usaha bisnis di bidang transportasi dan khususnya Dump Truck. Kenapa Dump Truck? Soalnya di daerah saya dan mungkin di banyak daerah lagi trend orang membeli dump truck. Jika anda berencana membeli Dump Truck dengan cara mengangsur atau kredit, silahkan baca sedikit gambaran berapa dana yang harus anda keluarkan untuk DP truck dan berapa perkiraan pendapatan anda perbulan dari truck yang anda operasikan. Harap di perhatikan, di sisni saya hanya akan membahas hitungan dasar dan tanpa menyebut merek dan harga truck secara spesifik.


Persiapkan Dana Untuk DP Truck

Uang untuk DP truck Reguler (biasa) minimal 30% dari haga cash. Jika anda memang niat membeli light truck 6 roda harga berkisar Rp 245jt-an. Dari angka itu berarti harus menyiapkan dana kira-kira 85jt untuk DP dan beli bak bak dump kurang lebih Rp 40-an juta. Intinya, siapkan dana kurang lebih Rp 130-an juta untuk DP truck beserta bak. Kecuali jika beruntung ada paket khusus, kita bisa dapetin unit lengkap (chasis plus bak alias tinggal pakai) dan dapat cashback pula.

Ok, dump truck index 5 kubik sudah di tangan. Lho kok index 5 bukannya index 8? Ya, buat permulaan cukup yang kecil dulu, index 5 dengan 6 ban. Dump Truck pun beroperasi untuk mengangkut pasir dan material proyek lainnya seperti batu serta tanah urug.

Sedikit tips, Kita harus rajin cari info peluang untuk job angkutan seluas-luasnya. Kemudian pilih yang tinggi ongkosnya serta minim resiko.


Sebagaimana kita ketahui bersama, kebanyakan truck di negara kita selalu melebihi batas tonase atau overload. Nah, dalam hal ini kita harus cermat memilih order yang ringan, rute pendek, ongkos tinggi serta kondisi jalan baik atau setidak-tidaknya ya gak parah amat.

Berapa pendapatan kita dari usaha Dump Truck? Contoh hitungan kasarnya saya jelaskan dibawah ini:

Contoh Hitungan Kasar Pendapatan Usaha Dump Truck

Misal pendapatan kotor perbulan (24 hari kerja) sebesar Rp 15.120.000,-
Kemudian biaya bahan bakar solar perbulan Rp 3.360.000,-
Upah Sopir perbulan (20%) dari pendapatan kotor, maka komisi sopir Rp 3.024.000,- (Di sini saya menghitung sopir di bayar bulanan dengan sistem bagi hasil)
Uang makan sopir (Rp 25.000/hr) maka sebulan kerja (24 hari) sebesar Rp 600.000,-
Perawatan+pajak+kir dialokasi perbulan Rp 1.700.000,-
Maka pendapatan bersih perbulan cuma Rp 6.436.000

Dari hitungan kasar contoh di atas penghasilan bersih 1 unit truck mencapai 6jt-an. Untuk untung dan ruginya bergantung pada pola pengaturan (managing) usaha kita. Kita bisa untung jika bisa menekan biaya perawatan sekecil mungkin namun tetap mengutamakan kwalitas part (onderdil) pengganti dan sopir mampu memenuhi target bahkan melampaui target.

Harap diperhatikan contoh hitungan diatas jika truck ikut proyek dengan sistem ongkos ritase (ongkos gendong) per 1 rit Rp 90.000. Dalam kondisi normal minimal sehari dapat 7 rit. Nah jika sopir bisa dapet 10 rit tentu pendapatan bersih akan lebih tinggi dari contoh di atas. Kenapa dalam contoh truck di ikutkan proyek? Karena itu yang udah pasti kerja dibanding harus cari muatan sendiri setiap hari.

Kesimpulannya jika angsuran kredit kita 6,5jt itu pas-pasan. Jika angsuran kredit lebih dari 6,5jt agak repot (kadang-kadang nombok angsurannya). Nah jika angsuran kredit kurang dari 6jt maka akan cukup dan bisa sisa.

Suka Duka Usaha Dump Truck

Kita bahas sukanya dulu, jika proyek tempat armada kita kerja berjalan lancar pasti kita akan suka. Lebih senang lagi jika proyek banyak lemburan. Punya sopir yang punya semangat kerja tinggi, loyalitas bagus, memiliki ketelatenan dalam hal pemeriksaan rutin sebelum berangkat kerja dan perawatan setelah selesai kerja, tingkat kehati-hatian yang tinggi, maka pendapatan bersih kita dan sopir tentunya akan lebih banyak. Truck awet tidak cepat rusak dan bisa menekan biaya perawatan.

Sekarang dukanya, sedih jika sepi order terutama jika tidak ikut diproyek atau ikut proyek namun tidak lancar. Lebih sedih lagi bila sopir ugal-ugalan.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Tips Memulai Usaha Dump Truck Sendiri. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Terimakasih saran2 nya,,masih menabung buat usaha angkutan

Terima Kasih

Followers