Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

12 October 2016

System Of A Down, Band Metal Pembela Rakyat

Tiba-tiba malam ini teringat dengan salah satu band metal favoritku sejak 1998 atau hampir 20 tahun lalu yakni System Of A Down atau SOAD. System Of A Down adalah sebuah band rock dari Glendale, California, Amerika Serikat yang beranggotakan Serj Tankian, Shavo Odadjian, Daron Malakian dan John Dolmayan. Keempat anggota band System of a Down merupakan keturunan etnis Armenia. Tankian dan Dolmayan lahir di lebanon. Bahkan harian Kompas pernah menulis artikel tentang band ini dengan judul "Band Keras Anti Kekerasan". Pemikiran Serj Tankian cukup di pengaruhi oleh pengamat politik kiri AS Noam Chomsky. Serj Tankian bersama Tom Morello mantan gitaris Rage Against The Machine mendirikan LSM Politik dengan nama Axis of Justice (nama LSM ini merupakan plesetan sarkastis dari salah satu pidato Presiden AS yang menyebut 3 negara sebagai Axis of Evil).


Lagu-lagu mereka terkenal dengan sentuhan musik Armenia. Selain itu isinya juga berisikan ide, pandangan-pandangan,dan apa yang mereka rasakan. Serj Tankian sebagai anggota yang cukup menonjol, memaparkan ide-ide politiknya dalam lagu-lagu SOAD. Mulai dari kampanye menentang Genosida Armenia oleh pemerintah Turki yang terus mereka usung, hingga masalah sosial-politik seperti konsumerisme, perang, globalisasi, lingkungan, dan kekerasan. Selain itu, mereka menulis lagu tentang perubahan atau transformasi pemikiran mereka.

Itulah System Of A Down, jika kita mau sedikit mengartikan, menyimak, dan memahami arti dari lagu-lagu mereka, sungguh sangat penuh makna, masalah politik, sosial, kemanusiaan, globalisasi, konsumerisme, pembajakan, dan ramah lingkungan sesuai dengan kondisi yang terjadi di dunia.

Sangat terlihat dalam lagu-lagu mereka pengaruh dari si Vokalis yang ternyata memang adalah seorang aktivis yang rajin membela hak-hak warga Armenia yang terpinggirkan. Serj Tankian lah seorang vokalis yang ketika teman- teman se-band nya syuting video klip namun dia malah demo di jalanan. Serj Tankian yang membuat SOAD sangat vocal dan membuat serta membantu manusia menyadari bahwa masalah yang dihadapi masyarakat dunia dewasa ini sangat berpengaruh dan global.

Tidak tampak kecengengan dalam lagu-lagu mereka. Tidak mendamba cinta yang mendayu-dayu seperti band melayu dengan lirik yang kurang bermanfaat serta manja. Yang ada dari System Of A Down adalah pembahasan masalah yang serius dan sangat pintar. Mereka pintar membahasakan lagu mereka dalam bentuk syair.

Album System Of A Down

1. System of a Down (30 Juni 1998)
2. Toxicity (4 September 2001)
3. Steal This Album! (26 November 2002)
4. Mezmerize (17 Mei 2005)
5. Hypnotize (11 September 2005)

Sayang setelah mengeluarkan double album, Mesmerize dan Hypnotize, Band ini menyatakan diri hiatus (berpisah untuk waktu yang tidak ditentukan). Mereka memutuskan untuk melanjutkan hidup dan mejalani proyek masing-masing. Tapi pada tahun 2007 ini tankian berkarier solo.

Pada tanggal 29 November 2010, System of a Down secara resmi mengumumkan bahwa mereka akan bersatu kembali untuk sebuah string besar untuk festival Eropa pada bulan Juni 2011. Festival tersebut antara lain Inggris Download Festival, Swiss Greenfield Festival, Rock am Ring Jerman / Rock im Park, Metaltown Swedia, Austria Nova Rock Festival dan Provinssirock Finlandia. Dalam pernyataan mereka reuni yang diposting pada website mereka http://www.systemofadown.com, berbunyi, "Kami tidak memiliki rencana apapun - kita bermain hanya karena kita ingin bersama lagi sebagai sebuah band untuk Anda, penggemar menakjubkan kami."
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai System Of A Down, Band Metal Pembela Rakyat. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers