Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

13 September 2013

Aman Berkendara

Berita mengenai kecelakaan di jalan raya belakangan ini mendominasi berita-berita di Indonesia. Hal ini sangat memprihatinkan karena sebagian besar penyebab terjadinya kecelakaan tersebut akibat kelalaian pengemudi. Kecelakaan lalu lintas tentu saja membawa dampak kerugian materiil seperti kerusakan mobil dan fasilitas umum, tidak sedikit juga yang merenggut korban jiwa. Tanpa kita sadari, hal-hal kecil yang tampak sepele kadang kala mengakibatkan kecelakaan fatal. Artikel kali ini akan mengangkat kembali tips yang pernah AstraWorld angkat dan kami tambah dari www.enjoythedrive.com.


1. Jangan terburu-buru. Persiapkanlah waktu yang cukup untuk sampai ke tujuan, tanpa Anda harus terburu-buru dan memacu kendaran Anda secara berlebihan. Menyetir dalam keadaan tergesa-gesa dan panik mungkin saja mengakibatkan Anda celaka.

2. Atur posisi duduk. Carilah posisi senyaman mungkin. Jika Anda menyetir dalam keadaan gelisah, kontrol terhadap kemudi dan keadaan sekitar pun bisa berkurang.

3. Hindari menaruh barang-barang yang dapat mengganggu fokus berkendara. Meskipun barang-barang tersebut berupa benda-benda hiasan. Barang-barang tersebut, terutama yang bergerak, dapat menyebabkan Anda menjadi tidak fokus saat menyetir.

4. Jika perlu, atur ulang posisi kaca spion. Atur arah ke berbagai sudut sehingga didapat posisi yang pas dan mengurangi area blind spot. Sehingga anda pun bisa dengan mudah memantau kendaraan lain yang ada di belakang ataupun di samping-kanan kiri mobil Anda.

5. Pastikan setiap barang berada di tempatnya. CD, buku, peta, atau map yang tercecer, terutama di dashboard, sangat mungkin berjatuhan jika mobil mengerem atau berguncang. Akibatnya, Anda akan sibuk membereskan dan mengabaikan kondisi jalan.

6.Tetap perhatikan jalan dan usahakan tidak mengalihkan pandangan. Dengan memperhatikan jalan, Anda akan selalu waspada jika terjadi sesuatu di depan atau di samping kanan-kiri kendaraan Anda.

7. Perhatikan pengemudi lain. Mobil-mobil di sekitar Anda pun bisa menjadi penyebab terjadinya kecelakaan, terutama pengemudi yang mengantuk. Mobil dengan pengendara yang mengantuk memiliki ciri-ciri melaju terlalu dekat di belakang mobil lain, berpindah-pindah lajur, mengerem tanpa sebab, dan mempercepat laju mobil kemudian melambatkannya lagi secara tak tentu. Jika Anda berhadapan dengan pengemudi seperti ini, sebisa mungkin, hindarilah.

*Sumber: AstraWorld
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Aman Berkendara. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers