Pin It

06 November 2023

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 21:20

Satoshi Nakamoto adalah Misteri Terbesar dalam Sejarah Teknologi

Satoshi Nakamoto adalah nama samaran seseorang atau sekelompok orang pencipta Bitcoin yang menghilang pada tahun 2011, dua tahun setelah ia meluncurkan mata uang digital barunya yang kita kenal sebagai Bitcoin ke dunia. Sejarah pun mencatat pada tanggal 3 Januari 2009, Satoshi Nakamoto merilis mata uang digital bitcoin ke dunia dengan memposting "blok genesis", titik awal di mana Bitcoin dapat ditambang melalui blockchain.

Satoshi Nakamoto adalah Misteri Terbesar dalam Sejarah Teknologi
Satoshi Nakamoto adalah misteri terbesar dalam sejarah teknologi

Nakamoto diyakini memiliki lebih dari satu juta Bitcoin dan tidak satu pun koin tersebut pernah ditransfer atau dipindahkan dari dompet digital mereka. Jika nilai Bitcoin terus meroket, yang kemungkinan besar akan terjadi karena jumlah bitcoin yang ada terbatas, Nakamoto pada akhirnya bisa menjadi orang terkaya di dunia. 


Saya sendiri penasaran dan tertarik siapa orang (atau orang-orang) di balik nama tersebut dan apa yang mungkin terjadi pada mereka. Yang membuat saya tertarik karena menurut saya Satoshi Nakamoto adalah "misteri teknologi terbesar sepanjang masa". Meskipun ada beberapa upaya untuk mengungkap siapa Nakamoto, tidak ada yang berhasil. 


Satoshi Nakamoto adalah Misteri Terbesar dalam Sejarah Teknologi


Ya, Satoshi Nakamoto adalah misteri terbesar dalam sejarah teknologi. Tidak ada yang tahu siapa dia. Yang mereka tahu hanyalah dia pencipta bitcoin dan mungkin bisa menjadi orang terkaya di dunia pada tahun-tahun mendatang, tapi dia menghilang begitu saja. 


Nama Satoshi Nakamoto sendiri pertama kali muncul pada tanggal 31 Oktober 2008. Nakamoto mengirim whitepaper sembilan halaman ke sekelompok kriptografer dan menjelaskan sistem "uang elektronik".


Uang elektronik ini memungkinkan orang untuk menukar nilai tanpa perlu bank atau pihak lain. Beberapa bulan kemudian, jaringan Bitcoin ditayangkan, dan Nakamoto mengumpulkan satu juta bitcoin di tahun pertamanya. 


Nakamoto aktif dalam pengembangan Bitcoin selama sekitar dua tahun. Identitas ini kerap menulis di papan pesan dan mengirim email dengan para pengembang lain. 


Pada bulan Desember 2010, Nakamoto, yang diketahui menggunakan dua alamat email dan memiliki satu situs web terdaftar, berhenti memposting secara publik dan menghilang. 


Mei 2011 disebut menjadi momen terakhir Nakamoto berkomunikasi secara privat dengan kontributor Bitcoin lain. Dalam email terakhir dengan Martii Malmi, salah seorang peserta pertama Bitcoin, Satoshi menulis: "Saya beralih ke hal lain dan kemungkinan tidak akan muncul lagi." 


Nama samaran Satoshi Nakamoto sebagai penemu Bitcoin pun tetap menjadi misteri hingga saat ini. 


Film Dokumenter Searching for Satoshi: The Mysterious Disappearance of the Bitcoin Creator 


Kemudian di bulan November 2023 ini rilis sebuah film dokumenter baru menyelidiki siapa Satoshi Nakamoto dan mengapa dia menghilang. Film berjudul Searching for Satoshi: The Mysterious Disappearance of the Bitcoin Creator ini rilis di CBC Docs pada 01 November 2023 9:38 AM. Film dokumenter ini diproduksi oleh Paul Kemp Productions. 


Dalam film tersebut diceritakan ada tanggal 3 Januari 2009, seorang insinyur perangkat lunak dengan nama samaran "Satoshi Nakamoto" meluncurkan penemuan sistem keuangan terbaru di dunia: mata uang kripto yang disebut bitcoin. 


Lebih dari dua tahun setelah bitcoin diperkenalkan, Nakamoto menghilang, dengan lebih dari satu juta bitcoin atas namanya. Kekayaan penemu misteri ini telah mencapai $70 miliar, namun tidak satu pun bitcoin tersebut pernah berpindah tangan atau berpindah dari dompet online Nakamoto. 


Mengapa Nakamoto menghilang? Beberapa orang berspekulasi bahwa dia mungkin telah bunuh diri. Atau mungkin dia ingin mencuci tangan dari proyek bitcoin-nya, menjauh dari semuanya dan mempertahankan anonimitasnya.


Dalam film ini, sutradara dan produser Paul Kemp melakukan perjalanan keliling dunia untuk mengumpulkan data tentang siapa Satoshi Nakamoto dan mengapa dia menghilang. 


Nah, Kesimpulan yang bisa diambil adalah misteri terbesar dalam dunia teknologi saat ini bukanlah bagaimana bitcoin bekerja, namun siapa pencipta bitcoin . Pada tanggal 31 Oktober 2008, seseorang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto menerbitkan whitepaper di milis kriptografi. Peristiwa itu mengubah sejarah uang dan membuat kita semua bertanya-tanya tentang dalang di baliknya. 


Selama bertahun-tahun, banyak jurnalis dan blogger telah mencoba mengungkap siapa Satoshi Nakamoto sang pencipta bitcoinl. Kandidatnya banyak sekali, bahkan ada yang mencalonkan diri sendiri. Namun, belum ada yang memberikan bukti kuat atas klaim mereka.

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers