Pin It

01 November 2023

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 22:21

Manfaat Pupuk MKP untuk Tanaman Buah dan Tanaman Hias

Tulisan sebelumnya kita bahas mengenai perangsang tanaman GA3, nah kali ini membahas pupuk MKP (Mono Kalium Phosphate) untuk tanaman buah. Menurut penjelasan teman saya, mas Heri, pupuk ini mengandung 52 persen fosfat dan 34 persen kalium. Fosfat berfungsi merangsang pembungaan serta kalium menguatkan tanaman dan buah. Pada intinya, pupuk MKP berfungsi merangsang pertumbuhan akar dan pembungaan serta mencegah kerontokan bunga dan buah. Jadi, pupuk MKP sangat baik diaplikasikan pada fase pertumbuhan generatif karena kandungan unsur P dan K sangat berperan dalam pembentukan daun, bunga dan buah. 

Manfaat Pupuk MKP untuk Tanaman Buah dan Tanaman Hias

Mengenal Pupuk MKP 


Apa itu pupuk MKP? Pupuk MKP adalah jenis pupuk majemuk larut air (100% larut) yang dapat digunakan untuk berbagai jenis tanaman baik konvensional maupun metode hidroponik. Pupuk MKP berbentuk kristal yang mudah larut yang dapat diaplikasikan dengan cara disemprotkan, dikocor maupun ditabur. Pupuk MKP memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan jenis pupuk lain karena sifatnya yang mudah larut sehingga mudah dan lebih cepat diserap oleh akar tanaman. 


Manfaat Pupuk MKP untuk Tanaman Buah dan Tanaman Hias 


Pupuk MKP memberikan manfaat yang banyak bagi tanaman, beberapa diantaranya adalah :


1. Dapat meningkatkan pertumbuhan serta perkembangan secara cepat.


Pupuk MKP merupakan salah satu jenis pupuk untuk mempercepat pertumbuhan akar. Penggunaan pupuk ini dapat merangsang akar untuk bertumbuh dengan cepat dan menilai sistem akar dari tanaman, sehingga tanaman memiliki akar yang kokoh dan sehat. 


2. Mempercepat proses pertumbuhan bunga.


Manfaat ini dapat dirasakan untuk bunga hias atau tanaman lainnya yang memiliki bunga. Bunga akan lebih cepat tumbuh dan mekar bila menggunakan pupuk MKP. 


3. Merangsang pembentukan serta pertumbuhan buah yang sehat.


Kualitas buah yang baik dan cepat adalah harapan dari semua petani. Pupuk MKP dapat meningkatkan proses pembuahan pada tanaman secara cepat. Selain itu, buah dengan pupuk ini memiliki masa simpan yang lebih lama, lebih segar, jarang busuk, dan berkualitas yang baik. 


4. Mencegah kerontokan buah dan bunga pada tanaman.


Buah atau bunga yang rontok adalah salah satu masalah bagi petani yang sering menyebabkan gagal panen atau tanaman rusak. Hal ini biasanya terjadi saat curah hujan yang tinggi atau musim kemarau yang berkepanjangan. Pupuk MKP dapat mencegah hal ini karena dapat memperkuat tangkai buah atau bunga sehingga mencegah buah atau bunga yang rontok dari tangkai. 


5. Membantu pembesaran umbi pada tanaman umbi seperti kentang, bawang merah, talas, dan lainnya. 


Pada umumnya, umbi yang baik adalah umbi yang memiliki ukuran besar dan padat. Pupuk MKP sangat baik digunakan untuk umbi-umbian seperti kentang dan bawang merah. Pupuk ini dapat mencegah kerusakan umbi dan memberikan hasil umbi yang segar serta padat.


6. Membentuk daya tahan tanaman


Pupuk MKP dapat membentuk antibodi pada tanaman sehingga tanaman dapat melawan berbagai penyakit yang menyerangnya. Hal ini meningkatkan daya tahan tanaman dari berbagai hama serta penyakit yang menyerangnya. 

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers