Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

06 June 2018

Rute Mudik Jalur Pansela Jawa Tengah Dari Peta Kemen PUPR

Memasuki musim mudik lebaran 2018, saya akan berbagi rute mudik via Pansela berdasarkan peta dari Kemen PUPR. Seperti kita ketahui bersama, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR) menyarankan para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi untuk lebih memilih Jalur Pantai Selatan (Pansela) ketimbang menggunakan Jalan Tol atau Jalur Pantai Utara (Pantura). Untuk foto dalam artikel ini saya ambil di jl Diponegoro Ambal, Kebumen. Jl Diponegoro ini terletak 500 meter di selatan jl Daendels.

Rute Mudik Jalur Pansela Jawa Tengah Dari Peta Kemen PUPR


Rute Mudik Jalur Pansela Jawa Tengah Dari Peta Kemen PUPR

Nah, untuk rute jalur pantai Selatan di provinsi Jawa Tengah bisa kita mulai dari Patimuan Cilacap – Sidareja –Kawunganten – Jeruk Legi – Gumilir – Karang Kandri - Selarang – Penggalang Adipala – Jalan Ahmad Yani - Srandil – Jetis Nusawungu.

Kemudian masuk kabupaten Kebumen, mulai dari perbatasan kabupaten Cilacap Kebumen- Ayah Karangbolong - Pantai Logending Kebumen - Ayah (Karangbolong) - Petanahan - Klirong - masuk Jl Diponegoro - Buluspesantren - Ambal - Mirit. Di Mirit jalur Pansela yang menggunakan ruas jl Diponegoro akan bertemu jl Daendels. Nah, saat memasuki Ayah, kita disuguhi deretan pantai cantik dan salah satunya pantai Menganti.

Rute Mudik Jalur Pansela Jawa Tengah Dari Peta Kemen PUPR

Untuk ruas Pansela Kebumen yang menggunakan jl Diponegoro saat ini kondisinya beraspal mulus dan di dominsasi trek lurus panjang. Kiri kanan jalan masih berupa gunungan pasir laut selatan dan lahan pertanian rakyat.

Rute Mudik Jalur Pansela Jawa Tengah Dari Peta Kemen PUPR

Namun apabila anda enggan melalui jl Diponegoro maka anda bisa memilih Jl Daendels. Di Klirong anda bisa ambil lurus untuk tetap berada di jl Daendels - Buluspesantren - Ambal - Mirit - Grabag - Ketawang - Purwodadi - Jogoresan - Congot dan berlanjut ke Jalur Provinsi DIY.

Nah, itulah Rute Mudik Jalur Pansela Jawa Tengah Dari Peta Kemen PUPR. Semoga artikel ini bisa membantu para pemudik dan menamah wawasan kita semua.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Rute Mudik Jalur Pansela Jawa Tengah Dari Peta Kemen PUPR. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers