Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

07 June 2018

Manfaat MSG Atau Micin Untuk Pupuk Tanaman Hias Dan Bonsai

Malam ini saya akan berbagi tips mengenai tanaman hias dan bonsai menggunakan micin. Khususnya manfaat micin atau MSG (Monosodium Glutamate) untuk pupuk tanaman hias. MSG merupakan asam glutamat, salah satu asam amino esensial yang banyak terdapat di alam. MSG juga mengandung natrium (NA) yang merupakan salah satu unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Peran NA pada tanaman adalah membantu dalam pembukaan stomata sehingga tanaman bisa lebih subur. Jadi dengan micin kita bisa mempercepat munculnya bunga pada tanaman hias kesayangan kita.

Manfaat MSG Atau Micin Untuk Pupuk Tanaman Hias Dan Bonsai

Pada umumnya vetsin atau micin ini berwarna putih dan berbentuk kristal yang mudah larut. Nah, micin atau MSG sebenernya sejenis garam yang mengandung natrium yang bisa kita manfaatkan untuk pupuk tanaman hias dan bonsai. Berikut manfaat micin untuk tanaman hias atau bonsai:

1. Micin Untuk Pupuk Tanaman Hias

Micin ini bisa membantu menyuburkan tanaman tanaman hias kita. Kandungan natrium dalam bumbu ini mempengaruhi tingkat kesuburan tanaman. Caranya dengan melarutkan micin kedalam air dan menyiramkan pada tanaman secara teratur. Hasilnya akan terlihat dengan daun yang lebih hijau, daun yang tumbuh lebih lebat dan tanaman menjadi lebih sehat. Natrium yang terkandung juga membuat proses pertumbuhan tanaman menjadi lebih cepat sehingga batang tanaman menjadi cepat besar.

2. Micin Penuhi Kebutuhan Nutrisi Tanaman Hias

Tanaman juga memerlukan nutrisi untuk dapat hidup. Nutrisi pada tanaman biasanya didapatkan dari pupuk yang kita berikan atau zat hara yang terkandung dalam tanah. Caranya adalah dengan menyemprotkan larutan MSG atau micin ke tanaman sebagai pupuk untuk memenuhi nutrisi tanaman.

3. Micin Meningkatkan Kadar Air

Natrium dalam micin mampu mencegah terjadinya resistensi air atau mencegah tanaman kekurangan air terutama saat musim kemarau. MSG membantu mengoptimalkan kerja tanaman dalam penyerapan air saat musim kering. Dengan adanya air maka nutrisi yang diperlukan tanaman bisa diserap maksimal yang akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman menjadi lebih subur.

4. Micin Sebagai Pupuk Ramah Lingkungan

MSG bisa digunakan sebagai alternatif pupuk yang ramah lingkungan. Tanaman yang rutin disiram dengan MSG memiliki tingkat kesuburan dan pertumbuhan yang lebih baik pada minggu ketiga dan minggu keempat dibanding tanaman yang menggunakan pupuk kimia biasa. Hal ini karena micin memiliki senyawa C, H, O, N dan Na yang merupakan senyawa yang diperlukan sebagai nutrisi perkembangan tanaman.


Kandungan N atau nitrogen memiliki manfaat untuk merangsang pertumbuhan bgaian tanaman, seperti batang, cabang dan daun. Juga membantu dalam proses pembentukan protein dan lemak yang dibutuhkan tanaman dalam proses pertumbuhan.

Lalu, berapa takaran yang pas bila micin akan digunakan sebagai pupuk tanaman hias? Jika anda akan menggunakan vetsin sebagai pupuk tanaman hias kita bisa menggunakan takaran 5 sendok untuk 1 liter air. Tetapi banyak juga yang menggunakan 1 liter dengan cukup 1 sendok. Hasilnya bisa dilihat 2-3 hari kedepan. Atau bisa juga langsung ditaburkan disekiling tanaman.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Manfaat MSG Atau Micin Untuk Pupuk Tanaman Hias Dan Bonsai. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers