Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

22 June 2018

Kejadian Langka, Radiator Bus Mercedes Benz OH1626 Jebol Akibat Tendangan Balik Kompresor Dan Ini Penjelasannya

Malam ini saya akan membahas kasus jebolnya radiator bus Mercedes Benz OH 1626 karena mampetnya sirkulasi angin. Kejadian ini terjadi di ruas tol Cipali pada arus balik lebaran 2018. Jebolnya radiator bus karena tekanan balik dari kompresor memang kejadian langka dan jarang terjadi juga susah dimengerti umum. Banyak pertanyaan bermunculan, diantaranya cairan pendingan radiator kan disirkulasi oleh pompa air, ini kok ini kok melibatkan kompresor? Memang, Secara umum tekanan balik karena saluran output radiator tersumbat oleh kotoran. Radiator kan prinsipnya sama seperti evaporator yang rentan debu dan kotoran yang dapat terakumulasi hingga membentuk gumpalan dan menyumbat saluran output radiator, tapi kasus ini bukan itu penyebabnya, melainkan tendangan balik dari kompresor angin. Sebelum radiator jebol pun tidak ada gejala menurigakan dari radiator, suhu pun normal dan air tidak kosong dan radiator tidak bocor. Lalu, bagaimana itu bisa terjadi? Begini penjelasan singkatnya.

Kejadian Langka, Radiator Bus Mercedes Benz OH1626 Jebol Akibat Tendangan Balik Kompresor Dan Ini Penjelasannya

Bus Mercedes Benz kan menggunakan rem Full Air Brake, karena itu membutuhkan kompresor untukmenghasilkan angin bertekanan. Nah kompresor juga butuh cairan pendingin dari radiator. Kemudian kejadian ini berawal dari mampetnya sirkulasi angin bus tersebut. Lalu bagian mana yang mampet? Biasanya sih diantara filter air dryer dan jalur angin. Kebetulan pada bus ini mampet pada pipa cacing yang fotonya bisa di lihat di bawah ini. Nah, dari slang cacing buntet tersebut terjadi tendangan balik yang menjebol radiator.

Kejadian Langka, Radiator Bus Mercedes Benz OH1626 Jebol Akibat Tendangan Balik Kompresor Dan Ini Penjelasannya

Kejadian ini berawal dari pipa angin pada pipa cacing tersebut mampet. Karena mampet angin jadi tertahan dan akhirnya terjadi tendangan balik. Tendangan balik ini menyebabkan silinder cop kompresor tidak kuat menahan, kemudian angin menekan air pendingin kompresor kembali lagi ke radiator dengan tekanan sangat tinggi. Akibat tekanan yang sangat kuat ini yang menyebabkan radiator jebol atau meledaknya radiator.Sebenarnya, kalau tendangan balik dari kompresor patut dicurigai packing silinder kop kompresor bocor sehingga kemasukan udara yg disemburkan kompresor.

Nah, itulah penjelasan singkat dari saya mengenai penyebab jebolnya radiator akibat tendangan balik dari kompresor. Mohon maaf apabila ada kekeliruan dan mohon kiranya untuk dikoreksi serta berkenan memberi tambahan.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Kejadian Langka, Radiator Bus Mercedes Benz OH1626 Jebol Akibat Tendangan Balik Kompresor Dan Ini Penjelasannya. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers