Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

14 December 2014

Koleksi Foto Jembatan Sungai Luk Ulo Kebumen dan Sedikit Cerita Sejarah Sungai Terbesar Di Kebumen

Lembah Lukulo di sebelah barat Pasar Hewan lama ini ternyata mempunyai nilai sejarah tinggi karena sebelum 1945  jembatan pada foto gambar ini adalah jalur rakit untuk menghubungkan dukuh Penambangan, desa Kedawung dengan Tamanwinangun, kecamatan Kebumen, kalau ditarik garis perdagangan pada jaman Belanda. Jalur ini menghubungkan jalur Simpanglima Kebulusan melalui jalur dpan SMPN Pejagoan ke kota pasar hewan lama Tamanwinangun yang kini pindah di pasar hewan Wonosari. Tak hanya itu tempat ini merupakan tempat pembunuhan ratusan manusia hampir setiap hari. Cerita Mbah Masitu 60 tahun Warga Kedawung dahulu pada jaman Belanda, tempat ini menjadi lokasi pembunuhan massal pribumi yang ‘melawan’ Belanda.  Setelah jembatan Penambangan ini ambruk gethek (rakit/perahu dari bambu) menjadi alat transportasi yang menghubungkan Tamanwinangun dengan Kedawung.


Masih menurut Mbah Masitu di Lembah sungai Lukulo inilah ratusan orang Indonesia dibunuh. Mereka dibunuh dengan cara digantung, maupun dengan tembakan oleh tentara penjajah Belanda. Banyaknya orang yang mati sampai air sungai berwarna merah karena darah. “Pembunuhan massal hampir setiap hari” Tutur Masitu saat bercerita.

Dan ini foto foto jembatan sungai Luk Ulo mulai dari jaman penjajahan Belanda sampai sekarang.

Jembatan Luk Ulo jaman Belanda


Jembatan Kereta Api Sungai Luk Ulo Kebumen

Kaki Kaki Jembatan Kereta Api Sungai Luk Ulo



Pada masa penjajahan, kehidupan warga sangat sulit, ia masih teringat betul kesulitan itu.”Pernah makan nasi bulger (campuran dedak dengan beras) dan baju yang terbuat dari karung goni, yang penuh dengan kutu, nasi dan kain goni itu  pemberian penjajah, Belanda dan diteruskan pada masa Jepang”  Kenang Masitu yang juga mantan penjaga gudang minyak jalan pemuda sabelum Gestok tahun 1965.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Koleksi Foto Jembatan Sungai Luk Ulo Kebumen dan Sedikit Cerita Sejarah Sungai Terbesar Di Kebumen. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers