Pin It

08 Juli 2022

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 13:25

Pohon Seribu Bintang, Idola Baru Penggemar Bonsai

Hari ini saya akan kembali membahas bonsai dan pembahasan kali ini mengenai pohon Seribu Bintang (Serbin) yang lagi banyak dibahas di grup Facebook Bonsai Indonesia. Tanaman Seribu Bintang atau biasa disebut Mawar Salju dengan nama ilmiah Serissa japonica. Pohon Seribu Bintang dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan Snow Rose dan Japanese Boxthorn adalah tanaman berbunga yang tumbuh liar di kebun-kebun. Seribu Bintang masuk dalam keluarga Rubiaceae asli Asia Tenggara.Sebelumnya pohon ini bernama Serissa foetida namun kini diganti menjadi Serissa japonica. Nama 'Foetida' mengacu pada bau yang tidak enak, yang dikeluarkan jika pohon atau daunnya dilukai. 


Pohon Seribu Bintang saat ini jadi idola penggemar bonsai karena cukup mudah dirawat.
Pohon Seribu Bintang saat ini jadi idola penggemar bonsai karena cukup mudah dirawat.

Pohon Seribu Bintang memiliki ciri berdaun kecil dan rajin berbunga. daun Seribu Bintang juga ada yang biasa, micro dan varigata. Sedangkan bunga Seribu Bintang berukuran kecil berbentuk terompet berwarna putih. Tapi ada juga yang berwarna kuning dan juga berwarna keunguan. Ada yang berjenis bunga menumpuk. 


Pohon Seribu Bintang saat ini jadi idola penggemar bonsai karena cukup mudah dirawat.
Pohon Seribu Bintang

Seribu Bintang Idola Penggemar Bonsai


Pohon Seribu Bintang saat ini jadi idola penggemar bonsai karena cukup mudah dirawat. Namun sebenarnya pohon Seribu Bintang sangat manja karena mudah layu dan mati. Penggemar bonsai pemula yang berniat membentuk pohon ini justru akan menghancurkan pohon jika tidak tahu informasi mendalam tentang latar belakang pohon ini. Pohon seribu bintang dapat merespons perlakuan manusia kepadanya dengan tanda-tanda menggugurkan daun jika terlalu banyak air, kurang air, atau suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas, dan ia juga akan layu bahkan mati apabila di pindah dari alam liar ke lokasi baru. Namun jangan takut, pohon seribu bintang akan sehat kembali ketika ditanam pada tanah dan tempat yang cocok. 


Keunggulan Bonsai Seribu Bintang


Kelebihan atau bonsai Seribu Bintang ada pada bentuk akar dan bentuk batang yang unik. Struktur kulit batang juga terlihat tua, jadi kelihatan menarik. Bonsai seribu bintang juga cepat sekali tumbuh tunas baru. Hanya dalam hitungan beberapa hari saja, bonsai seribu bintang sudah tumbuh tunas di batangnya. 

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

    Terima Kasih

    Pengikut