Pin It

25 Juli 2022

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 10:44

Cara Membuat Pupuk Organik Menggunakan Nasi Sisa

Selama ini nasi sisa hanya dibuang saja, padahal nasi sisa bisa dibuat pupuk agar tanaman subur dan berbuah lebat. Memanfaatkan nasi sisa untuk membuat pupuk sudah sering saya aplikasikan dan hasilnya cukup bagus. Penasaran kan bagaimana cara membuat pupuk dari nasi sisa. Nah, begini caranya...


Cara Membuat Pupuk Organik Menggunakan Nasi Sisa
Cara membuat pupuk organik menggunakan nasi sisa

Kamu senang berkebun? Tapi tanaman tidak tumbuh subur dan berbuah maksimal? Wah, itu artinya kamu harus tau solusi yang satu ini. Cara ini terbukti bisa menyuburkan pertumbuhan tanaman dan saya telah membuktikan sendiri. Caranya juga mudah karena menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan di rumah seperti nasi sisa. Cara membuat pupuk dari sisa nasi ini biasanya disebut MOL atau Mikroorganisme Lokal. Mol ini digunakan untuk menyuburkan media tanam. Yuk simak cara pembuatannya, sederhana kok…. 


Cara Membuat Pupuk dari Nasi Sisa 


1. Siapkan nasi sisa terlebih dahulu. Masukkan nasi tersebut ke wadah, bisa baskom. Kemudian simpan nasi tersebut ditempat yang teduh tidak terkena cahaya matahari juga tidak terkena hujan. Tidak perlu ditutup ya baskomnya. Diamkan hingga muncul banyak jamur berwarna oranye.


2. Cara ini seperti kita mengembangbiakkan mikroorganisme. Nantinya ini bermanfaat untuk menyuburkan tanaman. Nah, sesudah muncul banyak jamur berwarna oranye, tambahkan larutan 1 liter air yang dicampur dengan 5 sendok makan gula pasir. Aduk-aduk hingga tercampur rata. 


3. Setelah itu, diamkan ramuan nasi, air dan gula pasir tersebut minimal selama seminggu. Tanda ramuan ini siap dipakai yaitu sudah tercium aroma fermentasi seperti aroma tapai.


4. Pupuk sudah jadi dan siap digunakan. Boleh disaring, boleh juga tidak ya. Kemudian untuk takaran saat menggunakan 1:20 dengan air. Jadi untuk 1 liter larutan nasi tersebut dicampur dengan 20 liter air biasa.


5. Siramkan pupuk tersebut secukupnya pada media tanam, jangan ke daunnya ya.


6. Lakukan penyiraman ini sebanyak 2 kali seminggu.


Gimana, mudah kan? Dan okenya ramuan MOL itu bisa diperbanyak alias mikroorganisme yang terkandung bisa kita kembangbiakkan lho. Kan lumayan untuk stok. 


Cara Memperbanyak Mikroorganisme Lokal (MOL)


Cara memperbanyak MOL dengan menggunakan botol bekas ukuran 1 liter. Kemudian isi botol tersebut dengan air MOL nasi yang belum dicampur air dengan perbandingan 1:20 tadi. Isi botol cukup setengahnya saja. Lalu tambahkan 5 sendok makan gula pasir, dan penuhi botol dengan air biasa. Simpan selama seminggu, maka mikroorganisme akan berkembangbiak dan ramuan MOL bisa digunakan lagi.


Demikian cara membuat pupuk penyubur tanaman dari nasi sisa agar tanaman tumbuh subur berdaun lebat dan pastinya berbuah banyak. 

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

    Terima Kasih

    Pengikut