Pin It

11 Juni 2022

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 08:59

Apa Itu MUX dan DVB-T2 TV Digital

Setiap kita membuka aplikasi Sinyal TV Digital di hp android, kita pasti mendapati MUX. Nah, banyak yang gak paham apa itu MUX kan? Di sini saya akan bahas apa itu MUX. Menurut situs Siaran Digital Kominfo, dalam proses migrasi ke TV Digital ini, salah satu infrastruktur penting adalah perangkat multipleksing (MUX). MUX kunci penting karena mengelola sistem siaran secara efisien. Satu kanal frekuensi bisa digunakan bersama-sama. Hal itu tidak mungkin terjadi di sistem analog yang satu kanal hanya untuk satu siaran saja.  

Apa Itu MUX dan DVB-T2 TV Digital
MUX list layanan siaran TV Digital wilayah Jawa Tengah - 8

Jadi, Multipleks atau mux adalah pengelompokkan layanan siaran dalam bentuk paket data yang disisipkan untuk disiarkan melalui jaringan atau media multipleks yang termodulasi atau secara sederhananya pemancar yang mempunyai kelompok layanan saluran televisi tertentu. Umumnya, multipleks televisi digital terestrial (mux) memiliki pita lebar sebesar 8 MHz (terkadang 6 atau 7 MHz). 


Dengan satu multipleksing (MUX) dalam migrasi TV digital, dapat disiarkan hingga duabelas program siaran secara bersamaan dengan kualitas program siaran standard definition menggunakan perangkat DVB-T2. Artinya spektrum yang ada bisa lebih berdaya guna dan lebih efisien digunakan, sementara di era analog hanya satu menara satu channel saja. Jadi, setiap Lembaga Penyiaran membangun dan mengelola sendiri menara siaran untuk menyalurkan isi siarannya, di era digital, antar lembaga penyiaran bisa berbagi infrastruktur (infrastructure sharing). 


Apa itu DVB-T2? 


DVB-T2 adalah Digital Video Broadcasting - Second Generation Terrestrial (DVB-T2). DVB-T2 adalah sistem transmisi terestrial digital yang dikembangkan oleh proyek DVB. Ini menjadi standar transmisi siaran terbaru untuk TV digital. Standar ini sendiri dikeluarkan oleh konsorsium DVB dan distandarisasi oleh European Telecommunication Standardization Institute (ETSI). 


Sistem ini mentransmisikan audio digital terkompresi, video, dan data lainnya dalam "pipa lapisan fisik" (PLPs), menggunakan modulasi OFDM dengan pengkodean saluran yang digabungkan dan interleaving. Kecepatan bit yang ditawarkan lebih tinggi, sehubungan dengan pendahulunya DVB-T, menjadikannya sistem yang cocok untuk membawa sinyal HDTV pada saluran TV terestrial. 


Dengan DVB-T2, kita dapat menikmati saluran TV digital dengan kualitas HD secara gratis. Jumlah saluran digital yang ditangkap akan tergantung sepenuhnya pada apakah sinyal antena kuat atau tidak.


Apa Itu MUX dan DVB-T2 TV Digital
DVB-T2 HD Digital TV

Saat ini banyak televisi yang sudah terintegrasi dengan DVB-T2, sehingga bisa langsung menikmati siaran TV Digital. Tapi jika perangkat televisi belum support DVB-T2, tenang saja karena bisa memasang STB yang banyak dijual toko maupun online shop. 


Apakah TV Digital Harus Pasang Antena? 


Banyak yang bertanya, apakah TV Digital harus memasang antena? Jawabannya adalah iya. Seperti TV analog, kita pun harus memasang antena untuk menerima sinyal siaran TV digital. Namun, pemasangan dan penggunaan antena untuk DVB-T2 ini sangat sederhana dibandingkan TV analog. Kita dapat memasang antena indoor pada perangkat yang mendukung DVB-T2. Namun menurut pengalaman pribadi, jika kita menggunakan antena luar UHF, jumlah saluran digital yang diterima bisa lebih banyak. 


Siaran TV Digital di Kebumen


Meskipun Kabupaten Kebumen masuk daerah layanan Jawa Tengah – 8, sama seperti Kabupaten Purworejo, Banjarnegara dan Wonosobo yang akan ASO (Analog Switch Off/Penghentian siaran TV Analog) pada tanggal 2 November 2022 namun kita sudah bisa menikmati layanan TV Digital. Kita yang tinggal di wilayah Kebumen bisa menikmati layanan TV Digital dari Banyumas yang ASO 30 April 2022 dan Yogyakarta yang ASO pada 25 Agustus 2022.

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

    Terima Kasih

    Pengikut