Pin It

11 Juni 2022

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 10:14

Manfaat Rumput Paragis untuk Kesehatan

Pernah lihat rumput Paragis? Itu lho rumput yang tumbuh liar di kebun kita, berukuran cukup besar dan susah banget dicabut. Saking susahnya dicabut, aku menjuluki gulma ini sebagai rumput setan, Gulma level atas dan susah matinya. Resistan dengan berbagai Herbisida, dicangkul juga tumbuh lagi. Ternyata, rumput Paragis ini bermanfaat untuk kesehatan kita, bahkan bisa obati kanker.  

Manfaat Rumput Paragis untuk Kesehatan
Rumput Paragis

Manfaat Rumput Paragis Untuk Kesehatan


Paragis banyak digunakan di Afrika sebagai obat alternatif untuk berbagai jenis penyakit. Orang Aeta dari Porac, Pampanga jugs menggunakan daun Paragis kering yang dibakar sebagai pengusir serangga. Daun Paragis mengandung silikon monoksida, kalsium oksida, dan klorin. Daun kering mengandung protein. Khasiat daun Paragis berdasarkan penelitian Adel S. Al-Zubairi dkk berjudul “Eleucine indica Possesses Antioxidant, Antibacterial and Cytotoxic Properties" yang dipublikasikan di Evid Based Complement Alternat Med pada Juni 2011, menemukan bahwa rumput paragis memiliki properti antioksidan. Pada latar belakang penelitian, disebutkan pula bahwa rumput paragis, terutama akarnya, bermanfaat sebagai obat diuretik (obat untuk membuang kelebihan garam dan air dari dalam tubuh melalui urine), detoksifikasi, penurun demam, dan karenanya digunakan untuk mengobati influenza, hipertensi, dan oliguria (produksi urin sedikit). 


Penelitian itu juga mencatat bahwa rumput paragis juga dimanfaatkan sebagai obat tradisional di Vietnam, dan juga digunakan untuk mengobati masalah ginjal di Trinidad dan Tobago. Biji paragis digunakan sebagai makanan dan mengobati keluhan hati. Penelitian Adel juga menyebutkan bahwa rumput paragis, seperti kebanyakan produk herbal, memiliki kegunaan tradisional yang kini diteliti untuk pengobatan medis. 


Selanjutnya, penelitian John Sylvester dkk berjudul “Evaluation of Anticancer Potential of Eleusine indica Methanolic Leaf Extract through Ras- and Wnt-related Pathways Using Transgenic Caenorhabditis elegans Strains" yang diterbitkan oleh Journal of Pharmaceutical Negative Results menyebutkan bahwa walaupun ada potensi anti-kanker dari tanaman ini, namun tidak ada dampak dari tanaman ini terhadap mutasi gen dari jalur sinyal yang berhubungan dengan kanker, yakni Wnt dan Ras. 


Namun, meski beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak tanaman ini memiliki fungsi membunuh sel-sel kanker (cytotoxic) dan anti radikal bebas, hal ini masih belum cukup dan masih perlu penelitian ilmiah lainnya untuk mendukung klaim ini. 


Kemudian, melansir lembaga pemeriksa fakta Turnbackhoax, Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional dari Kementerian Kesehatan RI, Ina Rosalina Dadan, juga menyatakan bahwa hingga saat ini tidak ada obat herbal yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah. Ini termasuk uji praklinik (pada hewan percobaan), uji klinik (pada manusia), serta uji bahan baku sehingga menjadi produk yang terstandarisasi. Menurutnya, obat herbal hanya dapat meringankan efek samping dari kemoterapi, meningkatkan kualitas hidup pasien kanker, dan membantu revitalisasi tubuh.


Bagian Paragis yang Dapat Digunakan Sebagai Obat


Daun Paragis


Rebusan daun Paragis atau membuat Teh Paragis akan meringankan beberapa rasa sakit dan penyakit. Rebus batang dengan daun untuk mencapai hasil yang lebih efektif


 Akar Paragis 


Minum akar rebus juga bisa menyembuhkan beberapa penyakit. 


Manfaat Rumput Paragis untuk Kesehatan
Rumput Paragis

Kondisi Kesehatan yang Dapat Disembuhkan oleh Paragis


Masalah Ginjal 


Paragis adalah diuretik alami yang meningkatkan jumlah air dalam tubuh kita dan mengeluarkan garam sebagai urin.


Radang sendi 


Panaskan daun yang ditumbuk dicampur dengan kelapa parut.  perban di area sakit. 


Diabetes 


Minum teh Paragis secara teratur sehingga kadar gula darah bisa terkontrol


Luka 


Oleskan rebusan pada luka untuk menghentikan pendarahan.


Parasitisme 


Paragis adalah pencahar kuat yang dapat mengeluarkan cacing dan parasit dari perut. 


Infeksi saluran kemih 


Anda dapat berhenti minum antibiotik dan mulai minum daun rebus untuk segera menyembuhkan ISK


Hipertensi 


Turunkan risiko tekanan darah tinggi dengan meminum rebusan daun dan batang Paragis. 


Demam 


Anda tidak akan memerlukan obat apa pun untuk menurunkan suhu tubuh. Minum saja rebusan akar Paragis untuk hasil yang lebih cepat dan efektif.


Keseleo (Pilay) 


Untuk mendapatkan bantuan instan dari keseleo, tempelkan beberapa daun cincang di area yang terkena. 


Ketombe 


Mengurangi munculnya ketombe.  Campur daun dan batang cincang dengan minyak kelapa. Gunakan sebagai sampo dan pijat lembut di kulit kepala Anda. Ramuan Paragis tersebut juga dapat menghentikan rambut rontok dan membantu rambut Anda tumbuh kembali ke ketebalan aslinya. 


Disentri 


Ini adalah jenis gastroenteritis yang menyebabkan diare dengan darah.  Minum rebusan akar Paragis untuk meredakan kondisi yang mengkhawatirkan ini. 


Nah, itulah manfaat rumput Paragis buat kesehatan. Sebelum menutup artikel ini, perlu saya sampaikan sekali lagi, rumput paragis memang memiliki banyak manfaat kesehatan sebagai antioksidan alami dan zat anti bakteri. Namun, masih perlu penelitian lanjutan dan uji klinis untuk menggunakan tanaman ini sebagai pembunuh sel-sel kanker. 

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

    Terima Kasih

    Pengikut