Truck GM Surus Berbahan Bakar Hidrogen Truck GM Surus Berbahan Bakar Hidrogen
Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

07 June 2019

Truck GM Surus Berbahan Bakar Hidrogen

Loading...
Masih dalam suasana lebaran 2019 ini, blog widodogroho.com akan mengulas truck SURUS dari General Motor (GM). General Motors (GM) sendiri sebenernya telah memamerkan SURUS (Silent Utility Rover Universal Superstructure) di Association of the United States Army (AUSA) dari 9-11 Oktober 2017 atau 2 tahun lalu.

Truck GM Surus Berbahan Bakar Hidrogen

Truck SURUS ini berbahan bakar hidrogen dengan memanfaatkan sistem sel bahan bakar Hydrotec terbaru dari GM. Truck SURUS ini memiliki kemampuan bergerak otonomi dengan performa tinggi, tanpa emisi serta mengurangi paparan bahaya manusia. SURUS merupakan salah satu jawaban GM atas tantangan-tantangan terberat transportasi yang disebabkan oleh bencana alam, lingkungan logistik yang kompleks serta konflik dunia.

SURUS memanfaatkan sistem sel bahan bakar Hydrotec terbaru dari GM, kemampuan bergerak otonomi dan komponen-komponen chassis truk guna  memberikan performa tinggi, bergerak tanpa emisi, meminimalkan beban logistik dan mengurangi paparan bahaya manusia. Karena berbahan bakar hidrogen, maka truck SURUS tidak berisik dan tidak mengeluarkan emisi.

Meski begitu truck SURUS memiliki mobilitas off-road tinggi, torsi tinggi diraih sangat cepat, listrik dari pembangkit pun waktu pengisiannya cepat. Kendaraan yang didesain untuk kepentingan militer ini dibekali baterai Lithium-ion, 4-wheel steering, sistem penyimpanan hidrogen yang bisa membuat kendaraan bergerak hingga 400 mil (hampir 650 km), suspensi canggih, dan lain-lain. GM SURUS pada dasarnya adalah platform dengan roda yang dapat digunakan untuk berbagai tugas, dan dapat diperlengkapi untuk pengemudian otonom.

Sel bahan bakar, motor listrik, tangki penyimpanan hidrogen, dan baterai semuanya dipasang di bawah lantai kargo karena SURUS menawarkan lebih banyak fleksibilitas daripada truk diesel konvensional. GM juga mengklaim dapat mengeluarkan listrik untuk menyediakan daya dalam situasi darurat, dan bahkan membuat air minum. Ya, sudah kita ketahui bersama, air adalah satu-satunya "emisi" dari powertrain sel bahan bakar hidrogen.

Truck GM Surus Berbahan Bakar Hidrogen

Truck GM Surus Berbahan Bakar Hidrogen

Truck GM Surus Berbahan Bakar Hidrogen

Platform SURUS dirancang dari pengalaman GM dalam teknologi sel bahan bakar, baterai bertegangan tinggi dan sistem penggerak listrik, pengendaraan mandiri dan manufaktur kendaraan. Platform SURUS pun menawarkan

Truck GM Surus Berbahan Bakar Hidrogen

Truck GM Surus Berbahan Bakar Hidrogen

- Dua unit penggerak listrik canggih
- Kemudi empat roda
- Sistem baterai lithium-ion
- Sistem sel bahan bakar Gen 2
- Sistem penyimpanan hidrogen mampu menjangkau lebih dari 400 mil
- Elektronik daya penggerak canggih
- Komponen sasis truk GM
- Penangguhan canggih dan terkemuka di industri

Teknologi Hydrotec

Platform komersial SURUS mengacu pada lebih dari 50 tahun penelitian dan pengembangan teknologi sel bahan bakar GM. Teknologi yang scalable dan mudah beradaptasi memungkinkan aplikasi darat, laut, dan udara melintasi lingkungan komersial dan militer.

Truck GM Surus Berbahan Bakar Hidrogen

Sejak April 2017, Angkatan Darat telah menguji truck Chevrolet Colorado ZH 2 di pangkalan AS untuk menentukan kelayakan kendaraan bertenaga hidrogen di lingkungan taktis misi militer. Kendaraan telah beroperasi dalam kondisi off-road untuk mengevaluasi pembangkit listriknya, mengurangi bau, tanda tangan akustik dan termal, torsi roda tinggi, jangkauan operasi yang diperluas dan potensi untuk menggunakan air produk samping.

Pengujian militer menunjukkan ZH 2 mengurangi jarak non-deteksi akustik hingga 90 persen dibandingkan dengan kendaraan militer saat ini yang beroperasi. Mereka juga mengamati potensi keuntungan untuk pembangkit listrik stasioner dibandingkan generator diesel, termasuk pengurangan yang signifikan dalam kebisingan saat menganggur dan penggunaan bahan bakar.

Kemitraan tetap menjadi bagian penting dari strategi elektrifikasi GM. Tahun lalu, Angkatan Laut AS meluncurkan Unmanned Undersea Vehicle (UUV) bertenaga sel GM untuk tujuan pengujian yang memanfaatkan teknologi sel bahan bakar GM yang sama dengan Colorado ZH 2.

Sumber: GM Media
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Truck GM Surus Berbahan Bakar Hidrogen. Ikuti saya di
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers