Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

20 May 2015

Inilah Misteri Puncak Garuda Merapi Tempat Erri Yunanto Terjatuh Ke Kawah

Gunung Merapi dilingkupi misteri yang berbau mistis. Banyak cerita-cerita aneh dari warga sekitar gunung yang sudah beberapa kali mengalami erupsi besar itu. Nah, bau-bau mistis pun muncul. Pasalnya, batu yang dijadikan lokasi Erri berfoto itu, bentuknya mirip sekali dengan Puncak Garuda yang sudah hilang sebelumnya. Untuk pecinta alam yang pernah melakukan pendakian di Gunung Merapi sebelum erupsi tahun 2010, tentu tidak asing dengan nama Puncak Garuda. Ini merupakan puncak tertinggi di Gunung Merapi yang menyerupai lambang garuda yang bertengger di bibir kawah.


Dahulu sebelum erupsi Merapi 2010, puncak inilah yang menjadi tujuan para pendaki untuk berpose menunjukkan kegagahan lambang garuda. Erupsi besar yang terjadi di Gunung Merapi pada 2010 menyebabkan runtuhnya puncak ini. Dalam beberapa erupsi sebelumnya, puncak ini tak tergoyahkan kekokohannya.


Setelah erupsi 2010, Puncak Garuda hilang dan tinggal menyisakan beberapa bagian saja. Nama yang diberikan pada bekas puncak ini pun berganti menjadi Puncak Tusuk Gigi karena bentuknya yang runcing seperti tusuk gigi. Puncak ini adalah lokasi yang terkenal ekstrem oleh para pendaki. Puncak inilah yang dipanjat oleh Eri Yunanto mahasiswa yang jatuh ke kawah Gunung Merapi. 

Foto yang diunggah rekan Eri Yunanto, 21, di media sosial saat mahasiswa Universitas Atma Jaya itu menaiki batu di bibir kawah Gunung Merapi Sabtu lalu (16/5). (Instagram @Bagusdeni)

Inilah Cerita Detik-detik Erri Yunanto Nyemplung ke Kawah Merapi 

Erri Yunanto, pendaki asal Sleman itu, memang ingin sekali berfoto di Puncak Merapi. Namun tak disangka niatnya berfoto di atas puncak tersebut berujung petaka, Sabtu (16/5).

Wajah Theofilus Dicky, kawan Erri, yang mengabadikan gambar Erri di puncak Merapi, terlihat layu saat ditemui di Kantor Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM), Selo, Boyolali, kemarin.  Dia mengaku baru tidur beberapa jam saja semenjak adanya kejadian tersebut.


Ya, masih teringat jelas di memori Dicky bagaimana rekannya tersebut jatuh ke kawah Merapi.

Sebelum Eri naik ke batu di puncak Merapi,  Sabtu (16/5), ada pendaki yang berhasil naik dan berfoto di sana. Kepada Dicky dan Erri, pendaki itu berkata tidak usah naik ke puncak Garuda bila ragu-ragu.

“Saya juga bilang pada dia (Erri) kalau ragu-ragu tidak usah naik, mending turun. Namun, ternyata dia berhasil sampai ke atas,” katanya.


Ketika hendak turun inilah Erri terlihat ragu-ragu. Sebelum turun, Erri meminta Dicky untuk berjaga di depannya. Hal itu agar dia tidak kebablasan saat turun nanti. Namun takdir berkata lain, saat hendak turun itu Erri malah terpleset ke samping dan jatuh ke kawah.

“Motivasinya memang pengen banget foto di situ,” kata Dicky. Melihat temannya jatuh dalam kawah, Dicky sontak ingin menolong temannya itu.


Sayang, kejadian tersebut hanya terjadi dalam hitungan menit. Begitu cepat Erri terjatuh sehingga dia tak mampu menolong. “Topinya sempat jatuh, saya sempat melihat posisinya jatuh. Ketika saya mau mendekat dan menolong, diberi saran pendaki lainnya untuk memberitahukan ke bascamp saja, sebab bila menolong sendiri terlalu beri-siko,” tandasnya.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Inilah Misteri Puncak Garuda Merapi Tempat Erri Yunanto Terjatuh Ke Kawah. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers