Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

09 October 2014

Apakah Bensin Campur Alkohol Berpotensi Merusak Mesin

Sebenernya gak se-Ekstrim itu jika prosentase kandungan alkohol (ethanol) dalam bahan bakar masih dalam taraf wajar.. Ethanol sendiri diclaim mampu meningkatkan kadar oktan dalam bahan bakar dan termasuk bahan bakar renewable alias bisa dibuat lagi, ga seperti bensin maupun bahan bakar fosil lainnya.. OK, back to title.. kenapa dibilang merusak? lalu berapa prosentase amannya?

Dikutip dari news di Motorcycle-usa.com, bahwa prosentase kadar Aman ethanol untuk dicampur dalam bahan bakar bensin adalah 10%, namun baru-2 ini US-EPA (The U.S. Environmental Protection Agency) mengeluarkan pendapat bahwa kadar ethanol dapat ditingkatkan ke 15%.


Pendapat berbeda dikeluarkan oleh Goverment affair manager AMA (American Motorcyclist Association) bahwa AMA lebih berpedoman pada level dibawah 10% untuk menjaga kemungkinan kerusakan mesin lebih dini..

Memang sih dengan campuran ethanol, maka oktan bahan bakar akan meningkat drastis.. jadi ibarat isi Premium rasa Pertamax. tapi terlalu banyak ethanol malah bisa merusak mesin..


Ethanol, bisa jadi alternatif campuran untuk untuk menjaga oktan motor tinggi tapi harga tetap harga bahan bakar ber-oktan rendah.. Klo ribet, pake aja langsung bahan bakar ber-oktan tinggi.. 

Jadi ada yg pernah coba atau masih memakai campuran ethanol dalam bahan bakar motor kalian?
Share dong disini untuk jadi pengalaman bersama..

*source :
Motorcycle-usa.com
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Apakah Bensin Campur Alkohol Berpotensi Merusak Mesin. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers