Pin It

25 January 2014

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 17:57

Gempa Kebumen Akibat Pergerakan Pertemuan 2 Lempeng

Sumber: http://forum.tribunnews.com/showthread.php?7297555-Gempa-Kebumen-Pergerakan-Pertemuan-2-Lempeng Gempa 6,2 SR berpusat di 104 km barat daya Kebumen, Jawa Tengah. Apa penyebab gempa dengan kedalaman 79 km ini dan tidak menimbulkan dampak tsunami ini? "Lempeng Indo Australia dan Eurasia selalu bergerak 6-10 cm per tahun. Pergerakan antar 2 lempeng, ada daerah-daerah yang akan patah karena tidak tahan. Itu sebenarnya. Lokasi gempa ini sumber pertemuan dari dua lempeng," ujar Suharjono, Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG ketika dihubungi detikcom, Sabtu (25/1/2014).

 
 Menurut Suharjono, gempa tersebut merupakan proses normal. Gempa itu sebagai bentuk pelepasan energi dari pertemuan lempeng. Sebelumnya BMKG merevisi skala besaran gempa dari 6,5 SR menjadi 6,2 SR. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. "Setelah menerima laporan dari berbagai stasiun pemantauan, update per jam 12.38 WIB, informasi magnitude 6,2 SR posisi di 8.22 LS - 109.22 BT dengan kedalaman 79 km," kata petugas ruang operasional gempa BMKG, Novita ketika ditemui detikcom di kantor BMKG, Jalan Angkasa 2, Kemayoran, Jumat (25/1/2014). "Setelah itu terjadi 4 kali gempa susulan. BMKG tidak memperingatkan adanya peringatan tsunami," sambung Novita.

 Goncangan gempa paling dekat adalah Kroya. Sebuah ibu kota kecamatan di Cilacap atau kurang lebih 10 km dari bibir laut. Skala intensitas di Jogja, Purbalingga, Tasikmalaya, Bantul, Pangandaran dan Cilacap sebesar 3-4 MMI. "Kota Cirebon 2-3 MMI," ujar Novita. detik.com
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers