Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

29 January 2014

Bus Tingkat MAN R37 PO Nusantara

Chassis MAN R37 masuk ke Indonesia melalui PT Duta Mitra Sumatra.. Chassis menggunakan type Spaceframe dan dipersenjatai dengan mesin Diesel Commonrail MAN-D2676 L0H10 Euro III 6silinder segaris berkapasitas 12,4 liter. Mesin ini mampu memuntahkan tenaga hingga 460 Hp.
MAN R37. Sumber Google

Dengan tenaga yang besar bus ini dilengkapi 3 perangkat pengereman untuk menjamin keamanan. Ketiga perangkat pengereman tersebut meliputi:
1. Exhaust Valve Brake untuk mengurangi laju bus dengan pengereman dibantu mesin.
2. Electronic Braking System (EBS) termasuk Anti-Lock Braking System (ABS) dan Traction Control System (TCS) yang menjamin keamanan pengendalian saat pengereman.
3. Bus ini juga dilengkapi fitur Retarder dengan lima tingkat yang tersedia di sekitar Steering Wheel.

Untuk roda depan bus ini menggunakan poros Independen (Independent Front Axle). Konfigurasi seperti ini memungkinkan keluasan pergerakan. Bus ini juga dilengkapi dengan balon suspensi udara untuk roda depan dan belakang. Untuk roda belakang dilengkapi dengan 6 titik balon suspensi udara menopang 4 titik roda dengan 6 ban. 4 balon berada di sisi chassis dan dua lsinnya ada di atas chassis.

MAN R37 menggunakan transmisi ZF-12 AS2301 Tipmatic dengan perpindahan percepatan yang halus. Perpindahan percepatan nyaris seperti yang kita rasakan pada type matic.

PO Nusantara tercatat sebagai salah satu pembeli chassis bus MAN R37 sejumlah 4 unit. Oleh PO Nusantara chassis tersebut dibuat menjadi bus tingkat yang dirakit sendiri oleh karoseri Nusantara Gemilang.




Dan ini beberapa foto Bus Tingkat PO Nusantara jepretan rekan saya Mba LARASATI AZAHRA.


Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Bus Tingkat MAN R37 PO Nusantara. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers