Pin It

02 October 2023

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 15:00

Santri Gudig dan Makam Kedungwot Pucangan Ambal, Kebumen

Tiba-tiba ingin nulis mengenai santri Gudig yang masih ada hubungannya dengan makam Kedungwot Pucangan, Ambal karena saya sendiri masih turun dari Kedungwot. Namun tulisan kali ini saya akan membahas mengenai santri Gudig. Tulisan ini sendiri bersumber dari cerita Pak Seniman Urutsewu, maklum beberapa bulan ini saya dekat beliau karena saya sedang menelusuri silsilah mbah kakung saya, yakni mbah Ismail Wiryodarsono. 

Santri Gudig dan Makam Kedungwot Pucangan Ambal, Kebumen

Menurut cerita pak Seniman, Santri Gudhig berasal dari Kawasan Urutsewu tepatnya adalah Cikal makam Kedungwot Pucangan, Ambal. Santri Gudhig adalah santri yang pada saat itu setiap hari nyantri di ponpes Somalangu dan ngaji sama Mbah Nyai Wali Kedungwot. Di Somalangu ngaji ilmu Fikih ,di Kedungwot ngaji ilmu Tauhid dan Tasawuf. 


Santri Gudhig adalah menantu Syech Kyai Basyariman. Kyai Basyariman adalah Kyai Nido Besari I di Bumi Mutihan Wedi Grujugan (sekarang masuk Desa Kradenan, Kecamatan Ambal.


Santri Gudig Dilihat dari Silsilah Karadenan: 


Santri Gudhig adalah Kyai Cokrowidjoyo, menantu Syech Kyai Basyariman dari anak pertama perempuannya. Sedang Syech Kyai Basyariman (Pangeran Purboyo keempat). Kyai Basyariman adalah penemu dan perawat Makam Nyai Wali Sutowidjoyo (Istri Raja Mataram) yang melahirkan Pangeran Purboyo I yang kemudian dikenal Kyai Nido Besari I. Beliau adalah pendiri Masjid Jami' Mutihan Kradenan. Syekh Kyai Nido Besari 1 (Kiyai Basyariman 4 adalah putra kedua dari Syekh Kiyai Basyariman Pesangen yang dikenal Pangeran Purboyo III bin Pangeran Purboyo II (Kyai Basyarudin) bin Pangeran Purboyo I (Senopati Mataram) bin Panembahan Senopati Ing ngalogo Ngabehi Sutowidjoyo bin K.A. Pemanahan bin K.A. Ngenis bin K.A. Selo. bin K.A. Getas Pendowo bin R.Bondan Kejawan bin SDJS. PRABU BROWIDJOJO V.


Santri Gudig Dilihat dari Silsilah Wonoyudan: 


Santri Gudig atau Syekh Kyai Cokro wijoyo adalah putra dari R. Cokroyudho Gunung bin Tumenggung R. Wonoyudho Halus bin Tumenggung Adipati R.Wonoyudho Gerbong bin Tumenggung adipati R.Wonoyudho Pamecut bin Tumenggung Wonoyudho 1 (inggil) bin R.Carangnolo (adipati KarangBolong) bin R. Aryo Timbal bin R. Arya Damar (Adipati Palembang) bin R. Arya Angkawdjaya (SDJS PRABU BROWIDJOJO V).

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers