Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

27 February 2016

Mengenang Dwi Hardjanto Bsc, Pencipta Mars Kebumen Beriman

Kita sebagai warga dari kota penghasil sarang burung lawet Kebumen pasti tak asing lagi dengan lirik lagu "Kebumen Beriman" berikut ini:

Kebumen beriman.... Kebumen beriman.....
Yo konco do nyengkuyung,
Semboyan Kebumen Beriman,
Bersih, indah, manfaaat,
Aman, sarto nyaman tegese,
Bersih kudu lair lan batine,
Indah iku mesti bakal kelakoni,
Manfaat tumrap wargane,
Aman adoh soko ing rubedo,
Yekti nyaman kang bakal tinedyo,
Iku sumber semangat makaryo.

Ya, itu adalah lirik dari mars Kebumen Beriman ciptaan bapak Dwi Hardjanto Bsc.


Dan kini pencipta lagu mars Kebumen Beriman, Dwi Hardjanto Bsc telah tutup usia. Selama hidupnya beliau tercatat sebagai warga RT 03/RW 10 Kelurahan Tamanwinangun tersebut tutup usia di usia 73 tahun, Kamis 7 Agustus 2014 sekitar pukul 16.00 WIB di RSUD Kebumen. Beliau dimakamkan pada Jumat (8/8) siang di Tempat Pemakaman Umum Dusun Rujak Beling Kelurahan Kebumen. Menurut keterangan istri almarhum, Suwasti Tejo Asmoro, sebelum meninggal, suaminya baru saja makan siang bersama keluarga.

Namun beberapa saat kemudian dadanya merasa sesak, sehingga pihak keluarga langsung membawanya ke RSUD Kebumen. Kemudian dia juga langsung dirawat di ruang ICU hingga akhirnya meninggal dunia beberapa jam kemudian. Dwi Hardjanto meninggal dunia dengan meninggalkan seorang istri, dua orang putra dan cucu.

Bagi keluarga, Dwi Hardjanto merupakan sosok seniman yang kreatif sejak masih muda hingga akhir hayat. Sebab selain menciptakan lagu mars Kebumen Beriman pada masa pemerintahan Bupati Amin Sudibyo, beliau juga pencipta lagu Mars SMA Negeri 2 Kebumen dan guru besar grup musik GKJ Kebumen.

“Semasa hidup almarhum merupakan seorang PNS guru yang pernah mengajar di SMA Negeri 1 Kebumen dan SMP Masehi Kebumen. Selain itu bapak juga dikenal sebagai seniman ,guru sekaligus jemaat GKJ Kebumen yang peduli dengan kepentingan sosial,” terang Suwasti.

Atas meninggalnya pencipta lagu Kebumen Beriman tersebut, segenap warga Kebumen pasti merasa kehilangan sosok seniman senior Kebumen tersebut. Bahkan Bupati Kebumen yang saat itu di jabat H Buyar Winarso, wakil bupati Kebumen serta jajaran Pemkab Kebumen juga nampak melayat ke kediaman almarhum.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Mengenang Dwi Hardjanto Bsc, Pencipta Mars Kebumen Beriman. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers