Pin It

01 May 2023

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 15:05

Kuda Jhon People dari Kalimantan Selatan Juara di Pacuan Kuda Ambal, Kebumen 2023

Pacuan kuda sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Ambal, Kebumen yang sudah digelar sejak tahun 1957. Peserta lomba pacuan kuda tahun ini diikuti 138 peserta/kuda 138. Para peserta berasal dari Kebumen, Cilacap, Banyumas, Banjarnegara, Purbalingga, Purworejo, Jogjakarta, Solo, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Blitar, Garut dan Tasikmalaya serta joki nasional dari Sulawesi seperti Esra Tessa Tamunu, Yanni Rondonuwu dll. 

Kuda Jhon People dari Kalimantan Selatan Juara di Pacuan Kuda Ambal, Kebumen
Kuda Jhon People dari Kalimantan Selatan juara di Pacuan Kuda Ambal, Kebumen

Diketahui, kelas yang dilombakan diantaranya ada Kelas A Sprint, Kelas Terbuka 2000, Kelas B, Kelas C Panjang dan Kelas C Sprint. Selain itu juga Kelas D Utama, Kelas D Madya, Kelas E, Kelas F, Kelas G, Kelas H, Kelas I dan Kelas J. Ada juga Kelas Lokal A dan B, Kelas Lokal Tradisional A dan B, Kelas Calon Derbi (kuda muda), Kelas Pemula Perdana Kecil dan Besar.


Sementara itu, ketua panitia Pacuan Kuda Bupati Kebumen Cup 2023 Setyo Mujiono mengatakan terdapat 138 kuda yang ikut dalam ajang tahun ini. Dengan 28 nomor yang diperlombakan di arena pacuan kuda sepanjang 1,4 KM. Untuk juara kelas tertinggi yakni Kelas Terbuka 2000 meter mendapat hadiah uang Rp 11 juta dan juga trofi yang dimenangkan oleh kuda dari Kalimantan Selatan. 


Juara Pacuan Kuda Ambal 2023 


Seperti yang telah disinggung di atas, akhirnya kuda Jhon People dengan joki Salman Farid milik Hj Haryanti dari Batu Hitam Mulia (BHM) Stable Kalimantan Selatan Juara 1 Kelas A Terbuka 2000 meter pada 27 April 2023. Jhon People sendiri merupakan kuda yang punya bakat juara sejak kecil dan masih bertarung di kelas Derby. Jhon People merupakan kuda kelahiran Padang Sumatera Barat dan akhirnya dibeli oleh warga Kalimantan Selatan. Berikut video kuda Jhon People Juara di Ambal, Kebumen 



Menpora Saksikan Pacuan Kuda Ambal


Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, menyempatkan hadir menyaksikan partai final Kejuaraan Pacuan Kuda Rakyat, Piala Bupati Kebumen Cup 2023 yang diselenggarakan pada tanggal 24 hingga 27 April 2023. Video sambutan Menpora di Pacuan kuda Ambal bisa dilihat di sini.


Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, berharap kejuaraan pacuan kuda rakyat yang digelar di Kebumen dapat lebih sering dilaksanakan untuk menggerakkan roda perekonomian rakyat di Kebumen.


"Saya harap kejuaraan seperti ini setahun bisa dua kali diselenggarakan, ke depan konsepnya bisa diiringi dengan budaya dan kesenian seperti band," kata Menpora Dito usai menyaksikan final pacuan kuda di Lapangan Pacuan Kuda, Desa Tegalrejo, Ambalresmi, Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (27/4).


Menpora Dito, mengaku senang melihat antusiasme masyarakat untuk menyaksikan kejuaraan yang sudah melegenda di tengah masyarakat Kebumen puluhan tahun ini. 


Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, menyempatkan hadir menyaksikan partai final Kejuaraan Pacuan Kuda Ambal, Piala Bupati Kebumen Cup 2023
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, menyempatkan hadir menyaksikan partai final Kejuaraan Pacuan Kuda Ambal, Piala Bupati Kebumen Cup 2023.

"Pacuan kuda ini sudah ada sejak tahun 1956, ini adalah kebudayaan yang sangat bagus mengkombinasi antara budaya dan rohani karena berkuda adalah sunah rosul, sehingga meningkatkan kecintaan kita kepada agama kita," papar Menpora Dito yang didampingi Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta dan Sesdep Pembudayaan Olahraga Suyadi Pawiro.


"Ini juga animo masyarakat Kebumen dari ujung sana sampai ujung sini sangat luar biasa, seperti menonton sepakbola di stadion, terinfo sebanyak 30 ribu penonton memadati pinggiran lintasan pacuan," urai Menpora Dito. 


"Karena hal ini seperti ini saya lihat ada UMKM nya yang mengelilingi sepanjang lintasan, jadi even ini bisa juga menggerakkan roda ekonomi di Kebumen, pak Bupati harus semangat kita support," tutur Menpora Dito.


"Saya harap dengan adanya dukungan dan atensi dari pemerintah pusat. Even-even seperti ini bisa kita kemas lebih meriah agar lebih guyub bersama rakyat, masyarakat lebih senang dan bahagia berkumpul bersama saudara. Untuk itu saya tidak berlama-lama untuk hadir disini," pungkas Menpora Dito. 

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers