Pin It

11 March 2023

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 21:16

Honda Astrea Grand Foto Bareng Presiden Jokowi, Goreng Dikit Harga Naik 😅

Kamis, 9 Maret lalu Presiden Jokowi mengunjungi panen raya padi di daerah saya, tepatnya di desa Lajer, Ambal, Kebumen Jawa Tengah bersama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Menhan Prabowo Subianto. Di tengah pematang sawah, ketiga tokoh tersebut tampak serius memperbincangkan sesuatu. Nah, ada yang unik di sini, yakni keberadaan motor Honda Astrea Grand jadul milik petani desa Lajer, Ambal, Kebumen. 

Honda Astrea Grand Foto Bareng Presiden Jokowi, Goreng Dikit Harga Naik 😅
Honda Astrea Grand milik petani desa Lajer, Ambal, Kebumen foto bareng Presiden Jokowi, goreng dikit harga naik 😅

Momen ini tentu saja punya potensi mengangkat harga jual motor Astrea Grand. Kok bisa? Ya bisalah, kapan lagi sih ada momen presiden foto dengan motor Honda Astrea Grand hehehe… Pastinya, tanpa perlu dipoles, hanya bermodal tampil orisinil dan sedikit gorengan pasti harga motor Honda Astrea Grand akan naik. Motor ini pasti akan diburu para kolektor. 


Apalagi Honda Astrea Grand sudah begitu melegenda sebagai motor bebek sejuta umat. Astrea Grand ini dalam silsilahnya termasuk cicit dari Super Cub. Alasannya, motor ini menjadi kelanjutan era setelah Super Cub, Astrea 700, Astrea 800, dan Astrea Star lalu Prima. Soal performa, tidak usah diragukan lagi sekalipun cuma berbekal mesin 95 cc. Honda Astrea Grand masih kuat diajak naik turun jalan pegunungan tanpa masalah. Performa di jalan mendatar pun lumayan oke, karena masih kuat digeber sampai kecepatan 90-an kilometer per jam. Bahkan di daerah saya, Honda Astrea Grand masih banyak digunakan para petani untuk ke sawah. Kalau musim panen, sering digunakan untuk angkut gabah hasil panen dari sawah ke rumah. 


Suku Cadang Honda Astrea Grand Melimpah 


Soal ketersediaan suku cadang pun masih sangat mudah, karena pemilik Astrea Grand ini masih sangat banyak di kota-kota kecil. Jelas saja, Astrea Grand termasuk motor bebek paling laku pada masanya. Ukurannya proporsional dengan posisi duduk pengendara dan ‘boncengers’ yang nyaman bahkan untuk jarak jauh sekalipun.


Belum lagi, konsumsi bensin Astrea Grand ini iritnya kebangetan. Bahkan ada anekdot yang menyebut, bila tangki Astrea Grand ini cuma nyium aroma bensin saja sudah mau jalan. Touring jarak jauh pakai Astrea Grand dijamin tidak tekor duit bensin. 


Begitu melegendanya, beberapa waktu lalu sempat viral video Astrea Grand hasil restorasi laku terjual seharga Rp80 juta. Apalagi setelah foto bareng Presiden Jokowi, iya kan?


Sejarah Honda Astrea Grand 


 Honda Astrea Grand pertama kali dirilis sekitar tahun 1991. Nah keluaran pertama ini disebut Grand Bulus karena bentuk lampu belakang yang cembung mirip bulus alias kura-kura. Tiga tahun berselang, Federal Motor selaku agen pemegang merek kemudian merilis pembaruan Astrea Grand. Pada facelift ini perbedaannya pada desain lampu belakang yang memiliki desain seperti ducktail dengan tambahan spoiler. 


Honda Astrea Grand diperkenalkan pertama kali oleh Federal Motor pada 1991 menggantikan Astrea Prima. Bagi yang belum tahu, Federal Motor adalah distributor dan manufaktur motor Honda sebelum era PT Astra Honda Motor. Kehadiran prinsipal Honda Motor Corporation membuat nama Federal Motor berganti menjadi Astra Honda Motor di tahun 2001. 


Pada versi awal, Astrea Grand ini memiliki desain lampu belakang membulat mirip punggung kura-kura sehingga disebut sebagai Grand Bulus. Tiga tahun kemudian, Federal Motor memperbaharui desain Astrea Grand terutama di bagian lampu belakang dengan menambahkan spoiler ducktail.


Sebagai edisi penutup, Federal Motor merilis Astrea Impressa yang desainnya mirip seperti Astrea Grand namun lebih ramping. Peluncuran Astrea Impressa ini berbarengan dengan rilis Astrea Supra yang desainnya lebih sporty. Ketika krisis ekonomi melanda Indonesia pada tahun 1997, Federal Motor kembali mengeluarkan paket motor bebek murah dan kembali mengadopsi model Honda Astrea yang dinamai Honda Astrea Legenda.


Foto Unik Presiden Jokowi di Kebumen 


Setelah membahas foto unik presiden Jokowi dengan Honda Astrea Grand, sekarang saya akan ulas foto unik presiden Jokowi bersama petani desa Lajer, Ambal, Kebumen, meski agak keluar topik dari pembahasan di atas. Presiden Joko Widodo nampak berswafoto atau selfie bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan para petani. Momen ini terjadi saat ketiganya tengah mengikuti Panen Raya di Desa Lajer, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.  


Foto Unik Presiden Jokowi di Kebumen
Presiden Jokowi selfie bersama gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Menhan Prabowo Subiyanto dan petani desa Lajer, Ambal, Kebumen. 

Dalam foto tampak gubernur Jateng Ganjar Pranowo memegang gawai, dengan Jokowi, Prabowo, dan sejumlah petani di belakangnya. 

Kemudian ada foto kedekatan hubungan antara Prabowo dan Ganjar yang menurut saya juga unik. Hubungan Prabowo dengan Ganjar nampak semakin mesra dan Presiden Jokowi pun sepertinya merestui. 


Foto Unik Presiden Jokowi di Kebumen
Hubungan Prabowo dengan Ganjar nampak semakin mesra dan Presiden Jokowi pun sepertinya merestui

Prabowo dan Ganjar mendampingi Jokowi dalam kunjungan kerjanya ke Kebumen, Jawa Tengah. Di sini ada sinyal yang berusaha disampaikan Jokowi ketika mengajak Prabowo yang notabenenya adalah Menteri Pertahanan (Menhan).


Foto Unik Presiden Jokowi di Kebumen
Hubungan Prabowo dengan Ganjar nampak semakin mesra dan Presiden Jokowi pun sepertinya merestui


Sinyal dukungan Jokowi pada duet Prabowo-Ganjar makin kuat, setelah sebelumnya di berbagai momen, acara kun­jungan kerja di Kebumen yang mengajak Prabowo-Ganjar makin menguatkan kemana arah dukungan Presiden Jokowi. 


Bisa jadi, restu Jokowi pada Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo berbasis kalkulasi politik saat ini. Mengingat, elek­tabilitas dua sosok tersebut merupakan yang teratas dalam banyak hasil survei

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers